Huruf Kapital

97 2 1
                                    

Materi huruf Kapital

Berikut adalah pedoman penulisan tanda baca sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan yang relevan untuk Wikipedia.

1.Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.

●Misalnya:
Dia membaca buku.
Apa maksudnya?
Kita harus bekerja keras.
Pekerjaan itu akan selesai dalam satu jam.

2.Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat setelah petikan langsung.

3.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan.

●Misalnya:
-IslamQuran.
-KristenAlkitab.
-HinduWeda.
-Allah.
-Yang Mahakuasa.
-Yang Maha Pengasih.
-Tuhan akan menunjukkan jalan kepada hamba-Nya.
-Bimbinglah hamba-Mu, ya Tuhan, ke jalan yang Engkau beri rahmat.

4.a.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.
●Misalnya:
-Mahaputra Yamin.
-Sultan Hasanuddin.
-Haji Agus Salim.
-Imam Syafii.
-Nabi Ibrahim.
b.Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang.
●Misalnya:
-Dia baru saja diangkat menjadi sultan.
-Pada tahun ini dia pergi naik haji.
-Ilmunya belum seberapa, tetapi lagaknya sudah seperti kiai.

5.a.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat yang digunakan sebagai pengganti nama orang tertentu.

●Misalnya:
-Wakil Presiden Adam Malik.
-Perdana Menteri Nehru.
-Profesor Supomo.
-Laksamana Muda Udara Husein Sastranegara.
-Sekretaris Jenderal Departemen Pertanian.
-Gubernur Jawa Tengah.

b.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan atau nama instansi yang merujuk kepada bentuk lengkapnya.
●Misalnya:
-Sidang itu dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia.
-Sidang itu dipimpin Presiden.
-Kegiatan itu sudah direncanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional.
-Kegiatan itu sudah direncanakan oleh Departemen.

c.Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan dan pangkat yang tidak merujuk kepada nama orang, nama instansi, atau nama tempat tertentu.
●Misalnya:
-Berapa orang camat yang hadir dalam rapat itu?
-Divisi itu dipimpin oleh seorang mayor jenderal.
-Di setiap departemen terdapat seorang inspektur jenderal.

6.a.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur unsur nama orang.
●Misalnya:
-Amir Hamzah.
-Dewi Sartika.
-Wage Rudolf Supratman.
ZHalim Perdanakusumah.
-Ampere

♤Catatan:
(1)Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama seperti pada de, van, dan der (dalam nama Belanda), von (dalam nama Jerman), atau da (dalam nama Portugal).
●Misalnya:
-J.J de Hollander.
-J.P. van Bruggen.
-H. van der Giessen.
-Otto von Bismarck.
-Vasco da Gama.

(2)Dalam nama orang tertentu, huruf kapital tidak dipakai untuk menuliskan huruf pertama kata bin atau binti.
●Misalnya:
-Abdul Rahman bin Zaini.
-Ibrahim bin Adham.
-Siti Fatimah binti Salim.
-Zaitun binti Zainal.

b.Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama singkatan nama orang yang digunakan sebagai nama jenis atau satuan ukuran.
●Misalnya:
-pascal secondPas.
-J/K atau JK-1joule per Kelvin.
-NNewton.

c.Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama orang yang digunakan sebagai nama jenis atau satuan ukuran.
●Misalnya:
-mesin diesel.
-10 volt.
-5 ampere.

JUDES 2019Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang