15. Abang Jangan Sedih!

5.5K 543 27
                                    

"Meeoong! Ayo sini, mainnya sama Farrel. Farrel baik kok."

Abang jongkok, deketin kepalanya di bawah bangku yang ada di taman. Demamnya abang udah turun, dikit sih, tadi udah dapet tidur. Di ruangan sendirian, tadi mama pusing, hampir pingsan. Jadi ke rumah buat istirahat, Arda juga. Dia kan punya rumah, sama keluarga.

Jadinya abang main ke taman, ditemenin sama dua pengawal. Awalnya tuh enggak dikasih, tapi abang yang ngotot pengen ke taman. Untungnya lagi, jadwal fisioterapi yang baru tuh, besok siang.

"Meong, namanya siapa?" Abang ngambil kucing yang udah deket samanya. Duduk di rumput, terus ngelus pelan bulunya.

"Oh namanya, Pupu." Abang ngomong sendirian, kebanyakkan halu, jadi gini deh.

"Aden! Jangan main kucing sembarangan. Virus! Buang deh kucingnya," ujar pak Rei sambil duduk di samping abang. Hendak ngambil meong, tapi abang megang erat meong itu. Meongnya jadi kecekik kan.

"Farrel enggak punya teman, makanya sama Pupu. Dia baik kok, pak Rei mau kenalan?"

Pak Rei hela napas, baru satu hari ngejaga abang udah lelah kayak gini. Nyesel deh kalau ngawal abang yang bandel kayak gini.

"Aduh den Farrel, taruh kucingnya. Ada yang punya, nanti aden disangka pencuri lho. Mending balik ke kamar, papa bentar lagi dateng." Pak Rei maksa ngambil kucing itu, tapi abang enggak mau.

"Den Farrel." Pak Gery ikutan, dia bantuin pak Rei buat ngebujuk abang.

"Enggak!"

"Abaangg!"

Entah kenapa mereka semua noleh ke arah belakang, padahal yang dipanggil cuman abang. Papa ngampirin abang sambil masang wajah kul.

"Papa? Kenapa ke sini?" Abang natap papa dari atas sampai bawah. Masih dengan pakian kerja.

Mata papa melotot, ngelihat abang yang lagi bawa kucing. Papa langsung jongkok sambil ngambil tuh kucing.

"Abang ngapain main kucing? Bukannya istirahat ih, bandel banget bang." Papa ngelempar tuh kucing, kayak ngelempar bola.

Abang pengen bangun ngambil kucing, tapi ditahan sama papa. "Jangan main kucing, bang!"

"Papa!" Abang ngerengek, cemberut.

Papa mutar bola mata malas, terus duduk di samping abang. "Udah deh, mainnya sama papa aja, nanti tangannya dicuci."

"Papa, Farrel enggak punya temen. Mama mana? Kapan buat adek? Biar Farrel enggak kesepian." Abang goyangin lengan papa.

Papa masang wajah ragu, pengen ngomong yang sebenarnya. Tapi takut abang sedih. Em, tapi juga, mungkin ini waktu yang tepat.

"Bang," panggil papa pelan.

"Apa pa?"

"Abang harus ikhlas, kalau abang enggak jadi punya adek."

Abang natap papa dengan raut wajah sedih. "Kenapa?"

"Mama enggak bisa punya adek lagi, mama kandungannya lemah bang, mama juga punya tekanan darah tinggi. Nanti kalau punya adek lagi, banyak resikonya. Bisa aja, di antara mereka berdua ada yang pergi. Tadi tuh mama pusing, mungkin banyak pikiran. Enggak bisa buatin abang adek." Papa ngejelasin pakai suara yang lembut, pelan lagi.

Abang nunduk, mainin rumput. "Farrel kesepian dong?"

"Abang kan punya papa sama mama, di rumah juga ngerusuh terus. Kalau abang pengen punya teman, papa panggil aja bang Geydan, biar abang enggak kesepian lagi." Tangan papa ngusap pelan rambut abang.

Abang majuin bibirnya, sedih banget enggak bisa punya adek. Tapi ini semua juga demi mama, abang juga enggak mau kehilangan mama. Emang sih, ada bang Geydan, sepupu abang. Tapi kan jauh, pulangnya aja jarang.

"Bang?" Panggil papa, waktu abang enggak nyahut.

Abang ngejatuhin tubuhnya di dada papa, papa sempet kaget, papa kira abang pingsan. Tapi nyatanya enggak, ternyata abang lagi ngambek.

"Pengen adek," lirih abang lagi, mainin tangannya yang berbalut perban di udara.

"Abang sayang mama kan? Kalau mama pergi, abang pasti sedih juga. Lebih baik kayak gini bang, jangan buat mama kelebihan beban. Selama ini? 13 tahun ini? Abang sama papa, mama aja kan? Enggak terlalu sepi kan? Sama Arda juga."

Abang nganggukin kepalanya. Benar juga, abang harusnya bersyukur. Mungkin ada orang yang lebih kesepian dari abang, yang enggak punya orang tua. Apalagi sahabat.

"Iya deh, Farrel ikhlas. Enggak apa-apa kalau enggak punya adek, asalkan mama jangan pergi."

Papa senyum manis, nyium kening abang gemas. Untung aja abang ngerti keadaan. Papa juga enggak mau kalau mama punya adek lagi, dulu aja, papa hampir kehilangan mama, hampir juga kehilangan abang. Dulu tuh, abang kecil banget, merah, lahirnya prematur, lewat operasi juga. Karena mama enggak kuat kalau lewat jalan normal, jadi terpaksa lewat operasi. Mama aja sampai kritis seminggu.

"Abang jangan sedih lagi, nggak asik. Kalau abang cerewet sama bikin rusuh, baru asik."

Abang cuman senyum tipis, biarlah angan-angan abang jadi seorang kakak tuh ilang. Enggak apa-apa, yang penting abang bisa ngelihat mama senyum di dekatnya.

**

UDAH SENENG LOM, ABANG GAK JADI PUNYA ADEK?!

SELAMAT MEMBACA erere

PUASIN BUCIN MA ABANG YG G JADI PUNYA ADEK. HERRR.

Farrel ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang