tablet/4

59 4 0
                                    

... AING TRIPLE GAYN EHE ...

abis bikin adonan, di ayak biar jadi granul. yg gatau granul bentuknya kek apa, tau tijus kan? nah itu bukan serbuk, tapi granul gaes.

abis diayak, di oven, tunggu sampe kering jadi deh granul ehe.

terus di IPC, uji kemampatan sama laju alir.

kalo yg uji kemampatan itu di masukin ke gelas ukur 100 ml, 30gr granul.

di ketuk sampe 100-200 kali, ga pake alat. jadi manual. gempor ehehe.

terus yg laju alir, itu gimana ya :v
pokoknya pake corong, tingginya 10 cm. berat granul 30gr.

masukin si granul ke corong, tahan ujungnya pake telunjuk. pake stopwatch lagi. lebih dari 10 detik nganu cenah.

jangan lupa dicatet berapa diameter 1&2 nya, terus itung rata-rata diameter. heu.

kelar semua, baru ditambah glidan sama lubrikan. kocok ehe. baru kempa deh~

nah kalo kempa pake mesin :v
cetak sampe 200 tablet.

~~~

abis di cetak, baru IPC tablet~
keragaman bobot, diameter dan tebal tablet, kekerasan tablet dan penetapan kadar zat aktif.

keragaman bobot, ambil 20 tablet, terus timbang. catet jangan forget.

diameter dan tebal tablet, 20 tablet juga (kalo gua make yg abis di uji bobot ehe) pake jangka sorong. sampe sekaran gua gangerti cara makenya, bisanya yg digital :v lemah.
catet juga frend.

kekerasan tablet, ambil 20 tablet bekas 2 pengujian diatas :v alatnya hardness tester manual, jadi diputer sampe pecah.




NAH MASUK KE PENETAPAN KADAR ZAT AKTIF. ini mah sumpahna riweh.

jadi anak ankim (analis kimia/kimia analis) pasti nyaho si buret dkk, yg katanya mahal. tapi emang mahal.

untung pas PKL udah pernah megang, jadi ga kaget :v //soms duls.

dipengujian ini, ngitung kadar zat aktif si pct. metodenya nitrimetri apa titrimetri gitu, jadi ada konspirasi ehe.

pct+etanol 96% sampe larut+ aquades+HCl 4N+KBr 10%

aduk aduk aduk unch.
taruh di atas es batu sampe suhu 15°C.

terus ditambah indikator tropeolin? treopolin? trampolin? intinya ada polin-nya 4 tetes + Methyl blue 1 tetes.

TEDENG!! JADI WARNA UNGU TAPI BIRU gaes.

di titrasi sama NaNO2 sampe TAT (titik akhir titrasi) dari biru jadi hijau toska.

pas itu gua yg titrasi, lagian sebel. 1 buret ada yg megang kerannya, tiangnya, erlenmeyer nya, RUNGSING AJIq.

pas itu bu tiri stay di meja gua, dia bilang "udah ijo kan ya tuh? udahin aja"
ya gua sebagai anak murid kesayangan, nurut dong.

galama si nci nanya "kek gini bukan, yang?"
gua bilang, gatau. terus dia bawa punya gua ke depan bu tiri.

yg bener punya nci.

bu tiri bersabda "hijaunya toska ya, bukan hijau daun"

iya, punya aku tadinya toska, kelamaan jadi daun. TERUS JUGA KAN IBU SENDIRI YG SURUH STOP. AH ZBL. udah mah anuannya geus dibersihin, jadi hanya bisa misuh dalam diam.

udah, sebel bat ingetnya. untung lagi sariawan jadi ga banyak cocot.














































KAPAN-KAPAN LEMBAR JAWABAN YEY!! MARI BERMABOK RIA DENGAN TABLET INI WAHAI SOBAT FARMAKOPE!!


On pharmacist; ClassmateTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang