TANDA HUBUNG

65 2 2
                                    

Dibawakan oleh ShantiEka

TANDA HUBUNG (-).

Hypen atau lebih dikenal dengan tanda hubung (-) digunakan untuk menghubungkan dua kata atau memisah dua suku kata.

Kalau kurang jelas juga silahkan cek google banyak pengertian yang mungkin kalian bisa pahami. Jagan malas, mau makan aja harus di suapin.

TANDA HUBUNG DI GUNAKAN DALAM BEBERAPA HAL BERIKUT.

1. Digunakan dalam suku-suku kata yang terpenggal.

Contoh: Sudah hampir lima tahun Marni menjanda sunyi sepi dia raskaan. Mungkin karena itu dia dijuluki janda ra-
sa perawan.

Kata "Rasa" di penggal karena pergantian barisan.

2. Tanda hubung digunakan untuk menyambung unsur kata ulang.

Contoh: Emak-emak, bintang-bintang, setan-setan, sayur-mayur DLL.

Yang ini kalau belom paham kebangetan mending pulang aja mandi kembang buang sial. Biar otaknya adem.

3. Tanda hubung juga digunakan untuk menyambung tanggal, bulan, dan tahun dalam angka. Dan juga di gunakan untuk menyambung huruf dalam kata yang dieja.

Contoh 1: 06-09-1969.
Contoh 2: J-e-n-g-k-o-l

4. Tanda hubung dapat dipakai untuk memperjelas hubungan bagian kata atau ungkapan.

Contoh:
Meng-ukur
Ber-evolusi

5. Tanda hubung dipakai untuk merangkai

A. se-dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital (se-Indonesia, se-Jawa Barat, se-Bandung)

B. ke- dengan angka (peringkat ke-100).

C. Akhiran -an misal Tahun 90-an.

E. kata atau imbuhan dengan singkatan yang berupa huruf kapital contoh: hari-H, sinar-X, ber-KTP, di-SK-kan.

F. kata dengan kata ganti Tuhan misal : ciptaan-Nya, atas rahmat-Mu.

G. kata ganti -ku, -mu, dan -nya dengan singkatan yang berupa huruf kapital
Misal : KTP-mu, SIM-nya, STNK-ku.

7. Tanda hubung dipakai untuk merangkai unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa daerah atau bahasa asing.

Misalnya:

di-sowan-i (bahasa Jawa, 'didatangi')

ber-pariban (bahasa Batak, 'bersaudara sepupu'

8. Tanda hubung digunakan untuk menandai bentuk terikat yang menjadi objek bahasan.

Misalnya:

Kata pasca- berasal dari bahasa Sanskerta.

Akhiran -isasi pada kata betonisasi sebaiknya diubah menjadi pembetonan.

Note: sesi diskusi tidak diikutsertakan karena terjadi kekacauan akibat ulah pembawa materi yang sok pemes. Terima kasih. Sama-sama.

JUDES 2019Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang