"Ar, berhenti!"
Abang ngebungkuk, masih ngos-ngosan. Kakinya udah lemas banget, pengen cepat-cepat duduk rasanya.
"Nggak kuat lagi, Rel?" Arda ngedeketin Abang, megang bahu Abang.
Abang ngangguk. Dia emang nggak kuat lagi, mereka berdua udah lari jauh banget. Lika-liku lagi jalannya, Abang juga nggak inget mereka lewat mana aja.
"Yaudah, sembunyi di sini aja." Arda jalan ke arah belakang rumah tua. Rumahnya nggak berpenghuni, udah kumuh banget.
Abang duduk di samping Arda. Dia ngelurusin kedua kakinya, kepalanya mendongak. Mejamin mata, tangannya megang dadanya. Abang masih berusaha buat normalin napasnya. Sesak banget.
"Minum obatnya, Rel." Arda ngebuka ransel Abang, terus ngambil obat sama air. Abang minum tuh obat, akhirnya baikkan.
Arda mijitin kaki Abang, biar nantinya bisa berdiri. "Masih lemas?"
Abang ngangguk pelan. Dia benerin tempat duduknya, yang pastinya tangannya itu nyentuh tanah buat nahan tubuhnya. Tapi, waktu tangan Abang nyentuh tanah, Abang langsung memekik.
"Aakkh!"
Arda yang lagi mijitin kaki Abang, sontak noleh ke arah dia. Panik bukan main, ngelihat telapak tangan kanan Abang yang ngeluarin banyak darah. Dia ngeri juga, natap Abang yang lagi ngambil pecahan beling dari tangannya.
"Darah? Rel, lo-lo kena pecahan beling? Astga, Rel." Arda panik, dia ngambil air di sampingnya. Terus ngebilas tangan Abang pake air itu.
Airnya udah habis, tapi darahnya juga belum berhenti.
"Lukanya parah, Rel. Besar banget."
Abang meringis, ngerasain telapak tangannya perih. Darah udah terus ngalir di tangannya, hampir tangan putih Abang itu jadi merah karena darah. Nggak ada cara lain lagi, selain ngelap darah itu ke seragamnya.
"Eh, gila lo, Rel. Nanti ketahuan Mama sama Papa lo gimana? Ngelihat seragam lo banyak darah?" Arda masih berusaha ngeberhentiin tuh darah. Pake kertas buku di ransel Abang.
"Ar, pulang yuk. Lemas banget, nggak kuat lagi." Tubuh Abang tuh, beneran lemas. Mungkin karena banyak darah yang ke luar dari tangannya.
Arda mikir, bentar dulu, dia pengen banget pulang. Tapi, lupa jalan pulang.
"Gue nggak ingat jalannya, Rel. Jarang banget ke sini," ujar Arda lirih. Dia celingak-celinguk dulu. Di sekitarnya cuman ada tumbuhan liar.
"Farrel juga. Jadi gimana Ar? Udah mau gelap lagi. Kita nyasar." Abang ngelihat langit, udah sore emang. Mana Abang takut gelap lagi, apalagi kalau nyasar kayak gini.
"Kita coba cari jalan ke luar, ayo gue bantuin." Arda ngebantuin Abang berdiri, habis itu jalan. Abang masih nahan perih di tangannya, darahnya nasih ngalir. Tapi nggak kayak tadi.
***
Sepuluh menit udah berlalu, akhirnya mereka nemuin jalannya. Jalan raya, yang tadi mereka lewatin. Untungnya lagi, laki-laki itu nggak sampai ngikutin mereka ke sana.
Abang ngejatuhin tubuhnya. Dia megang kakinya. "Ar, kesemutan lagi."
Arda jongkok, dia megang kaki Abang. Tangannya juga ngambil obat yang ada di ransel Abang. Nyuruh Abang minum obat tanpa air. Mungkin kalau minum obat itu, Abang jadi baikkan.
"Nggak menjalar ke tangan, kan?" tanya Arda lagi. Abang menggeleng pelan, dia natap tangannya yang berbalut dasi. Dasinya udah dipenuhin sama darah.
Arda sama Abang lagi nunggu sopir Arda yang katanya lagi di jalan, mau nyemput. Ini udah jam setengah tujuh. Nggak tahu kenapa, jam cepat banget jalan.
"Rel, kuat dulu. Bentar lagi pulang. Apa lo mau ke rumah sakit dulu? Muka lo pucat banget, udah banyak darah yang ke luar dari tangan lo, Rel." Arda memberi senderan kepada Abang. Dia cuman ngegeleng lemah. Abang pengen pulang, nggak mau ke rumah sakit.
Akhirnya, supir Arda dateng. Mereka berdua langsung ngendong Abang ke dalam mobil. Supir itu sempat kaget, ngelihat Abang yang benar-benar lemas. Berdiri aja susah.
***
"Astaga, Abang. Kenapa baru pulang? Sumpah, tadi Tuan Darwin marah-marah, Nyonya juga udah nangis. Ini udah jam tujuh kurang, Bang."
Abang cuman bisa diam, mendengar Bi Dina yang lagi ngomong di depan gerbang rumahnya.
"OH ASTAGA LAGI! DARAH?!" Bi Dina teriak panik, dia meluk Abang erat. Sambil meriksa, mana yang kena darah. Ternyata tangannya yang lagi terluka.
"Ayo masuk, Bang. Makasih ya, den Arda udah nganterin."
Arda ngangguk, habis itu dia pulang. Abang jalan dibantu sama Bi Dina. Telinga Abang udah panas, dengar Bi Dina yang ngoceh mulu. Bilang ini lah, itu lah.
Bi Dina buka pintu rumah, terus masuk. Abang juga ikut. Nah ini yang bikin tegang, ternyata Papa lagi duduk di ruang tamu. Mama juga. Papa natap Abang dari atas sampai bawah, tatapannya dingin banget. Tapi kalau Mama, ada sirat kekecewaan dari matanya.
Wah ini gawat.
**
KAMU SEDANG MEMBACA
Farrel ✔
Teen Fiction[COMPLETED] Hanya sekilas kehidupan Abang bersama Papa gesrek dan Mama tercintah. Warning! Gaya bahasa yang berbeda, absurd beut. Start : 7 Mei 2019 End : 12 September 2019