01. Abang Farrel

25.5K 1.2K 25
                                    

"Abang! Diem deh sekali-sekali. Jangan bandel!"

Si Papa udah geram, geram liat anak tunggalnya yang bandel. Udah berapa kali dibilangin jangan main basket, tapi si Abang mah yang ngeyel.

Farrel tetep aja main. Enggak dengerin suaranya si papa. Nggiring bola sana-sini, enggak peduli pokoknya papa ribut nyuruh dia berhenti main.

"Abang!" Nah si Darwin-alias Papa, udah jalan deketin si Abang. Rebut bola anaknya, terus natap tajam anaknya.

"Papa! Bolanya!" Kaki Abang dihentakkin. Kesel, kalau lagi asik main bola tuh, direbut sama Papa. Apalagi Papa udah natap tajem Farrel.

"Masuk sekarang! Siang-siang main basket, nanti sakit mau?"

"Mau!" Jawab Farrel dengan tegas. Papa mendengus, enggak peduli gitu. Jalan aja terus ninggalin Farrel di lapangan. Abang mah ngerucutin bibirnya. Ikut aja jalan, masuk ke rumah. Mau ngadu sama mama.

Farrel masuk ke rumah, wajahnya ditekuk. Diem aja terus, walau Papa manggil namanya. Jalan ke dapur nyari Mama, pengen ngadu sambil minum air.

"Mama!" Panggilnya dengan cepat, langsung ngambil air dengan wajah bete.

Nira-alias Mama, natap aneh Abang. Anaknya gitu palingan berantem lagi sama Papa. Ini mah udah biasa.

"Abang kenapa? Berantem lagi sama papa?"

Farrel enggak jawab, minum air dulu sampai habis. Narik napas, dadanya tiba-tiba sesek. Tapi semenitnya udah ilang, langsung cerita deh sama mama.

"Masa Farrel main basket dimarahin sama papa, sih Ma! Kan cuman main basket, larinya juga dikit."

Mama menghela napas. "Ya main basket kan lari bang, jatuh lagi kayak kemarin itu mau? Kesemutan lagi mau?"

Abang nunduk, enggak seneng kalau Mama udah ngeluarin suara kayak gini. Pengen dapet belaan, tapi malah dapet kayak gini. Kan sebel.

"Mau bang? Ke rumah sakit lagi?"

"Enggak sih, tapi kalau Papa yang nanya Farrel jawab mau aja," sahut Farrel sambil hela napas.

"Kenapa jawabnya mau?"

Farrel ngangkat bahu. "Enggak tahu juga, pengen jawab itu, ma."

Mama lagi-lagi hela napas. Jalan ngedeketin Farrel, ngusap pelan rambut anaknya. "Udah, minta maaf sama Papa. Jangan didiemin."

"Kenapa harus Farrel?"

"Abang kan salah."

"Farrel enggak salah, Mama!" Farrel geram, masang wajah meweknya. Nggak mau kalau dia yang harus minta maaf.

"Minta maaf aja sana, Bang. Susah banget!" Mama ngedorong bahu Abang, nyuruh buat minta maaf sama Papa.

Farrel cuman bisa pasrah, jalan ke ruang tamu, minta maaf dengan suara pelan. Males kalau kayak gini, lihat wajah Papa aja udah bikin enek.

"Papa, maaf."

Papa naikkin alisnya, telinganya belum jelas denger suara si abang. Papa terkekeh, lucu sih menurutnya. Liat Abang yang marah, mau ke sofa, tapi gengsi. Jadi cuman natap bola basket yang masih dipegang sama Papa.

"Kok nggak tulus?"

"Papa, Farrel minta maaf!"

Papa pamerin pipinya, nunjuk pipinya dengan telunjuknya. Ngasih kode buat Abang, nyuruh buat nyium pipinya.

Farrel mutar bola mata malas, jalan ngedektin Papa. Cium pipi Papa singkat banget, abang mah selalu gini. Ogahan banget kalau mau nyium papa. Nggak enak gitu, ya masa anak cowok nyium Papanya. Kan enggak elit, elitnya itu anak cowok nyium Mama. Abang mah emang gitu.

Papa senyum-senyum gitu, seneng kalau udah dicium sama Abang.

"Udah Papa maafin, sana balik ke atas. Tidur siang!" Papa ngibasin tangannya, nyuruh Abang buat ke atas.

Tapi Farrel enggak bergerak, diem aja di samping Papa. Papa heran, natap Abang dengan tatapan tanda tanya.

"Abang kenapa?"

"Kakinya susah gerak, Papa."

**


Oh iya, aku pake kata mama sama papa biar enak gitu.

Darwin - papa
Niraya - mama
Farrel- si abang


Abang umurnya baru 13 taun, aku suka kecil">< seumuran ma aku dong😂

Farrel ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang