Bertanggung jawab

1.2K 185 22
                                    

Demi Allah saya akan bertanggung jawab karena perbuatan saya

-Ham Wonjin-

Brak! Gue ngebuka pintu dengan cara di tendang. Sumpah, gue marah banget sama cowo sinting yang lagi ngintilin gue di belakang. Pas denger suara gebrakan pintu, si cowo sinting itu lagi-lagi ngucapin kata "Astagfirullah."

Gue bener-bener gak ngerti apa yang dia ucapin beneran.

"Mah! Mamah!" Gue nangis pas liat mamah yang lagi nonton tv.

Mamah langsung natap ke arah gue bingung. Terus mamah berdiri dan menghampiri gue yang tangisnya gak karu-karuan.

"Kenapa? Ada apa Dhey?" Tanya mamah yang langsung meluk gue.

"Ini siapa lagi? Temen kamu?" Tanya mamah lagi pas gue terus aja nangis gak mau jawab pertanyaannya.

"Maaf tante, boleh saya jelaskan?" Kata cowo sinting itu.

"Iya."

"Jadi gini, tadi saya baru pulang dari superbelanja di perempatan kompleks, terus saya lihat anak tante lagi tergeletak di aspal, dan samar-samar saya liat seorang cowo berada di atas tubuh anak tante nah-" belum juga si cowo sinting itu selesai ngejelasin, mamah udah melotot ke arah gue. Gue yang udah berenti nangis, kali ini nangis lagi. Ah elah.

"Apa? Kamu bilang ke mamah tadi cuma mau main sama temen! Tapi apa? Hah? Apa yang kamu lakuin?" Tanya mamah bertubi-tubi. Dan itu di ucapkan secara tidak selo guys. Oh, baru kali ini gue di bentak-bentak sama mommy.

"Bukan seperti itu tante. Tolong dengarkan saya dan jangan potong penjelasan saya."

Cowo sinting itu menghela nafas, tangis gue ikut reda pas cowo itu mau jelasin yang sebenernya. "Maksud saya berada di atas tubuh anak tante itu bukan seperti apa yang tante bayangkan. Aduh saya susah jelasinnya tante."

Gue misuh aja gegara cowo itu susah banget ngejelasinnya. " intinya gini, preman itu ngambil tas anak tante, mungkin sebelumnya dia mendorong anak tante, lalu hendak mengambil tas miliknya, tapi karena keadaan kompleks yang lumayan gelap itu, saya jadi melihat tidak jelas. Bahkan pikiran saya sempat negatif, maafkan saya tante," jelas cowo itu.

Nyokap gue cuma bisa diem kek monyet yang lagi patah hati. Eh maaf mah, bukan masalah nyamain, itu cuma perumpamaan. Setelah itu, mamah cuma ngangguk-ngangguk, terus nyuruh cowo sinting itu duduk di depan tv. Gue sama mamah pun duduk, ya secara tamu di suruh duduk, masa tuan rumahnya nggak. Kan aneh.

"Oh seperti itu. Gapapa kok, maklum lah, namanya juga perasaan, pasti ada negatif sama positifnya," ucap mamah lembut, kek biasanya.

Gue dikit-dikit ngusap ingus yang keluar terus-terusan. Oh M Ji.

"Kamu anak baru di sini ya? Nama kamu siapa?" Tanya mamah. Ngapain sih nanya-nanya. Gak penting banget.

"Iya tante, saya pindahan tadi sore. Nama saya Ham Wonjin tante." Cowo itu tersenyum ke arah mamah, lalu mengalihkan pandangan ke ubin. Ada apa sih? Dari tadi nunduk mulu tuh orang. Heran gue.

"Maaf sebelumnya tante, atas kehilangan tas anak tante. Saya akan ganti semua barang yang ada disana. Tapi saya harus pamit sekarang, karena takutnya Umi nyariin saya tante."

"Oh gak usah di ganti. Palingan cuma barang gak penting, toh Dhea belum punya KTP sama SIM, jadi gak ada barang yang penting."

"Tapi mah, ada handphone sama uang jajan Dhea selama satu bulan," rengek gue yang lagi-lagi ngeluarin air mata. Ah elah, nih mata lagi kebanjiran apa gimana sih? Nangis mulu perasaan.

"Itu buat pelajaran kamu biar gak main terus. Mamah gak akan ganti rugi atas semua barang yang hilang itu."

"Tante, nanti saya ganti aja ya?" Tawar Wonjin.

"Gausah. Kamu pulang aja sekarang, sampein salam dari tante ke bunda kamu ya."

"Iya tante, kapan-kapan main aja, rumah saya ada di depan rumah tante kok. Persis banget."

Wonjin nyium tangan nyokap gue, terus pamit tanpa ganti rugi. Ya ampun! Duit sama handphone gue ilang huaaa...

Setelah Wonjin keluar dari rumah gue, langsung aja gue semprot nyokap gue dengan tangisan-tangisan. Dan kalian tau apa yang terjadi? Bukannya simpati dan empati, nyokap gue malah  nyukurin gue coba, abis itu gue kena hukuman lagi. Yaitu bimbel tanpa di beri ponsel baru dan uang jajan.

𝐁𝐔𝐊𝐀𝐍 𝐔𝐒𝐓𝐀𝐃𝐙 [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang