11. Selfie

657 36 1
                                    


Siapa sih remaja zaman sekarang yang ga tahu apa itu selfie? Pastinya pada tahu dong! Apalagi kaum hawa, biasanya paling suka berselfie, bener ga? Nah sahabat, apakah kalian termasuk remaja yang suka berselfie? Atau sebaliknya? Nah terus apa kalian tahu selfie dalam pandangan Islam itu gimana?

Selfie itu candu

Ibarat orang merokok, semakin sering dilakukan semakin sulit ditinggalkan. Kenapa? Karena sudah terlanjur kecanduan. Begitupun orang yang gemar selfie lalu diupload ke sosial media. Semakin banyak yang like dan komen, semakin besar keinginan untuk terus melakukannya. Entah orang itu berilmu atau tidak, banyak dari mereka yang tidak mau berhenti mengunggah foto selfie.

Seseorang tidaklah bisa lepas dari candunya jika tidak benar-benar berniat berhenti dan menahannya barang sedikit. Kegemaran yang berlebih ini bisa dibilang penyakit, karena bisa membuat pelakunya tidak bisa lepas dari jeratnya. Lagian apa sih yang mau dicari dari selfie? Pujian? Terkenal? Endorse? Subhanallah... Padahal wajah dan tubuhmu tidak semurah itu shalihah.

Perlu ditanyakan pada diri yang suka upload foto selfie, dimana rasa malu itu ditanggalkan? Jika rasa malu sudah tidak ada rupanya, lantas bagaimana keadaan iman yang dimiliki? Rasulullah SAW bersabda "Malu dan iman senantiasa bersama. Apabila salah satunya dicabut, maka hilanglah yang lainnya." (Shahih: HR. Al-Hakim (1/22))

Cantik itu amanah bisa jadi anugrah bisa jadi fitnah

Setiap yang namanya amanah pasti banyak yang mencari. Seperti halnya jabatan, harta melimpah, dan lain-lain adalah amanah yang banyak dicari setiap insan. Tapi tidak sedikit pula diantara mereka yang mampu menjaganya.

Begitu pula dengan kecantikan, banyak wanita yang menginginkannya. Bahkan untuk mendapatkannya saja, mereka rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk terlihat cantik di mata banyak orang.

Kecantikan bisa jadi anugrah bila kita mampu menjaganya dengan baik. Menjaga kecantikannya, dengan selalu menundukkan pandangan kepada yang bukan mahram. Tapi, kecantikan bisa jadi fitnah bila kita mengumbarnya sana-sini. Di tontonkan sana-sini bahkan kepada siapapun yang tidak dikenal.

Wahai sahabat, janganlah dirimu bangga dengan cantikmu bila semua orang bisa menikmatinya dan pasangan halalmu dapat sisanya. Janganlah bangga dengan cantikmu bila dirimu gunakan hanya untuk mendapat dosa.

Tidak takutkah engkau pada adzab Allah yang begitu pedih? Seharusnya jika kamu diberikan amanah kecantikan oleh Allah, semestinya dirimu mampu menjaga baik-baik amanah itu. Jangan jadikan amanah itu sebagai sarana untukmu melakukan dosa, dengan menarik perhatian yang bukan mahram untuk melihat cantikmu. Karena cukuplah bagi pasangan halalmu yang menikmati kecantikanmu itu.

Teruntuk akhawat muslimah

Sebagai akhawaat muslimah dinasehati agar jangan upload foto selfie atau foto mereka yang tidak selfi ke internet, malah jawab:

"Ikhwan juga banyak yang selfie"

"Jangan nyinyirin akhwat aja dong, ikhwan juga banyak yang begitu"

"Memang akhwat aja yang bikin fitnah? Ikhwan juga bisa menimbulkan fitnah!"

Allahul musta'an...

Ya akhawaat, mengapa begitu dalam menanggapi nasehat? Bukankah enggan menerima nasehat itu adalah kesombongan? Rasulullah SAW bersabda: "Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia" (HR. Muslim,91).

Ya akhawaat, kalau anda dinasehati, "Saudariku, jangan upload foto selfie", lalu anda jawab "Urus saja urusanmu sendiri". Ini persis seperti yang ada dalam sabda nabi: "Sesungguhnya kalimat yang paling dibenci oleh Allah adalah jika seseorang menasehati temannya, 'bertaqwalah kepada Allah' lalu ia menjawab 'urus saja dirimu sendiri" (HR. Baihaqi dalam syu'abul Iman, 1/359, dishahihkan al-Albani dalam as-Shahihah, no.2598).

Ya akhawaat, bukankah menerima nasehat adalah ciri keimanan? Allah Ta'ala berfirman: "Berilah peringatan! Sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman" (QS. Adz Dzariyat: 55).

Semoga Allah menolong kita agar menjadi orang yang berlapang dada dalam menerima nasehat.

Nah sahabat, kalian sudah tahu kan sekarang bahwa selfie itu bisa menimbulkan fitnah? Bagi yang suka upload foto selfie mulai sekarang berhentilah. Susah? Sahabat, tidak ada yang susah kalau kita berusaha sepenuh hati. Jika kita berusaha meninggalkan suatu perbuatan yang buruk karena Allah, maka yakinlah bahwa Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Pesan untuk kalian yang suka upload foto selfi di Sosmed:
JANGAN SUKA UPLOAD FOTO SELFIEMU DI SOSMED
CERDAS DAN BIJAKLAH BERMEDIA SOSIAL

Remaja Gaul Ala IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang