04. Rebutan Buku

9.5K 683 8
                                    

Pagi-pagi abang udah ganteng aja, udah rapi sama baju sekolahnya. Udah sarapan juga, sekarang tinggal nunggu papa yang lagi minum teh. Ya biasa sih pagi-pagi papa emang minum teh, biar semangat katanya.

"Ayo bang!" Papa udah selesai minum teh. Pamitan dulu sama mama, Farrel juga udah pamitan tadi. Habis itu mereka berdua naik mobil, nganter abang dulu ke sekolah. Baru papa kerja.

***

"Abang, jangan bandel ya di sekolah!"

Abang manggut-manggut aja, males jawab. Pengen cepet-cepet masuk kelas, biar enggak telat.

"Bang! Jawab dong, papa ngomong nih." Papa gemes sendiri sama si abang.

"Iyaa, papa!" Abang masang wajah bete nya. Terus ninggalin papa yang masih di mobil.

Sampai di kelas, Farrel langsung naruh tas. Ngeluarin buku matematika, sama pulpen juga. Terus buat pr deh, kebiasaan si abang emang. Kalau mau buat pr tuh pasti di sekolah. Males kalau di rumah.

"Rel, nyontek dong." Arda, temen sebangku abang dateng. Duduk di samping abang, ngeluarin buku juga.

Farrel nutupin buku tulisnya pake tangan, kesel, kalau udah mau nulis tuh dicontek.

"Rel!" Panggil Arda lagi, dia ngambil buku paket matematikanya abang. Padahal Arda sendiri udah punya.

Farrel ninggalin bukunya sebentar, natap Arda. Alisnya mulai menyatu.

"Buku Arda yang mana? Nanti ketuker gimana? Farrel yang disalahin, Farrel juga enggak inget kode bukunya."

Arda nunjuk buku yang ditangannya. "Ini buku Farrel, udah gue pastiin."

Wajah abang keliatan enggak percaya. Dia nanya terus sama Arda. "Bohong! Mana buku Farrel?"

"Ini buku lo, terus yang ini buku punya gue."

Farrel masih enggak percaya, dia meriksa buku punya Arda. Terus gantian meriksa punyanya. Buku paket mereka tuh baru, iya baru dipake. Masih bersih, disuruh nyampul sih sama bu guru. Tapi mereka tuh orangnya males, jadi enggak disampul. Makanya sekarang mereka jadi bingung sama bukunya. Kalau belajar seperti biasa tuh, si abang biasanya naruh buku paketnya di kolong bangku. Tapi sekarang dia lupa, jadinya gini deh.

"Yang mana Ar? Beneran itu buku Farrel?"

"Iyaa, ini buku lo." Arda nyerahin buku yang tadinya ada di tangannya. Terus dia megang buku aslinya.

"Farrel enggak percaya. Nanti aja cek di perpustakaan."

Arda hela napas, capek banget sih sekarang. Punya temen yang enggak percayaan banget sama temennya sendiri. Sekarang jadinya rebutan buku deh, gara-gara Farrel enggak percaya sama dirinya.

"Farrel! Ini buku lo, ini buku gue. Udah pasti kok, nih liat! Buku punya lo bersih gitu." Arda nunjukkin tuh bukunya abang.

Wajah abang masih cemberut, ngambil buku Arda. Terus naruh buku temennya itu di samping bukunya. Natap terus kedua buku itu. Cukup lama sih, ya tau kan si abang otaknya emang lola.

"Udah ketemu?" Tanya Arda enggak sabaran. Gemes banget sama tingkah Farrel yang kayak gini.

"Tunggu!" Abang masih serius, enggak boleh diganggu sedikitpun. Kalau diganggu, konsentrasinya ilang. Terus bukunya enggak bakalan ketemu.

Arda lagi-lagi hela napas, nahan dagunya pake tangan kirinya. Nungguin Farrel yang lagi liatin buku.

Lama sih, sekitar 4 menit, otaknya abang baru 4G. Dia nyerahin tuh bukunya Arda.

"Bener kan ini buku gue?" Tanya Arda kesel.

Farrel hanya bisa senyum. Senyum manis ala gula. "Iya, hehe."

"Dasar pemanis buatan!"

Farrel ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang