1. Stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain
Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada di antara kita yang memiliki segalanya. Saat kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, pastilah ada ketidakpuasan tersendiri saat yang dimiliki orang lain tidak ada pada dirimu. Hal tersebut membuat kamu berpikiran yang tidak-tidak. Seharusnya hal baik yang perlu kamu lakukan adalah fokus pada pengembangan dirimu sendiri tanpa menyamakan versi orang lain.
2. Fokus dengan passion dan hobimu
Kamu memiliki hobi dan keahlian yang berbeda dengan mereka. Fokuslah dengan passion dan hobimu agar kamu tahu potensimu dalam hal tersebut. Jika kamu memiliki hobi menulis,tekunilah. Jika kamu memiliki hobi basket, tekunilah. Karena ketekunan akan membuahkan hasil yang baik saat kamu melakukannya dengan niat yang baik pula. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang percaya diri dan mampu melakukannya tanpa merasa minder. Ingat, jangan sombong.
3. Olahraga dengan pola hidup sehat
Dengan menekani pola hidup sehat, maka fisik tubuhmu akan terjaga. Jangan lupa untuk berolahraga agar kamu merasa fresh. Dengan gaya hidup yang teratur, kamu akan akan merasa tenang dan nyaman secara fisik dan mental.
4. Jangan fokus pada kekuranganmu
Kebanyakan diri kita lebih fokus pada kekurangan yang dimiliki ketimbang melihat kelebihan yang sebenarnya. Padahal orang lain tidak memandangmu dengan kekurangan yang kamu miliki. Alangkah lebih baik kamu fokus mengembangkan diri, pikirkan dan matangkan kelebihan yang kamu punya supaya dapat menutupi kekuranganmu sebagai motivasi. Tidak perlu merasa sedih terhadap kekurangan itu, karena bisa jadi kekuranganmu adalah kelebihanmu yang tersembunyi. So, tetap menjadi pribadi yang percaya diri. Stop! Menjustifikasi bahwa kamu lemah, karena setiap orang wajar-wajar saja memiliki kelemahannya masing-masing.
5. Melihat berbagai hal dari sisi positif
Peliharalah mindset yang positif, pastilah kamu akan berdamai dengan lingkungan sekitarmu. Lihatlah dunia dan sekitarnya dengan baik walaupun semuanya memiliki sudut pandang yang berbeda. Percayalah, kamu pasti akan merasa happy dan hidupmu akan terasa tenang tanpa memikirkan hal-hal negatif yang pastinya akan merubah pola pikirmu kepada hal yang tidak diinginkan.
Nah, setelah lima hal tersebut sudah ada pada dirimu. Percaya deh, kamu pasti sudah siap untuk mencintai dan dicintai orang lain. Karena sesunguhnya, yang mencintaimu tentunya dapat menerima keadaanmu juga tanpa menilai sebelah pihak.
Riani, 6 Januari 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kehidupan
PoetryMenulislah, maka engkau akan dikenang. _Riani Menghargai bukan bom vote, tetapi dengan membaca dan memberi komentar. #1 Write (15/11/2019) - (07/01/2020) #6 Diary - 5,59k (13/01/2020)