Move On dari Oppa menjadi Cinta Nabi Muhammad

9.1K 508 78
                                    

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Untuk kali ini saya akan bahas mengenai Kpopers atau K-lovers.

Apa itu? jadi ini salah satu hal yang banyak terjadi sama anak muda jaman sekarang. dan yang paling banyak mengalami ini adalah para Akhwat (wanita). Karena Apa? Karena kebanyakan dari Idol korea itu adalah laki-laki yang tampan, putih, tinggi, yang jelas kalau dari fisik merupakan idaman kaum hawa.
Tak jarang, kebanyakan dari wanita ini rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli benda-benda yang berkaitan dengan idolanya, membeli paket internet hanya untuk cari info, streaming video, vote idol di berbagai acara musik, bahkan sampai menonton konsernya. Begadang semalaman hanya untuk menanti video clip terbaru dari Comeback BB/GB kesayangannya pun sudah menjadi hal biasa.
Berteriak-teriak tak jelas “Oppa.. duh ganteng banget.. oppa ini aku istrimu”.
Ponsel dan Laptop penuh dengan Foto, Video dan Lagu dari Idol kesayangannya. Dinding penuh dengan poster mereka, kamar penuh dengan benda-benda atau hal yang berkaitan dengan mereka. Bahkan kalau ada apa-apa, yang dilihat, ditonton atau didengar adalah yang berkaitan dengan mereka. Merasa bahwa merekalah penyemangat dalam hidup ini.  Astaghfirullah..

Padahal.. mereka tidak mengenalmu, mereka tidak menambah pahala mu, mereka tidak membawamu untuk dekat pada Allah, mereka tidak menuntunmu ke jalan yang benar, mereka tidak membuatmu rajin beribadah.
Sebegitu pentingkah mereka untukmu?

Saudaraku..
Coba renungkan..
Pernahkah kamu berfikir bahwa mereka tidak membantu apa-apa dalam urusan menggapai ridhonya?
Pernahkah kamu berfikir kamu mereka tidak peduli kamu masuk neraka ataupun surga?
Pernah kau berfikir bahwa apa yang lakukan ini sebenarnya hanya sia-sia?
==

Nangis karena Oppa koreanya pernah? Sering?
Nah kalau nangisin Dosa? Nangis karena rindu sama Nabi Muhammad? Nangis karena Rindu sama Allah? Sama seringkah dengan Nangisin Oppa korea yang bahkan tidak mengenal kalian?

Datang ke konsernya pernah? Sering? Pernah nangis gara-gara ga bisa datang ke konsernya?
Nah kalau nangis karena ga bisa datang ke Majelis Ilmu pernah? Ngerasa kesal karena ga bisa datang ke Kajian pernah?
Sering dengar lagunya? Sering liat/nonton videonya?
Nah kalau dengar lantunan Al-Quran? Mengaji? Shalawatan? Dzikir? Apa sama seringnya?

==
“Tapi kan ini manusiawi.. aku suka sama mereka ga sampai menggilai banget kok”
Iya iya tahu.. tapi gini loh, “Sifat manusiawi” nya itu bisa kan dialihkan pada hal yang lebih bermanfaat. Contohnya mengidolakan Nabi Muhammad ﷺ , para sahabat dan juga ulama.
“Cuma sebatas mengidolakan aja kok, ga macem-macem.. Cuma suka aja sama mereka”
Kenapa harus mereka? Kenapa harus sama orang yang bahkan ga peduli sama kalian?
“mereka peduli kok, itu buktinya mereka sering nyebut nama fansnya kalau menang penghargaan, ada bikin lagu untuk fans, terus mereka juga baik banget kalau ketemu langsung”
Iya iya.. itu namanya kesenenagan dunia. Bagaimana dengan Akhirat? Apa gara-gara dia kalian makin dekat dengan Allah? Apa kalian semakin cinta dengan nabi Muhammad? Apa kalian akan mendapat pertolongan mereka ketika di akhirat nanti?
Tidak bukan?
“”
Nabi Muhammad pernah menangis 6 jam hanya untuk meminta ampun atas dosa umatnya.. dan ini bukan hanya sekali, di setiap doa nabi Muhammad ia meminta supaya kita umatnya ini diampuni dosanya.
Namun kita umatnya, malah terkadang menangis hanya karena hal yang tidak bermanfaat. Menangisi idol yang bahkan tidak mengenal kita. astaghfirullah..
==
Renungan :
Bayangkan.. disaat kamu masih sibuk dengan Idol korea kalian, tiba-tiba Allah mengutus malaikat izrail untuk mencabut nyawa kalian. kemudian kalian meninggal dalam keadaan masih sangat mengidolakan Idol korea, kalian masih sibuk mencari info tentang mereka, berkhayal tentang mereka dan masih bersenang- senang dengan sesuatu tentang mereka.
Yang pada saat itu tanpa kalian sadari, kalian menjadi jauh dari Allah. Kalian meninggal saat lalai, saat kalian hanya sibuk dengan kepuasan dunia, hanya sibuk dengan kesenengan yang ada di dunia, kebanyakan tertawa dan bahagia dengan perhiasan dunia dibanding menangisi dosa.
Pada saat itu kalian jarang beribadah kepadanya. Lebih banyak menghabiskan uang untuk Idol kalian dibanding bersedekah. Lebih sering datang ke konser daripada ke kajian. Lebih sering mendengar lagu mereka dibanding mendengar lantunan alquran. Lebih sering membaca cerita atau info tentang mereka dibanding membaca alquran. Lebih sering menyanyikan lagu mereka daripada membaca shalawat. lebih hafal nama-nama mereka daripada nama para rasul, para sahabat, para ulama.
Kalian lupa dengan Akhirat, kalian lupa dengan kewajiban kalian dan hanya bersenang-senang dengan dunia.
Kemudian, saat meninggal.. kalian harus mempertanggung jawabkan apa saja yang sudah kalian lakukan di dunia. Sedangkan mereka, idola yang sangat kalian cintai waktu itu, mereka tidak peduli denganmu. Mereka tidak peduli apa yang terjadi denganmu di akhirat, entah kamu masuk surga atau neraka, entah kamu bahagia atau menderita, mereka tidak peduli. Kehidupan mereka terus berlanjut seperti tak terjadi apa-apa.
Lalu.. kamu baru menyesal, kamu baru sadar bahwa apa yang sudah kamu lakukan selama ini salah, bahwa kamu sudah menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Namun, semuanya sudah terlambat. Kini, kamu tak punya kesempatan lagi.
==
Ada seorang manusia yang harusnya lebih kamu idolakan dibanding siapapun, yang lebih kamu cintai dibanding orang tuamu sekalipun. Dia seorang yang sangat baik akhlaknya, seorang yang sangat tampan, sabar, bijaksana, seorang yang darinya kita bisa belajar banyak hal, yang darinya kita bisa lebih mengenal Allah.
Siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad ﷺ
Sebagaimana dalam hadist bukhari..
Dari Anas r.a. ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak sempurna keimanan seseorang diantara kalian hingga ia lebih mencintai aku daripada kedua orang tuanya, anaknya dan manusia semuanya”.

Kenapa begitu? Karena yang pertama harus kita cintai itu tentu saja Allah, dan Allah menyuruh kita untuk mencintai RasulNya. Sudah pasti jika kita mencintai RasulNya maka kita akan semakin dekat dengan Allah.

Beliau adalah seorang yang harusnya kita idolakan.
Kenapa? Karena beliau adalah utusan Allah, karena beliau sangat mencintai kita. buktinya, Rasulullah akan menunggu umatnya di Telaga. dimana di telaga itu ada minuman dari beliau yang apabila kita meminumnya maka kita tidak akan kehausan lagi, selama-lamanya. beliaulah yang nanti akan menyelamatkan kita semua dari siksa neraka.
Di Akhirat nanti, Nabi Muhammad ﷺ menjadi orang yang paling sibuk. Nabi Muhammad ﷺ akan mencari para umatnya kemudian di kumpulkan. Kemudian beliau beberapa kali meminta kepada Allah supaya umatnya di selamatkan dari siksa neraka, supaya umatnya ikut bersamanya ke dalam surga. Bukankah nabi Muhammad  ﷺ adalah seorang yang sudah dijamin masuk surga firdaus? Tapi beliau tidak langsung masuk ke dalam surga, beliau menyelamatkan kita terlebih dahulu. mulai dari umatnya yang memiliki banyak amal, kemudian amal yang lumayan banyak, sampai akhirnya menyematkan umatnya yang hanya mengucapkan “laa ila ha illallah”.

Bukankah sangat jelas perbandingannya antara mengidolakan Nabi Muhammad ﷺ dengan mengidolakan Idol dunia?
Sungguh, kita adalah orang yang merugi jika tidak mencintai beliau. Sangat rugi jika tidak menjadikannya sebagai panutan. Sungguh rugi bila tak bershalawat pada Nabi Muhamad  ﷺ

Berikut adalah tips untuk berhenti mengangumi idol dunia menjadi Cinta pada Nabi Muhammad  ﷺ
1. Niat. Karena kalau ada niat pasti ada jalan yang In syaa Allah akan dimudahkan oleh Allah.
2. Hapus lagu / foto / video dari Idol tersebut
3. Buang atau jauhkan benda yang berhubungan dengan idol tersebut
4. Berhenti mencari tahu tentang mereka
5. Unfoll semua sosmed yang berhubungan dengan idol dunia yang tidak bermanfaat.
6. Sibukkan diri dengan Hal yang lebih bermanfaat, contohnya membaca buku, menbaca Alquran, beribadah, datang ke kajian dan sebagainya.
7. Mulai mencari tahu tentang Nabi Muhammad  ﷺ  . bisa dengan Membaca buku atau menonton video yang berhubungan dengan Nabi Muhammad  ﷺ
8. Carilah cerita yang mengkisahkan tentang “Cinta Rasulullah kepada umatnya”
9. Ganti nyanyian dari Idol dunia menjadi Shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ   
10.  Perbanyak baca ta'awudz dan istighfar, supaya ga mudah diganggu syaiton. Jadi bisa lebih mudah move on nya..

Mungkin dari pembaca ada yang bilang “Ngomong mah emang gampang, ngelakuinnya itu sulit. Kamu ga tau aja gimana jadi kpopers”

Ok..
Akan saya jawab.
Saya ini mantan kpopers, seorang yang sangat menggilai korea. Penulis FF korea, sering membeli barang2 yang berhubungan dengan kpop, bahkan ada 2 grub fanbase Army Indonesia yang saya buat. Jadi saya sangat paham bagaimana rasanya. Saya juga paham bagaimana susahnya untuk berhenti.
Tapi, saya disini ingin berbagi pengalaman. Dulu saya juga mikirnya “susah” tapi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, asal ada niat dan usahanya saja. Allah itu tidak bohong. “Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan” (Ash-sharh ayat 6).
Dan itu benar-benar terjadi. Yang dulunya ga bisa lepas sama oppa korea, sekarang sudah bisa Alhamdulillah..



SEMUA TENTANG HIJRAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang