rumah bapak dongawokwok hari ini rame banget. gimana nggak? semua temennya mas hangyul dan temennya dek dohyon dipanggil ke rumah. siapa lagi kalau bukan ibuk cantik yang ngelakuin.
mau ngerayain ultah mas hangyul, katanya.
ruang tamu yang biasanya selalu rapih dan monotone, sekarang udah dihias sama beragam macam barang. tembok yang biasanya selalu putih udah ditempelin balon. di meja tengah ada kue gambar roboccar poli—mas hangyul's favorite character.
keliatan beberapa anak yang lebih tua lagi asik bantuin bapak ngangkat-ngangkatin kursi ke taman belakang. yang muda pada asik main adu panco—dek dohyon kalah sama jinwoo, terus mukanya udah penuh lipstick makeover kepunyaan ibuk.
mas hangyul-nya gak ada, lagi keluar sama dongpyo dan wooseok. sengaja. jadi—rencana ibuk cantik—dongpyo, tadinya dohyon tapi si dedek gak mau, dan wooseok disuruh culik hangyul dulu. soalnya kebetulan banget hangyul ulangtahun tuh pas lagi banyak sale di guardian dan watsons. secara, wooseok sama dongpyo hobby banget skinkeran.
awalnya mas hangyul udah nolak pas dongpyo ngechat, tapi akhirnya di-iya in juga setelah diiming-iming bakal ditraktir nonton Frozen 2.
sekarang mereka semua lagi nunggu mas hangyul. tadi dongpyo udah ngabarin kalau mereka udah on the way pulang. mas hangyul juga gak curiga pas dongpyo dan wooseok minta mereka buat mampir ke rumahnya—anaknya lagi seru bahas kecantikan elsa soalnya.
"buk, belum sampe?" tanya bapak yang sekarang lagi kutangan doang—gerah, keringetan, habis angkatin barang.
padahal bapak cuma nyuruh anak-anak aja, tapi dia yang paling kegerah. seungwoo dan yuvin yang ngangkat paling berat dan banyak aja sekarang masih asik ketawa, gak ada muka capeknya.
ibuk geleng, rambut ibuk yang dicepol goyang-goyang lucu, bikin ibuk keliatan makin muda. aduh, si bapak makin jatuh cinta. "belum. udah deket sih, bentar lagi paling."
terus bapak duduk di sofa, pegel katanya. gak tau juga apa yang dipegelin.
tiba-tiba aja suara mobil mas hangyul—bapak yang beliin—kedengeran. semua pada panik. pada sibuk ngeshush satu sama lain. semua udah siap pake topi kerucut masing-masing. seungyoun, seungwoo, jinhyuk spesial—mereka pake kaos yang tulisannya "ba gol 💗"
pas liat ada yang jalan, semua langsung buru-buru teriak "SURPRISEEEE." padahal yang jalan bukan mas hangyul—tapi wooseok. mas hangyul-nya masih buka sepatu.
"HAHAHAHA," hangyul ketawa, kenceng banget. gigi bayi-nya sampe keliatan jelas.
"ini surprisein buat aku?" tanyanya ke seisi rumah.
ibuk udah ngambek, tapi tetep nyamperin mas hangyul sambil bawa-bawa kue roboccar poli yang lilin-nya udah dinyalain. ibuk senyum, manis banget. matanya berkaca-kaca.
"apaan sih buk kok matanya nangis gitu," ledek hangyul. tangannya ngusapi pipi ibuk, sayang banget.
"tiup dong mas lilinnya, ibuk pegel nih."
hangyul ketawa, terus dia natap sekelilingnya. "makasih surprise gagal-nya ya." hangyul senyum, tulus banget. terus dia nutup mata, tangannya ditaro di depan dada—berdoa, sebelum akhirnya hangyul niup lilin-nya sampe padam.
habis itu ditepuk tangan-in, dek dohyon paling heboh. seneng dia karena bisa makan kuenya. bapak ngerangkul mas hangyul, anak lanangnya digoyang-goyang.
"le, udah gede. jangan aneh-aneh." udah, gitu doang. tapi hangyul tau banget, ada sejuta doa tersimpan di dalemnya.
beda lagi sama ibuk yang sekarang beneran udah nangis, bikin hangyul ketawa. ibuk diciumin sama hangyul, semuka-muka. bolak-balik. sampe ibuk berhenti meweknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
tongkrongan pdx101.
Fanfictionkalau udah capek kelas, enaknya nongkrong. warn!bxb lowercase, for i prefer it that way.