Gue gak fokus sama apa yang ibu panti bilang. Mata gue selalu aja lihatin Indira. Dia emang kelemahan gue. Sekarang mata gue kayak kamera. Fokusnya cuma ke dia kagak ke yang lain. Haduh, berat-berat.
"Nak Viny? Denger ibu bilang apa tadi?" gue kaget waktu ibu panti ngegep gue gak fokus sama omongan dia.
"Eh? Maaf Bu. Maaf, hehe. Saya gak fokus. Bisa di ulang lagi?" tanya gue berharap Bu Ida mau kasih gue kesempatan.
"Iya gapapa. Ibu gak masalah kalo Nak Viny itu bantu kita ini. Tapi, Nak Viny masih sekolah. Kalau setiap hari kirim makanan terus buat kita nanti takutnya orang tua Nak Viny jadi kesusahan juga. Lebih baik Nak Viny tabung untuk kuliah. Saya juga ajarkan mandiri anak-anak di sini untuk bisa memasak. Jadi, tidak ketergantungan pada masakan dari luar. Nak Viny tau itu kan?"
"Saya benar-benar gak keberatan kok. Saya seneng aja ke sini. Di kost saya pun sendirian gak ada temen. Kalo tidur sini juga gak boleh sama Bu Ida. Ya kali saya ke sini gak bawa apa-apa. Gak enak bu. Orang tua gak kesusahan, kan ini uang murni tabungan saya," jawab gue sesuai kenyataan.
"Orang tua Nak Viny masih utuh. Dan sayang sama Nak Viny. Kalo tinggal di sini nanti dikira macem-macem sama mulut orang di luar sana,"
"Haha, iya bu. Saya cuma pingin ada temen aja gitu. Di kost bener-bener sepi. Saya kadang takut sendiri di kost. Orang tua kan di luar Jawa. Jadi sering keluar malem gitu sih hehehe. Ya mungkin ada yang bisa temenin saya dari salah satu temen-temen di panti,"
Aduh gue mulai keringet dingin deh. Gue harus yakin ini. Moga aja Indira mau lah tinggal di kost gue kalo boleh.
"Maksudnya?" tanya Bu Ida.
"Saya pingin temen buat saya ajak tinggal di kost. Saya janji kok bakal sering bawa ke sini. Dan janji gak akan nakalin," pinta gue sambil acungin dua jari membentuk V kelangit.
"Hah? Sebentar saya mau tanya sama kamu. Maaf kalau saya bertanya seperti ini. Kamu beneran tertarik sama permepuan?"
Baru kali ini gue deg-degan waktu ditanyain kayak gini sama orang. Walaupun biasanya gue jawab jujur dengan mantap. Buat ini gue beneran deg-degan.
"Saya tau kamu sering ke sini karena Indira," Bu Ida memelankan nada bicaranya. Darimana dia tau? "Saya tau Nak. Jangan kaget. Saya sudah tau sejak setahun yang lalu. Jaket itu sering Indira gunakan saat tidur. Ibu gak masalah kamu suka sama dia. Namun, jika memang dia tau itu Ibu gak mau kamu paksa dia saat dia menolak. Indira anak baik, dia anak broken home. Dia masih bisa mengingat jelas keributan yang pernah terjadi sampai dia ada di sini. Mimpi buruknya selalu hadir kapan saja. Saya harap, kamu jangan hancurkan dia lagi,"
Gue tau kok indira itu korban broken home. Gue juga anak broken home dan mungkin gak separah dia. Beruntung Ayah udah gak ada. Gue gini juga karena dia (ayah). Semoga lo di neraka ya bokap anjing. Syukurnya juga Mama udah punya suami baru yang lebih baik dari bokap dulu.
"Indira,"
"Iya, Bu?" Indira segera ke arah gue dan Bu Ida. Suaranya lembut. Aduh gue malu njir.
"Sini duduk," perintah Bu Ida dan akhirnya dia duduk di sebelah Bu Ida.
Gue cuma dengerin aja apa yang di omongin Bu Ida sama Indira. Ya, gue tau sih banyak penolakan dari Indira. Dia nyaman di sini. Kalo gue paksa rasanya gue jahat banget deh.