HARUSKAH MEMAKAI JILBAB SAAT PERTAMA HIJRAH?

13.2K 664 47
                                    

APA AWAL HIJRAH HARUS MEMAKAI JILBAB (MENUTUP AURAT)??

Tentu saja. Bukankah hijrah artinya ingin memperbaiki diri? Lalu, bagaimana memperbaiki diri itu? Tentu saja dengan menjalanlan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Salah satu perintah Allah untuk kaum muslimah itu adalah menutup aurat. Sebagaimana Allah Ta'ala juga berfirman (yang artinya): "Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka"" (QS. Al Ahzab: 59). Juga diriwayatkan dari 'Aisyah radhiallahu'anha, beliau berkata, Asma' binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, "wahai Asma', sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini", beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya". (HR. Abu Daud, hasan).

Berdasarkan dalil-dalil di atas dan dalil-dalil lainnya, ulama berbeda pendapat mengenai batasan aurat bagi wanita. Ulama Hanafi, Maliki dan salah satu pendapat dalam madzhab Syafi'i berpendapat seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan ulama Hambali salah satu pendapat dalam madzhab Syafi'i berpendapat bahwa seluruh tubuh wanita adalah aurat termasuk wajah dan telapak tangan. Namun pendapat yang rajih, dan ini juga merupakan pendapat yang diterapkan oleh mayoritas kaum Muslimin di negeri kita, bahwa aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

.

.

APA KAKI JUGA AURAT?

TENTU SAJA, kaki itu juga aurat. Tapi sayangnya hal ini sering di sepelekan oleh kebanyakan kaum muslimah. Ada beberapa hadits yang menguatkan bahwa kaki juga aurat dan harus ditutup, Diantaranya yaitu hadits Ummu Salamah radhiallahu'anha, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika bersabda mengenai masalah menjulurkan ujung pakaian, aku berkata kepada beliau, 'wahai Rasulullah, bagaimana dengan kami (kaum wanita)?'. Nabi menjawab: 'julurkanlah sejengkal'. Lalu Ummu Salamah bertanya lagi: 'kalau begitu kedua qadam (bagian kaki dari mata kaki hingga telapak kaki) akan terlihat?'. Nabi bersabda: 'kalau begitu julurkanlah sehasta'. (HR. Ahmad 6/295, Abu Ya'la, shahih). Syaikh Al Albani menyatakan: "hadits ini dalil bahwa kedua qadam wanita adalah aurat. Dan ini merupakan perkara yang sudah diketahui oleh para wanita di masa Nabi. Buktinya ketika Nabi mengatakan: 'julurkanlah sejengkal', Ummu Salamah berkata: 'kalau begitu kedua qadam (bagian bawah kaki) akan terlihat?', menunjukkan bahwa Ummu Salamah sebelumnya sudah mengetahui bahwa kedua bagian bawah kaki adalah aurat yang tidak boleh dibuka. Dan hal itu disetujui oleh Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam. Oleh karena itu beliau memerintahkan untuk memanjangkan kainnya sehasta. Dan dalam Al Qur'an Al Karim juga ada isyarat terhadap makna ini, yaitu dalam firman Allah Ta'ala (yang artinya) "dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan" (QS. An Nur: 31)" (Silsilah Ash Shahihah).

.

.

BAGAIMANA MENUTUP AURAT DENGAN BENAR?

- Gunakan pakaian yang tebal (tidak tipis dan nerawang)

- memakai rok atau gamis yang gebor, bukan yang sesuai dengan lekuk tubuh (ketat)

- memakai celana panjang sebagai dalaman, agar jika rok terangkat oleh angin atau ketika melangkah maka aurat tetap terjaga.

- Memakai kaos kaki, karena kaki juga aurat

- Memakai baju dengan panjang lengan yang menutup sampai pergelangan tangan, karena pergelangan tangan itu juga aurat. Atau bisa memakai manset tangan / handshock jempol.

- Memakai jilbab yang tebal. Jilbab tidak dililit tapi diulur, Menutup dada (bagian belakang menutup sampai lebih pinggang/pinggul itu lebih baik)

- pakai ciput atau dalaman jilbab agar rambut tidak keluar karena rambut juga aurat.

- Jangan membuat sanggulan rambut atau menguncir rambut hingga menyerupai pundak unta. Usahakan untuk mengikat rambut yang lebih rendah dan menyanggulnya tidak terlalu besar.

- Usahakan pakai sandal atau sepatu yang tidak tinggi atau yg biasa saja.


=====================================


Minta sarannya, lebih baik ngepost kalimat2 motivasi kayak sebelumnya atau tentang ilmu agama kayak gini? Atau dua-duanya? 

Tolong sarannya.. 

Syukron 🙏

KALAU ADA YANG MAU REQUEST TEMA QOUTESNYA SILAHKAN KOMEN ATAU CHAT YA, NANTI IN SYAA ALLAH DIKASIH QOUTES DAN PEMBAHASAN..

KHUSUS KALIAN YANG MAU NGOBROL, NANYA DAN SEBAGAINYA BISA DI WA AJA (HANYA MELAYANI AKHWAT / WANITA).. YANG BERMINAT BISA LANGSUNG CHAT SAJA, NANTI LANGSUNG SAYA KASIH.. 

SEMUA TENTANG HIJRAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang