Di dunia ini, kalau harus menyebutkan hal pertama yang paling gue benci adalah :
Kecoa terbang.
Enggak, gini deh, maksudnya apasih makhluk kampret itu harus terbang segala. Menurut sumber yang gue baca, kecoa itu nggak bisa liat. Dia cuma pake sensor yang ada di antenanya itu buat nyari benda panas. Jadi, tujuan kecoa terbang itu cuma mau nyari benda yang panas.
Udah.
TERUS APA GUNA LO HIDUP?!!!
Maka berhati-hatilah kepada seluruh wanita. Pelukanmu hangat, pasti kecoa suka. Nggak mau dideketin kecoa? Aku deketin aja sini.
Oke, fokus.
Kalau harus menyebutkan hal kedua yang paling gue benci di dunia ini, maka dengan tegas gue akan menjawab :
Tugas.
Ya, hampir seluruh mahasiswa di dunia ini pasti mengeluhkan adanya tugas. Apalagi tugas yang dikasih ke mahasiswa dengan amat sangat nggak manusiawi. Satu tugas belum selesai, tugas lainnya menyusul. Kayaknya semua dosen itu udah bersekongkol buat ngasih tugas yang bejibun banyaknya itu.
Ada berbagai tipe mahasiswa yang mempunyai cara sendiri buat ngerjain semua tugas tersebut. Temen gue, Martin, Dia adalah tipe mahasiswa yang ngerjain tugas tergantung dari deadline yang paling deket. Misalnya dia dapet tugas di hari Senin dan deadlinenya seminggu kemudian, maka dia memilih untuk bersantai, dan mengerjakan tugas itu hari Minggunya. Bagus sih sebenernya. Seakan nggak ada beban. Pada waktu tertentu, dia bisa mengerjakan tugas tersebut dengan sukses. Tapi pada waktu tertentu pula, dia sering kowalahan karena tiba-tiba ada 4 tugas lain yang menyusul dan deadlinenya hari Senin pula. 1 hari buat ngerjain 5 tugas? Neraka.
Temen gue yang lain, Adi, dia adalah tipe mahasiswa yang banci tugas. Setiap ada tugas yang dikasih dosen, dia langsung ngerjain tugas tersebut pada hari itu juga. Kadang di kelas. Kadang di hall kampus. Yang penting pada hari itu juga dia harus bisa ngerjain tugas tersebut supaya hari esok dia bisa santai. Prinsip yang baik sebenernya. Tentu saja, mahasiswa semacam Adi ini adalah tulang punggung bagi mahasiswa lainnya. Karena pada saat Adi selesai ngerjain tugas, Gue dan temen-temen lain langsung minjem hasil pekerjaan Adi dan memfotocopynya tanpa dosa.
Terimakasih, Adi.
Gue? Mahasiswa bejat. Pada awalnya gue adalah mahasiswa yang menganggap remeh tugas. Kala itu, gue beranggapan kalau tugas itu nggak berpengaruh penuh pada nilai perkuliahan. Menurut gue, dosen ngasih tugas itu karena dia lagi males ngajar. Semua bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman gue selama kuliah 4 semester, saat dosen ngasih tugas, beliau selalu bilang :
"Ini tugas dikerjain ya. Sekalian buat belajar. Perkuliahan kita akhiri sampai disini saja"
Yang kemudian kami sambut dengan riang gembira karena pulang lebih awal. Padahal? Goblok aja, kita bakal sengsara buat ngerjain tugasnya.
Atau
"Tugas ini dikerjain buat ngisi absen yang kosong pada perkuliahan minggu lalu ya"
Yang kemudian kami iyakan dengan senang hati. Padahal? Nangis-nangis deh ngerjain tugasnya.
Anggapan gue itu pun terbukti... salahnya.
Ternyata dosen itu teliti banget. Pada mata kuliah Matematika 2 yang gue ambil di semester 2, gue sering banget nggak ngerjain tugas yang dikasih oleh dosen. Kalaupun ngerjain, palingan gue cuma ngerjain sebisanya doang. Habis, soalnya tergantung nomer mahasiswa. Tiap mahasiswa beda-beda angka. Gue kan males.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Tengik Anak Teknik
HumorCatatan Tengik Anak Teknik merupakan sebuah kisah perjalanan Febri dalam melalui hidupnya semasa kuliah. Siapakah Febri? Dia hanya manusia biasa yang dengan sangat kurang kerjaan menulis ini di semester 5 pada tahun 2016, dan sampai sekarang, dianya...