Dibawakan oleh shuun1412
•Tanda pisah memiliki simbol (--).
•Tanda pisah tidak sama dengan tanda hubung (-).Dilihat dari simbolnya, dapat dikatakan kedua tanda ini serupa tapi tak sama. Tanda pisah lebih panjang dari tanda hubung. Ketika pengetikan, tanda pisah terdiri dari dua tanda hubung. Tidak ada spasi sebelum dan sesudah tanda pisah, dengan kata lain, seperti gabung. Tanda pisah menggantikan peran spasi dan sebagai penjelas.
Terdapat empat fungsi penggunaan tanda pisah, yaitu:
1. Tanda pisah dapat dipakai untuk membatasi penyisipan kata atau kalimat yang memberi penjelasan di luar badan kalimat iti sendiri.
Contohnya:
a. Kemerdekaan bangsa itu--saya yakin akan tercapai--diperjuangkan oleh bangsa itu sendiri.b. Keberhasilan itu--kita sependapat--daoat dicapai jika kita berusaha.
2. Tanda pisah dapat dipakai untuk menegaskan adanya keterangan aposisi atau keterangan lainnya.
Contohnya:
a. Soekarno-Hatta--proklamator kemerdekaan Republik Indonesia--diabadikan menjadi nama bandar udara Internasional.b. Rangkaian temuan ini--evolusi dan teori kenisbian--telah mengubah konsepsi kita tentang alam semesta.
c. Gerakan Pengutamaan Bahasa Indonesia--amanat Sumpah Pemuda--harus terus digelorakan.
3. Tanda pisah dipakai di antara dua bilangan, tanggal, atau tempat yang berarti 'sampai dengan' atau 'sampai ke'.
Contohnya:
a. Tahun 2010--2013
b. Tanggal 5--10 April 2013
c. Jakarta--Bandung4. Tanda pisah tunggal dapat digunakan untuk memisahkan keterangan tambahan pada akhir kalimat.
Contohnya:
a. Kita memerlukan alat tulis--pena, pensil, dan kertas.
KAMU SEDANG MEMBACA
JUDES 2019
Non-FictionJumat with De Janda's Berisi materi dan sharing mengenai dunia kepenulisan.