Tiga

13K 895 91
                                    

Gilaak... ngelamar jadi istri TNI ternyata lebih ribet daripada ngelamar kerja. 

Dokumen yang harus gue lengkapi kalau dijadiin satu udah setebel skripsi. Iya bener, mana nyarinya harus pontang panting sana sini. Dari kelurahan, ke kepolisian, lapor ke kodim, legalisir ke kecamatan, trus ke dukcapil, balik lagi ke kelurahan. Gitu terus sampai ayam telurnya kotak. Gempor kaki gue rasanya. 

Itu baru dokumen. Belum tes-tes lainnya. Ada tes litsus dimana gue diberondong pertanyaan berkaitan dengan integritas kewarganegaraan dan Pancasila. Habis itu diboyong ke rumah sakit buat tes kesehatan. Ada juga pembinaan mental dimana keyakinan gue digempur habis-habisan. Pada intinya, jadi istri TNI itu bukan untuk wanita manja dan menye-menye. Harus siap ditinggal kapanpun, harus bisa mandiri ngapain aja tanpa bergantung sama suami, harus mau dinomor duakan, dan harus patuh pada peraturan dan kode etik yang telah ditetapkan. 

Jam tujuh tadi gue flight ke Jogja. Setibanya di Bandar Udara Adisucipto, gue dijemput sama orang suruhannya Kendra dan dianter sampe ke Batalyon Armed 11/Guntur Geni, Magelang. Sejak mulai aktif bekerja, calon suami gue itu emang dialih tempatkan ke Magelang. Jadilah sekarang kita harus laporan dulu ke batalyonnya sebelum bisa lanjut daftar KUA. Huh, ribet emang. 

Mana tadi gue cuma bisa ketemu bentar lagi. Selesai lapor dia langsung balik kerja. Cuma sempet nganterin gue ke mobil. Jahat banget nggak? Padahal kan gue masih pengen kangen-kangenan.

Terakhir kali ndusel Kendra tuh waktu kita jajan ubo rampe malam pertama. Itupun besoknya Kendra udah harus balik ke Magelang karena dinas. Komunikasi kita selama ini cuma sekedar chatting sama video call. Itu pun belum tentu segera dibales sama Kendra. Mau gue susulin ke Magelang nggak boleh sama Papa. Katanya pamali kalau mau nikah sering ketemu. Kendra juga setuju-setuju aja waktu disuruh jangan nemuin gue dulu. Pada nggak peduli perasaan gue emang. MANA BISA GUE DIGINIIN...!!!

Dari Magelang gue balik lagi ke Jogja, ke rumah Papa yang dulu ditinggali saat Mama masih ada. Papa pernah bilang kalau udah pensiun nanti, dia pengen stay di Jogja. Katanya sih Jogja menyimpan banyak kenangan buat Papa dan Mama. Ditambah lagi makam Mama juga ada di kota ini, jadi Papa semakin ngerasa dekat sama Mama di sini. 

"Papa nanti sama siapa kalau mau tinggal di Jogja?" pernah gue nanya gitu pada suatu hari.

"Di Jakarta juga nanti Papa sama siapa? Orang kamu udah mau nikah. Harus ikut suami kemana-mana"

Gue diem. Perasaan gue bener-bener campur aduk. Di satu sisi gue nggak tega ninggalin Papa tinggal sendirian, tapi di sisi lain gue terikat peraturan, dimana harus setia ikut suami bekerja. Untung aja rumah sakit tempat gue kerja tuh rumah sakit militer di bawah naungan Kesdam, jadi cukup gampang minta pindahnya. Apalagi ada sisa-sisa power bokap gue yang masih bisa dimanfaatin buat lobi sana lobi sini.

"Papa tinggal sama Khanza aja nanti ya Pa ya.."

"Nggak ah, Papa di Jogja aja. Biar deket sama Mama"

"Papa.." gue udah mau mewek.

"Nduk, kamu itu nanti kalau udah jadi istri orang bukan tanggung jawab Papa lagi. Bakti kamu juga udah buat suami. Nggak usah khawatirin Papa. Papa tuh masih muda ini lho. Badan juga masih segar bugar gini. Masih sanggup berkarya. Kamu fokus aja berbakti sama suami kamu. Berat loh punya suami tentara tuh"

Papa emang udah ada rencana mau buka usaha cafe and resto di Jogja setelah pensiun. Persiapannya udah dari jauh-jauh hari. Selain punya hobi minum kopi, Papa juga suka ngeraciknya. Malahan udah mengantongi sertifikat Caswell's Coffee Lab. Terniat nggak bokap gue..

Sebelum pensiun Papa udah belajar dikit-dikit ilmunya ngurus cafe dari ikatan pensiunan TNI yang punya bisnis serupa di Jakarta. Dan sekarang Papa mau bikin usaha mandiri di kawasan Bukit Bintang. Makanya belakangan ini Papa sering mondar-mandi Jogja-Jakarta. Kaya sekarang nih, Papa lagi menikmati secangkir kopi Wamena di teras rumah kita di sudut kota Jogja.

HorizonTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang