"Perpisahan terjadi itu semata-mata hanya untuk mendewasakan diri. Bahwa setiap kebersamaan haruslah selalu kita syukuri. Karna kita tidak tahu, kapan Allah mentakdirkan pertemuan indah terjadi lagi."
-Sabrina-
*****
Udara subuh menusuk ke kulit cowok yang sedang berjalan sendirian, dia baru saja melaksanakan sholat subuh di masjid. Cowok berwajah dingin, berpakaian baju taqwa berwarna hitam itu menoleh saat ada anak kecil yang berteriak memanggilnya dari arah belakang, lalu tersenyum.
"Hai bang Abri, jalannya sama Raffi ya," ucap adik kecil itu berjalan disamping Sabrin.
"Hai boy, ayok!!"
"Tumben ga bareng ayah?" tanya Sabrin mengacak rambut adik kecil yang dipanggil Boy itu.
"Ayah udah pulang duluan bang, Raffi di tinggal lagi," jawab sikecil yang bernama Raffi.
Raffi itu tetangga Sabrin, tepatnya disamping kiri rumahnya Sabrin. Raffi mengingatkannya pada masa kecil yang selalu diajak ayah ikut sholat di masjid, tetapi pas pulang selalu ditinggal karna ayah buru-buru harus segera pergi ke rumah sakit.
Menanggapi itu, Sabrin terkekeh, "Dulu abang juga sering ditinggal kayak Raffi." Sabrin tersenyum mengingat kejadian beberapa tahun lalu. Dimana saat itu Sabrin selalu tertawa bersama ayah.
Sabrin rindu ayah.
"Sama ayah bang Abri?"
"Iya."
Sabrin tersenyum mengejek dirinya sendiri, dia baru sadar kalau dirinya sudah terlatih ditinggal dari dulu sampai sekarang. Bahwa Sabrin, selalu berteman dengan kesendirian.
Sabrin seperti biasa berjalan bergandengan sampai kerumah Raffi, mengantarkan Raffi dengan selamat dan pamit pulang.
Sabrin masuk kerumah dan langsung disambut dengan keheningan. Sepi. Apalagi mulai minggu depan. Kedua orang tuanya akan pindah ke Malaysia. Apa boleh buat? Sudah jadi kebiasaan bagi Sabrin, berteman dengan sepi.
Sabrin berjalan masuk ke kamarnya, ingin mengistirahatkan badan lagi. Sabrin menghempaskan badannya keatas kasur merentangkan tangan dan kakinya. Melihat langit-langit berwarna putih diatas sana.
Suasana hati Sabrin tidak enak sekarang, perdebatan kemarin dengan Sabrina bukan hal yang ingin dia lakukan. Saat Sabrina berteriak memanggilnya, Sabrin tak pernah melihat ke belakang lagi. Itu kali pertama Sabrin meninggalkan Sabrina, membuat hatinya selalu cemas dari sore kemarin.
Sabrina dari dulu tidak biasa mendengarkan kata-kata yang menyakiti hatinya. Jika hatinya tersentuh oleh kata-kata tajam keluar dari mulut seseorang, Sabrina lakukan hanya menangis tanpa mengeluarkan suara.
Apa... sekarang Sabrina tengah menangis?
Apa... Sabrina akan membenci Sabrin?
Apa... Sabrina baik-baik saja?
Kenapa Sabrin dengan teganya mengeluarkan kata-kata semenyakitkan itu? Sabrina tidak salah apa-apa. Malah sampai sekarang, Sabrina lah yang selalu ada buat Sabrin.
Apa yang harus Sabrin lakukan sekarang? Ia harus meminta maaf sekarang juga. sabrin tak mau Sabrina membencinya. Sungguh, Sabrin benar-benar sudah gila.
*****
Dipagi itu, ditempat lain seseorang tengah berusaha membukakan matanya. Sayup-sayup ia mendengar suara panggilan untuknya, tangan kirinya digenggam oleh tangan lebar seseorang. Sesekali dikecup dan ditempel dipipi entah siapa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sabrina [SUDAH TERBIT]
SpiritualSabrina Humairah Putri. Ada yang sanggup seperti Sabrina? Semua kehidupan Sabrina berubah setelah dia dipisahkan oleh ayahnya dengan saudara kembarnya sendiri. Perpisahan cukup lama itu, membuatnya belajar banyak hal. Yang pasti, belajar sabar. Tapi...