"Papa kecewa sama Abang, udah berbohong kayak gini. Papa nggak pernah ngajarin Abang buat bohong sama orang tua. Tadi Papa ke sekolah, mau mastiin apa benar Abang ada jam pelajaran tambahan. Tapi ternyata nggak. Abang kemana? Kenapa nggak bilang sama siapa-siapa? Kenapa Abang bohong sama Mama, Papa?"
Abang nunduk, mulai merinding. Papa ngomong dingin banget, udah pasti kalau Papa beneran marah. Dan marahnya minta ampun.
"Fa-Farrel, Far-rel ta-tadi—"
"NGOMONG YANG JELAS, BANG?!"
Abang kaget, dia mundur satu langkah. Tubuhnya tiba-tiba hilang keseimbangan. Bi Dina udah ke luar tadi, nggak mau ikut campur.
"Itu kenapa? Bajunya ada darah? Abang habis ngapain?" Papa nanya lagi.
Abang narik napas dalam sambil mejamin matanya. "Fa-Farel ta-tadi non-nonton basket," sahut Abang lirih.
Papa ngusap wajahnya frustasi, bingung kalau gini. Baru pertama kali Abang kayak gini, pulang jam tujuh kurang, dengan seragam yang banyak darah. Apalagi Abang bohong sama orang tua.
"ABANG TAHU NGGAK?! PAPA KHAWATIR DARI TADI! MAMA SAMPAI NANGIS! TAPI ABANG? MALAH BOHONG!"
Braakk
Papa nampar meja, sambil berdiri. Wajah Papa udah merah padam. Ini kali pertama Abang ngedengar Papa marah sampai gebrak meja.
"Pa-pa, maaf Farrel sa-lah." Abang ngeremas seragam yang ada di belakang. Otomatis lukanya semakin parah.
"Tapi Papa udah terlanjur kecewa sama Abang. Papa selama ini batasin waktu jam empat sore itu buat Abang, biar Abang nggak terlalu kecapean, Abang anak tunggal, anak Papa satu-satunya. Papa dengan cara apapun berusaha, buat Abang nggak lecet sedikitpun. Abang lemah, Bang! Lemah! Sebenarnya Abang ngerti! Nggak kayak gini?!"
"Abang udah mulai nakal sekarang, ke luar sampai malam, nggak inget sama Papa, Mama? Daritadi khawatir nungguin Abang. ABANG NGERTI NGGAK?!" Papa nggak bisa nahan emosi lagi, Papa ngeluarin semuanya di ruang tamu. Ruangan itu jadinya merinding.
Mama bangun, megang bahu Papa. "Papa, udah, Pa. Abang juga butuh istirahat."
Papa nggak jawab ucapan Mama. Papa jalan ke arah Abang, masih dengan tatapan tajam. Abang cuman bisa nunduk.
Plaakk
Mama nutupin mulutnya, udah nangis. Nggak percaya sama adegan yang di depan. Papa nampar pipi Abang? Sampai-sampai wajah Abang ngadep ke arah kiri.
"Ubah kelakuan Abang. Papa nggak suka," ujar Papa dingin. Tanpa rasa bersalah pun, dia naik ke atas. Ninggalin Abang yang lagi megang pipinya.
Panas, sakit, perih. Abang bisa rasain pipinya, ditampar sama Papa pertama kali tuh, rasanya nggak enak banget. Apalagi ditambah dadanya yang semakin sesak, nahan nangis daritadi.
Mama ngedeketin Abang, langsung meluk tubuh anaknya. "Abang, udah ya jangan nangis. Maafin Papa, ya?"
Abang masih nunduk. Ngebiarin air matanya jatuh gitu aja, isakkan juga udah kedenger dari bibir Abang. "Fa-Rel sa-lah, hiks, hiks, maafin Farrel, Ma. Farrel anak yang nggak gu-na, hiks, le-mah."
Mama ngusap air mata Abang. "Nggak, Abang nggak lemah. Abang kuat, jangan nangis, nanti Mama nangis juga."
"Coba bilang sama Mama, kenapa ada darah di seragam Abang?"
Abang gelengin kepalanya, dia nyembunyiin tangan kanan yang tadi kena pecahan beling itu di belakang punggungnya.
"Abang," panggil Mama lagi.
Abang masih diam, nggak nyahut. Terpaksa Mama narik paksa tangan Abang, kaget bukan main Mama. Ngelihat tangan Abang yang udah dipenuhin darah, dasi yang dipake itu juga nggak ada gunanya. Tetap aja tembus.
"I-ini kenapa, Bang?"
"Kena pecahan beling."
"Astaga, Abang. Darahnya udah banyak ke luar."
Abang cuman ngangguk pelan. Kakinya udah mulai lemas sama kesemutan, pengen duduk.
"Mama, peluk Farrel," ujar Abang lemah. Mama ngangguk, lantas meluk tubuh Abang erat. Di sanalah Abang mejamin matanya, udah nggak kuat lagi. Semuanya udah hitam.
Mama kaget, tubuh Abang makin berat dipelukkannya. "Abang? Abang bangun yuk, obatin dulu lukanya. Abang? Hey sayang?" Mama beberapa kali nepuk punggung Abang, tapi nggak ada reaksi.
"Nggak mungkin, Abang, bangun sayang. Hey, Abang?" panggil Mama lagi. Tapi nggak ada sahutan. Mama terpaksa ngelepasin pelukkannya. Ternyata Abang udah pingsan.
"Bi Frista, cari Papa, cepat!"
Bi Frista yang lagi lewat, berhenti waktu dipanggil sama Mama. Dia langsung ngangguk, habis itu jalan ke atas. Nyari Papa.
"Abang, yang kuat ya!" Bisik Mama sambil nahan air mata yang ke luar. Nggak tega kalau ngelihat Abang yang udah pingsan kayak gini.
**
KAMU SEDANG MEMBACA
Farrel ✔
Teen Fiction[COMPLETED] Hanya sekilas kehidupan Abang bersama Papa gesrek dan Mama tercintah. Warning! Gaya bahasa yang berbeda, absurd beut. Start : 7 Mei 2019 End : 12 September 2019