Terkadang kamu merasa bahwa tidak ada yang sayang sama dirimu. Kamu menganggap semua orang hanyalah ilusi. Kamu seolah-olah tidak yakin bahwa mereka yang akan menolongmu suatu hari nanti.
Hatimu selalu bergejolak dan menyimpan amarah atas apa yang selalu gagal. Kamu selalu merasa bahwa hidup tidak ada gunanya. Padahal semua yang hidup pastilah diberi Allah sebuah ujian. Untuk lulus sekolah dasar aja ada ujiannya, apa lagi untuk lulus surga Allah. Tidak ada yang gratis. Semua perlu bayaran. Bukan dengan uang. Melainkan dengan amal, yaitu berbuat kebaikan.
Jangan pernah merasa sendiri. Jika kamu merasa bahwa hidup tak berguna. Cobalah berpikir, ada Ibu Bapak yang selalu mendo'akanmu disepanjang sujudnya. Ada yang berjuang diteriknya matahari untuk menghidupimu, untuk memberi kecukupan dalam segala kebutuhan.
Untukmu, yang selalu merasakan kesepian. Cobalah lihat orang-orang di luar sana yang tidak memiliki keluarga. Coba bayangkan jika itu kamu. Coba bayangkan bagaimana nasibmu jika kamu seperti mereka. Bersyukurlah atas apa-apa yang telah Allah beri, ibu bapak berikan, sahabat yang peduli, semua itu karena mereka sayang sama kamu. Kepedulian seseorang bukan hanya dinilai dengan rupiah, tetapi dengan perlakuan baik dan saat kamu sedih mereka akan ada bersamamu. Mereka akan menghibur kesedihanmu. Itulah sesuatu yang takkan bisa dinilai dengan rupiah. Jika uang segalanya, tapi kebahagian adalah segala-galanya.
Riani, 10 November 2019
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kehidupan
PoesiaMenulislah, maka engkau akan dikenang. _Riani Menghargai bukan bom vote, tetapi dengan membaca dan memberi komentar. #1 Write (15/11/2019) - (07/01/2020) #6 Diary - 5,59k (13/01/2020)