10. April Mop

555 28 0
                                    


Sahabat, pasti nggak asing lagi kan jika mendengar istilah 'April Mop' ?
April Mop adalah hari dimana banyak orang melakukan lelucon dan trik untuk menipu dan mempermalukan orang yang biasanya dilakukan pada tanggal 1 April. Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar/canda/lelucon). Bahkan ada yang menganggap April Mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

April Mop pada asalnya adalah suatu bentuk perbuatan yang merugikan orang lain, baik secara tidak sengaja, iseng, ataupun untuk lelucon belaka. Dalam hukum Islam sendiri, segala perbuatan yang merugikan orang lain baik secara materi maupun non materi adalah haram.

Jadi, kesimpulannya adalah April Mop haram untuk dilakukan oleh umat Islam karena:

1. Karena itu adalah dusta. Dusta bukan bagian dari akhlak seorang beriman, tapi akhlak kaum munafiqin. Rasulullah SAW bersabda, "Tanda orang munafik itu ada tiga, bila berbicara dia dusta, bila berjanji dia ingkar, dan bila diberi amanah dia berkhianat". Dalam hadits lain disebutkan, "Ada empat perkara bila semuanya berkumpul pada diri seseorang, maka dia adalah orang munafik murni, salah satunya adalah dusta".

2. Dusta adalah pengkhianatan terhadap sahabat dan teman. Rasulullah SAW bersabda, "Sebesar-besarnya pengkhianatan, sebesar besarnya pengkhianatan, adalah jika engkau berbicara pada saudaramu dengan perkataan yang dia anggap engkau jujur, sedangkan engkau berdusta padanya".

3. April Mop termasuk taqlid a'ma
(mengikuti secara membabi buta),
terhadap kebiasaan non Muslim atau kafir. Kita tidak boleh mengikuti kebiasaan orang-orang non Muslim melakukan kedustaan, kebohongan, dan keburukan. Kita tidak boleh mencampur antara yang baik dengan yang tidak baik.

Nah sahabat, sudah jelaskan bahwa April Mop adalah haram dan merupakan perbuatan dusta

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nah sahabat, sudah jelaskan bahwa April Mop adalah haram dan merupakan perbuatan dusta. Sedangkan dusta adalah perbuatan yang bertolak belakang dengan akhlak seorang muslim yang beriman. Kita sebagai umat Islam tidak boleh mengikuti kebiasaan orang-orang non Muslim, ikutilah kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Jadi jika ada yang bilang "April Mop" maka katakan "Aprip Mop? Maaf saya Muslim".

Remaja Gaul Ala IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang