Tidak terasa, saat ini usiaku sudah mencapai lima tahun. Tidak seperti pada pencapaian usia-ku setahun, maka selama empat tahun berikutnya tidak ada pesta ulang tahun yang meriah dengan tamu undangan. Tapi cukup aku, bunda, kakek dan nenek saja. Bagiku, suasana seperti ini cukup menyenangkan.
Lima tahun ini aku menemani bunda bekerja di perpustakaan akademi. Setahun menghabiskan waktu di rumah merawatku tidak menyulitkan bunda kembali ke pekerjaan asalnya.
Harus kuakui, perpustakaan adalah tempat yang menyenangkan, di mana aku bisa menjadi raja. Di perpustakaan tidak boleh ada yang berisik atau bersuara keras, tapi siapa yang berani memprotesku jika aku berteriak atau menangis? Yang ada adalah beberapa pelajar perempuan akan mendatangiku dan menghiburkan dengan sejumlah manisan. Tapi tentu saja ini tidak sering kulakukan, karena akan membosankan, dan efeknya akan menurun.
Hal-hal lain yang bisa kulakukan adalah melahap semua sumber informasi yang bertebaran di sini. Tentu saja ini adalah tujuan utamaku. Suatu saat nanti, aku akan tampil ke panggung dunia, di saat anak-anak lain masih terlelap, maka mereka tidak akan bisa menyalahkanku jika aku mencuri start lebih awal. Kehidupan memang tak pernah adil kawan, jadi buatlah keadilan bagi dirimu sendiri.
Untungnya, dengan kegeniusanku yang luar biasa, maka semua bahan informasi di sini dapat kuserap dengan sangat baik. Tanya aku apa saja, pengetahuan dasar? Bukan masalah; pengetahuan lanjut? Juga bukan masalah. Isu politik, militer, sosial, ekonomi, hukum, budaya, sejarah, geografi, sihir, hingga pengetahuan khusus dibidang persenjataan, pendidikan kesatria dan penyihir, perdagangan dan kelompok dagang, serta hubungan antar klan, fraksi, negara – silakan tanyakan semua.
Misalnya, Kerajaan Glaedwine didirikan sekitar lima ribu tahun yang lalu, Dinasti Taner adalah pendiri awal dan pemegang tahta kerajaan hingga sekarang. Raja sekarang adalah Taner ke-63, dan laki-laki yang bernama Archelaos yang dulu datang ke pesta ulang tahun pertamaku adalah Taner ke-64 yang juga pewaris takhta Glaedwine.
Kota Glaedwine tempatku berada saat ini adalah ibukota kerajaan. Glaedwine terdiri dari lima belas provinsi besar yang masing-masing dipimpin oleh seorang Magistra. Lima belas provinsi terdiri dari tujuh provinsi di bawah kerajaan langsung, tujuh provinsi otonomi, dan satu provinsi kotaraja yang berada secara khusus magistranya adalah putra mahkota sendiri.
Setiap provinsi memiliki luas sekitar tiga ratus ribu kilometer persegi, kecuali kotaraja yang dua kali lebih luas daripada provinsi lainnya, sehingga total luas kerajaan Glaedwine adalah sekitar lima juta kilometer persegi. Sebenarnya tidak terlalu besar, mungkin cukup dengan menarik sebuah bujur sangkar dengan sisi dua ribu meter, maka kita akan mendapatkan taksiran luas kerajaan Glaedwine.
Glaedwine tidak memiliki garis pantai. Dan ini membuatku frustrasi, aku bahkan membaca negara yang beruntung memiliki garis pantai akan memiliki pemandangan yang eksotis, dan juga gadis-gadis yang eksotis yang mengelola penginapan dan kedai di pantai yang ramai pengunjung.
Eh, jangan salah, perpustakaan Glaedwine juga memuat informasi tentang daerah-daerah tujuan wisata yang paling menarik, lengkap dengan referensi penginapan dan kulineari dalam seabad terakhir.
Contohnya buku yang kupegang saat ini, salah satu pantai yang paling menarik, karena memiliki pasir putih bersih, ombak yang tenang, dan gadis-gadis lokal yang manis.
"Kak, coba lihat, Eiwa setiap kali memandang buku tentang wisata pantai selalu tersenyum lebar dan tertawa sendiri."
"Hus..., nanti dia dengar, bagaimana pun juga dia putra dari senior kita. Aku sendiri belum pernah lihat yang seperti satu ini, anak berusia lima tahun dan sudah menghabiskan waktunya dengan membaca sebagian besar buku di perpustakaan ini. Kita tak akan pernah tahu isi pikirannya."
KAMU SEDANG MEMBACA
Legenda Eiwa
FantasyAda anak manusia yang dilahirkan dengan kecerdasan yang tidak biasa. Ketika orang lain mungkin berkata bahwa takdir tidak adil. Maka dia justru melangkah jauh dalam intrik yang tidak dilalui oleh anak-anak lainnya. Mimpinya adalah menjadi seorang Ke...