Epilog

9.5K 718 216
                                    

Tiga tahun kemudian...

"Sasa..! Anak lo nyosorin anak gue!" teriak tetangga sebelah yang dari tadi gerubugan karena jadi baby sitter dua bocah. Anak laki-laki titisannya Mas Kenken dan putri kecil Satriya yang cantik jelita tiada tara, tapi tetep kecantikannya masih satu tingkat di bawah gue. Ya secara kan gue kloningan bidadari, nggak akan terkalahkan gitu.

"Namanya juga bayik. Udah biarin aja" gue teriak dari kaca jendela. Huh, ganggu aja sih.. orang lagi pacaran sama Mamas.

"Lo sih enak anaknya lakik. Anak gue cewek woi! Ternodai sudah bibir suci anak gue" dia mewek-mewek frustasi. "Allahuakbar, siapa yang ngajarin dedek nyosor sambil diisep-isep gitu. Aduh dek.. udah!!"suara kikikan anak gue diselingi suara omelan Satriya menggelegar di rumah sebelah. Mana Talitha lagi pergi belanja, jadi lah Omsat kelabakan sendiri. Sekarang kepalanya nongol dari balik tirai jendela, lengkap dengan bahu terselampir alat gendongan bayi, susu di tangan kanan kanan dan kecrekan bayi di tangan kiri. "Woi orang tua mesum. Makanya kalau lagi adegan dewasa jangan di depan anak kecil. Jadi ditiru kan!" dia ngelempar kecrekan bayi mengenai kaca rumah gue.

Gantian gue lemparin kacanya pake bekas popok si dedek. Rasain..

"Sasa..!" teriakannya melengking sempurna.

"Biar aku jemput aja si dedek. Kamu siap-siap sana" Mas suami beranjak dari nindihin gue.

"Biarin aja.. si dedek lagi ngapel, jangan diganggu" gue narik lagi Mamas biar tetep di atas gue.

"Katanya mau ke tempat Papa, nanti keburu siang" dia memaki kembali kaosnya.

"Ya udah, sekalian dedek dimandiin ya. Aku siap-siapnya lama"

"Iya nyah.. iya"

Sambil menikmati guyuran air di kamar mandi, telinga gue tulikan dari hiruk pikuk dan hingar binggar diluar sana. Sudah gue duga, kalau mainnya belum kelar dedek nggak bakalan mau diajak pulang.

"Mandi dulu dek, nanti main lagi" ucap Suami gue menenangkan si dedek yang berontak menendang-nendang minta dilepaskan dari gendongan. Mana sambil nangis kejer gitu lagi. Biarlah Mas suami yang ngurusin, gue mau asik-asikan aja main air.

"Tuh mandinya sama bebek. Lucu kan bebeknya, bibirnya monyong-monyong kayak dedek canci ya?"

Membujuk dedek yang lagi nggak mau dipisahin sama bidadari sebelah rumah itu susah banget.

"Dek jangan lari-larian aduh... Nggak pake baju itu, malu..!" tuh kan bener, suara langkah Mas suami berkejar-kejaran dengan kikikan tawa si kecil.

Grompyang... Tuing.. Bruk.. Pyaar..!

Gue menghela nafas. Barang apa lagi yang dirusak dedek kali ini? Terakhir kali gue harus mengungsikan semua vas bunga di rumah karena tangan usil dedek. Belum lagi koleksi keramik mahal dan barang pecah belah yang harus disegel untuk sementara waktu.

"Dedek jangan.. itu make up Mami..!"

Prang..!

Hah? Apa? Make up gue?

Masih dengan badan penuh sabun, kepala gue nongol dari pintu kamar mandi.

"PAPI..!!!" teriakan gue menggelegar.

"Nanti Papi beliin lagi Mi! Dedek jangan!! Lipstik Mami aduh.." suaranya menghilang seiring langkah dedek yang entah menuju ruang mana lagi.

Gubrak..prang..!

Gue yakin itu dari arah dapur. Cepet-cepet gue bilas badan gue dan ngambil handuk. Jangan sampai dapur gue jadi lautan beras dan tepung seperti beberapa hari yang lalu.

HorizonTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang