Masih Curhatan Dewa

1.4K 272 62
                                    

Jangan bosen ya masih gue yang cerita hehehe

Siapa tau dari kalian masih ada yang mikir "halah, apaan sih ini orang. Gitu doang ngaku bucin." Ya baiklah, mari dengar cerita dari sisi saya dulu.

Dimulai dari mana ya? Mungkin dari kenapa gue mundur kali ya? Iyain aja.

Gue ingat malam itu gue nginap di rumah Brian. Karena malas balik ke kosan udah malam abis manggung hehehe. Gue ingat Brian curhat soal dia sama Vita yang semacam tarik-ulur. Bedanya sama curhatan dia tentang cewek-cewek sebelumnya, yang ini dia yang merasa ditarik-ulur. Wah, gila. Ternyata seorang Brian Atmadja Dirgantara bisa jadi korban tarik-ulur juga ya. Katanya Vita lagi suka tiba-tiba omongin cowok lain. Mungkin dia terlalu nyaman temenan sama Brian sampai kagak sadar kalau Brian lagi deketin. Ckckck, kasian gue sama Bang Bri. Siapa sih cowok lainnya ini? Gue jadi kepo kan.

Dia terus curhat padahal gue udah ngantuk. Dia sendiri udah ngantuk. Orang dari tadi dia udah nguap. Tapi ngerocoooos terus. Bingung gue. Pelan-pelan dia mulai hampir ketiduran pas lagi curhat.

"Gue harus gimana lagi ya, Wa? Lagian, dia kok bisa tau-tau deket sih sama ini orang."

"Emang siapa, Bang? Lo kenal?" gue yang masih kepo akhirnya nanya.

Dia berdecak, "ada lah."

Yah, mainnya rahasia-rahasiaan pakai acara gak mau kasih tau :(

"Duh, gue capek, ah. Akhir-akhir ini jadi malas buka chat dia kan jadinya. Habis, ceritain orang lain mulu."

"Tumben."

"Apaan tumben?"

"Biasanya kan, kalau lo udah capek, ya udah ditinggal. Tumben yang ini kagak." jawab gue jujur.

Dia diam sebentar, "iya, ya? Tumben. Habisnya beda, sih."

Gue menganggukkan kepala. Karena emang Vita beda dari tipikal cewek yang ditaksir Brian. Gue juga jadi mikir kenapa dia bisa naksir Vita, "Kok, lo bisa tiba-tiba deketin dia ya?"

"Hah?" dia noleh ke gue dengan mata sayunya.

"Iya kenapa lo bisa naksir dia gitu. Kan, dia beda."

Dia diam lagi. Mikir kali. Lalu dia terkekeh, "di mana lagi lo nemu orang baru kenal langsung peduli sama lo?"

"Oh, jadi karena lo dikasih susu sama yogurt?"

"Bukan itu doang," dia menghelakan nafas, "ya awalnya itu, sih. Tapi dia tuh, gimana ya? Beda aja. Lo tau gak? Pertama kali gue jalan sama dia, dia bawa adeknya. Terus dia tuh kayak emak-emak ke anaknya, tau gak? Padahal adeknya juga cuma beda berapa tahun sama dia."

"Oh, jadi lo suka karena dia kayak bisa ngurus orang gitu ya?"

"Iya, kali," dia mulai memejamkan mata, "kayak dia tuh duluin orang lain gitu. Ngurus orang lain dulu. Padahal dia sendiri butuh diurus."

"Hah, gimana?"

"Iya, dia sendiri butuh diurus. Gue pernah nyamperin dia kan, iseng aja emang lagi di daerah sana. Terus dia lagi di McD sama temennya. Terus masa dia duduk doang. Bingung gue. Pas gue tanya kenapa gak makan, temennya bilang diet. Makin bingung dong gue, ngapain tau-tau diet. Eh, tiba-tiba dia ngomong di chat kalau dia lupa bawa dompet. Tapi gak enak ngomong ke temennya karena temennya udah kelaperan dan Vita kagak mau dibayarin atau ngutang."

"Terus?"

Dia ketawa, "gue beli happy meal. Gue bilang gue cuma mau hadiahnya, terus suruh dia makan makanannya. Padahal itu mainan apaan juga gue kagak tau."

"Bela-belain bener lo ya, sampai beli gitu. Terus dia pasti maksa ganti duit lo, ya?"

Dia menganggukkan kepala, "gue suruh bayarnya pakai jalan sama gue. Eh, pas jalan dia bawa orang lain lagi. Pasrah aja gue mau jalan berdua aja susah."

Gue ketawa. Kalau boleh jujur, mungkin yang tadi Brian ceritain dia beli happy meal terdengar biasa untuk beberapa orang. Tapi untuk gue yang tau dia sedikit pelit, dia nyamperin ke tempatnya aja udah effort, apa lagi sampai keluarin duit lagi untuk beliin makanan. Dan gue pernah bilang kan anak angkatan gue ada yang pernah sama dia juga? Itu aja gak pernah disamperin. Lah ini si Vita udah disamperin, dibeliin makan pula.

"Seniat itu lo ya deketinnya." kata gue pelan.

"He'eh," suaranya semakin pelan, "kapan coba terakhir kali gue seniat ini deketin orang?"

Gue diam. Bener juga. Ini bisa dibilang pertama kali gue liat dia seniat ini deketin orang. Mungkin pernah juga seniat ini dulu sebelum dia kenal sama gue. Tapi ya selama gue kenal sama dia, ini yang paling niat.

"Bang," panggil gue.

"Apa?" gumamnya. Gue gak tau dia udah tidur apa belum. Apa setengah tidur kali.

"Kalau dia gak mau sama lo, gimana?"

Dia diam. Udah tidur kali ya.













"Ya udah kalau dia senengnya bukan sama gue," jawabnya.

Gue yang lagi liat tembok langsung noleh ke dia. Karena kan tadi gue kira dia udah tidur. Kaget tau-tau masih dijawab.

Dia menyeringai sambil merem, "tapi selama gue masih deket sama dia, mau jadi temen atau apa kek, gue cuma mau jadi salah satu alasan dia seneng."

Di sini lah gue mulai sadar. Ada perbedaan antara gue sama Brian. Kita sama-sama mau dia bahagia. Bedanya, Brian gak akan berhenti berusaha untuk bikin dia bahagia. Sedangkan gue lihat dia bahagia juga udah cukup. Gak peduli siapa yang bikin dia bahagia.

Gue sadar kalau pun gue kejar Vita, akan selalu ada Brian yang terus berusaha bikin dia bahagia saat gue gak bisa.

Gue sadar gue gak pernah lihat Brian kayak gini ke cewek lain (selama gue kenal dia). Dan jujur, gue mungkin akan sebel sama diri sendiri kalau gue malah ambil orang yang udah berhasil mengeluarkan the better version of Brian dari Brian.

Dan pada malam itu, gue memutuskan untuk berhenti. Gue yakin Brian bisa bikin dia bahagia. Dan bagi gue, sekedar melihat dia bahagia udah cukup.

Masalahnya adalah

Walau pun otak gue bisa berpikir seperti itu dan beneran menjauh, hati gue masih batu.

Entah kalian tau atau enggak, saat mereka break dan Brian mabuk, gue ditelpon Vita dimintain tolong untuk jemput Brian. Gue bilang gue habis nugas dan baru mau balik. Padahal gue lagi goler-goler di kosan dan dengar dia panik seperti itu, gak pakai mikir gue langsung jawab 'iya.' Gue sampai pinjam mobil anak kosan gue demi jemput Brian.

Gue ingat gue tinggalin Vita di kamar gue sama Brian yang kagak sadar dengan alasan gue lapar mau masak mie instan. Padahal gue gak lapar dan gak masak mie instan. Gue tau dia butuh waktu berdua walau pun Briannya gak sadar. Makanya gue keluar dan tunggu di depan kamar sampai dia selesai ngomong ke Brian baru gue masuk lagi dan menawarkan dia pulang ke kosannya. Dan makanya itu juga gue kasih pinjam motor gue ke Brian besoknya.

Atau saat di panti asuhan, saat Brian dan Sinar keluar beli permen untuk anak-anak panti. Gue tau Vita gak nyaman. Dia bukan tipe cewek yang gampang main sama anak kecil. Makanya gue langsung samperin dan bantu dia kenalan sama anak panti. Dan alasan gue ijin ke toilet, bukan karena gue kebelet. Tapi karena setelah dia kenalan sama anak panti itu, gue lihat Brian udah balik. Gue tinggalin Vita bukan ke toilet, tapi gue samperin Brian suruh dia temenin ceweknya, dan gue yang bantuin Sinar rapiin belanjaan mereka. Gimana pun juga, gue tau kalau bukan gue tapi Brian yang temenin dia, pasti dia lebih seneng.

Eh, si kampret bukannya samperin malah sengaja lama-lamain nontonin Vita main dari jauh sambil ketawa-ketawa.

Tapi walau pun begitu gue tau mereka berdua sama-sama bahagia. Dan sama-sama bikin bahagia satu sama lain. Dan untuk gue, itu udah cukup untuk bikin gue ikut bahagia.

Maka dari itu, gue, Dena Dewa Pradipta, hanya akan tersenyum dan terus siap siaga setiap kali Vita atau Brian minta dibantu, sambil mengubur perasaan sedalam mungkin sampai perasaan itu hilang sendiri.


Entah kapan hilangnya.

-

saturdate(s)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang