Haruskah kegagalan di ratapi? Bukankah itu suatu kondisi yang mengharuskan kita untuk bangkit kembali. Mengubah lemahnya harapan menjadi impian yang indah.
Kamu boleh saja mengeluh dan berdiam diri di saat usaha yang kamu lakukan hanya sia-sia. Tapi apakah dengan diam saja semua akan berubah? Tidak, sama sekali tidak. Yang ada hanya membuang waktu saja.
Jika kamu merasakan sesuatu yang amat berat untuk kembali bergerak dalam meraihnya. Carilah seseorang yang dapat memacu semangatmu kembali. Ingatlah kedua orang tua yang telah membesarkan kita. Susah payah mencari nafkah untuk kita hidup. Uang bulanan yang selalu dikirimkan. Padahal kita tahu di tengah teriknya matahari mereka tetap mencari rupiah demi rupiah. Agar bisa memenuhi kebutuhan yang kamu perlukan.
Saya memiliki seorang teman, kami pernah satu sekolah pada jurusan yang sama. Saat itu setelah lulus dari SMA aku pergi ke kota untuk melanjutkan studyku. Sedangkan dia tidak bisa kuliah karena terhalang oleh biaya masuk yang cukup besar.
Dia, seseorang yang tidak bisa kusebutkan namanya adalah sosok yang kuat. Ia tahu bagaimana kondisi keluarganya yang memiliki kebutuhan penting yang harus didahulukan dari pada kuliahnya. Walaupun begitu ia tidak memaksa agar orang tuanya bisa mengizinkannya untuk kuliah. Ia sangat paham kesulitan yang sedang dihadapi oleh keluarganya.
Tetapi dari kesabarannya itu pada tahun 2017 ia bisa kuliah. Melanjutkan pendidikan di salah satu universitas yang di inginkan. Buah kesabaran dan keikhlasan selama satu tahu saat membantu kedua-orangtuanya akhirnya bisa ia rasakan dengan duduk di bangku kuliah bersama teman-temannya.
Kisah di atas mengajarkan kita bahwa setiap usaha atau impian yang ingin kita capai namun gagal karena suatu keadaan yang tidak kita ketahui adalah suatu kondisi yang harus kita jalani dengan ikhlas. Sebab di balik ujian yang telah Allah berikan kepada kamu sendiri akan membawa berkah yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya.
So, jangan pernah mengeluh. Karena Allah bersama dirimu dan dekat denganmu.
11/08/18
RianiJangan lupa vote and comment guys...
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kehidupan
PoetryMenulislah, maka engkau akan dikenang. _Riani Menghargai bukan bom vote, tetapi dengan membaca dan memberi komentar. #1 Write (15/11/2019) - (07/01/2020) #6 Diary - 5,59k (13/01/2020)