Jika kita tahu bahwa bagaimanapun kita akan dimarahi, maka alangkah lebih baik jika kita mendahului mengakui kesalahan sebelum orang lain menyalahkan. Bukankah jauh lebih mudah mendengarkan kritik sendiri daripada cercaan orang lain. Sampaikan dengan segera segala hal mengenai diri anda yang menghina, yang anda tahu bahwa mereka hal itu mereka pikirkan atau ingin diungkapkan. Sampaikan sebelum mereka punya kesempatan menyampaikannya. Karena orang lain membutuhkan perasaan penting, maka cara yang bisa memuaskan harga dirinya adalah mengambil sikap murah hati memberikan belas kasihan.
Dengan berani mengakui kesalahan, kita pun mendapat tingkat kepuasan tertentu.Mengakui kesalahan diri sendiri tidak hanya menjernihkan rasa bersalah dan pertahanan diri, namun seringkali membantu memecahkan masalah yang ditimbulkan oleh kesalahan itu. Maka akuilah kesalahan dengan cepat dan simpatik. Apabila anda merasa sudah ‘terlambat’ untuk mengakui kesalahan, lakukanlah dengan simpatik.
Cara ini tidak hanya member hasil yang efektif, namun juga cara yang lebih menyenangkan daripada kita mencoba untuk mempertahankan diri. Pepatah kuno mengatakan: “Dengan berkelahi anda tidak pernah merasa cukup, namun dengan mengalah anda memperoleh lebih dari yang anda harapkan.”