Seseorang dengan uang berlimpah dapat membuat kesan pada orang lain dengan pernak-pernik hiasan pada tubuhnya. Tetapi perlu diingat bahwa ekspresi yang terpantul dari wajah seseorang jauh lebih penting daripada pakaian yang dikenakannya. Bahkan senyum yang begitu memikat, yang merupakan cerminan kepribadiannya dapat mengatarkan seseorang pada kesuksesan. Seseorang yang muram dalam antrian dapat saja tersenyum pada seorang bayi yang tersenyum. Senyum! Bukan suatu seringai yang dibuat-buat.
Seorang professor Universitas Michigan mengungkap mengenai senyuman,” Orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih efektif dan membesarkan anak-anak yang lebih bahagia. Ada jauh lebih banyak informasi tentang senyuman daripada sebuah kerut dikening. Karena senyum itulah yang mendorong semangat, alat pengajaran yang jauh lebih efektif daripada hukuman.”
Pengaruh senyuman sungguh luar biasa, sekalipun senyuman itu tidak tampak. Demikian yang dilakukan beberapa perusahaan telepon di Amerika dalam program “kekuatan telepon”. Program yang menyarankan karyawannya tersenyum ketika berbicara di telepon, maka senyum anda akan terdengar dalam suara anda.
Orang jarang berhasil dalam hal apapun, kecuali mereka mendapatkankesenangan dalam mengerjakannya. Anda harus senang ketika berjumpa dengan seseorang, kalau anda mengharapkan seseorang senang berjumpa dengan anda. Senyum menjadi sarana betapa anda sungguh senang dengan apa yang anda kerjakan, dan dengan siapa anda berjumpa.
Semua orang di dunia ini mencari kebahagiaan – dan satu cara pasti untuk menemukannya adalah dengan mengendalikan pikiran anda. Kebahagiaan tidak tergantung dari kondisi-kondisi dari luar, tetapi dari dalam. Apabila anda tidak ingin tersenyum, maka paksalah untuk tersenyum. Kita tidak bisa memaksa hal-hal dari luar untuk menghampiri kita dan menjadikan kita bahagia, kitalah yang menghampirinya. Dan lingkungan luar akan merespon balik sapaan kita. Lestarikan sikap mental yang benar, sikap bersemangat, berterus terang dan kegembiaraan yang baik.
Seuntai senyuman dapat menolong seseorang menyadari bahwa semuanya bukan tanpa harapan – bahwa masih ada kegembiraan dalam dunia ini. Karena tak seorang pun yang begitu lebih membutuhkan senyuman daripada mereka yang tidak punya lagi yang tersisa untuk diberikan!