joshua sampai di satu gedung perkantoran di bilangan jakarta, lebih tepat nya ini adalah kantor sang mami. iya, begini lah joshua kalau sudah bingung pasti yang di cari adalah mami nya untuk menenangkan dirinya yang sedang gundah.
setelah memarkirkan mobil nya, joshua pun segera masuk kedalam dan menuju lantai 10, tempat dimana ruangan mami nya berada. sampai di lantai 10, joshua langsung masuk ke ruangan sang mami yang ternyata sedang tidak lumayan sibuk ini. mami joshua ada seorang wanita karir sedangkan sang papi menetap di jepang karena ada tugas disana. joshua sendiri adalah anak tunggal makanya dia sangat dekat dengan mami nya ketimbang papi nya karena memang jarang bertemu.
begitu joshua memasuki ruangan mami nya, sang mami pun langsung menyambut joshua dengan muka sumringah nya "joshua sayangg!! tumben ke kantor mami?" sang mami pun langsung memeluk anak satu-satu nya ini, maklum rindu karena rumah sepi banget.
joshua pun membalas pelukan mami nya "hehe mi, pingin ngobrol joshua sama mami" jawab joshua sambil melepaskan pelukan nya
mami nya pun mengajak joshua untuk duduk terlebih dahulu di sofa yang memang ada diruangan nya ini.
"mami gak sibuk kan? nanti joshua ganggu lagi?" tanya joshua sebelum memulai cerita nya
"enggak dong sayang! buat anak mami satu-satu nya, pasti mami bakal luangin waktu buat dengerin cerita joshua" ya begini lah mami nya, selalu menganggap joshua little boy nya. untung nya sih tidak berlebihan seperti kebanyakan orang-orang yang memiliki anak tunggal hehe.
joshua pun terdiam sebentar sebelum memulai cerita nya "ngg mi, mami pernah ngerasain gak suka sama orang tapi dia beda agama sama kita..?" tanya joshua
sang mami tersenyum sebentar sebelum menjawab pertanyaan joshua "hmm kamu lagi naksir orang ya? tumben nanya-nanya kayak gini..?" tebak sang mami
"ish mi jawab dulu!" pinta joshua
"hehe iya nih mami jawab. ya pernah kok, dulu jaman SMA sebelum ketemu sama papi kamu. mami sempet deket dulu sama temen sekelas mami, udah ngerasa klop banget tuh eh baru tau kalau kita beda agama.. kamu tau kan oma kamu kayak apa? mami langsung dilarang habis-habisan. awal nya berat banget sayang tapi lama-lama mami bisa ngerelain karena memang gak bisa di paksakan hal seperti itu..."
joshua pun menundukan kepala nya lemas mendengar cerita mami nya. sudah terbesit dipikiran nya bahwa sang mami akan memperlakukan hal yang sama seperti apa yang oma lakukan ke mami jika tahu joshua menyukai seseorang yang berbeda keyakinan.
"kenapa sayang? kok malah diem sih abis mami cerita?"
joshua menggaruk tengkuk nya yang tidak gatal. ia ragu, haruskah ia cerita kan ke mami nya atau tidak tentang kei..?
"jangan bilang kamu ngalamin hal yang sama kayak jaman mami SMA ya..?" tebak mami nya sambil mengelus lembut rambut anak laki-laki nya.
joshua yang memang paling gak bisa bohong ini pun menganggukan kepala nya pelan. sang mami pun tersenyum sambil menangkup pipi joshua agar menatap dirinya.
"kamu udah berpikir mami bakal ngelakuin hal yang sama kayak oma ya?"
joshua pun menganggukan kepala nya lagi dengan raut muka sedih
"sayang... hal kayak gini wajar terjadi kok dan mami gak akan ngelarang kamu.. cuman kamu harus tau resiko nya sendiri, kamu gak bisa memaksakan kehendak seseorang. kalau kamu siap jalanin, silahkan saja.. mami gak akan ngelarang kok.."
joshua pun akhirnya angkat bicara "sekarang dari pihak sana nya mi.. keluarga nya dia strict, bahkan dia sampai ngejauhin joshua.."
sang mami pun menepuk pundak anak lelaki nya "coba kamu ajak dia bicara.. kalau memang gak bisa membangun sebuah hubungan bersama, at least you both still can be a friend right?"