Pantes aja kelakuan kamu di luar batas. Ternyata hidup kamu monoton, kaya hatiku yang belum menemukan wanita yang cocok dengan kriteria
-Ham Wonjin-
Baru aja gue pulang, gue langsung di suruh bimbel. Dan kalian tau gue bimbel dimana dan siapa guru bimbelnya?
Bimbelnya di rumah gue sih, katanya biar nyokap bisa ngawasin gue pas belajar. Dan gurunya? Gue gak tau. Masih jadi misteri, jadi mending gue duduk manis aja di ruang tamu.
Karena sekarang gue gak punya hp, gue cuma kelosotan di sofa, di lantai, di karpet, pokonya udah kaya kucing rumahan yang gak di perbolehin keluar rumah sama majikannya. Gak jadi duduk manisnya
Gue mainin jari kek bocah ingusan yang gak ngerti apa-apa. Mau ngemil gak ada makanan, mau nonton tv mager pindah. Yaudah deh, nunggu aja.
Btw, gue udah nunggu hampir 20 menit tapi gurunya gak muncul-muncul.
"Bismillah, Assalammualaikum."
Gue langsung berdiri dari karpet. Di pintu ada Wonjin yang bawa buku banyak.
"Ngapain kesini?" Tanya gue tetep ketus kaya biasanya.
"Bukannya jawab salam saya, malah nanya ngapain kesini."
"Emang ini rumah kamu?" Tanya Wonjin."Ya iyalah, ini rumah gue, masa rumah monyet," bales gue sensi. Gue duduk di sofa, kaki gue ikut ke atasin.
"Emang sertifikatnya atas nama kamu?"
"Ya..ya emang bukan sih, tapi ini kan rumah nyokap sama bokap gue."
"Berarti bukan punya kamu. Kalau ini rumah kamu, berarti belinya pake uang kamu."
"Iya gue yang salah."
Wonjin cuma bisa cekikikan. Dikira lucu kali ya, gedek banget sama nih orang deh.
"Gue tanya tadi, lo ngapain ke sini?" Tanya gue ngulang.
"Saya di suruh ikut bimbel disini," jawab Wonjin. Tuh orang sinting masih aja di ambang pintu, gak mau masuk ato gimana sih?.
"Kalo gitu, ngapain lo diem aja disitu?" Tanya gue.
"Kan saya belum di suruh masuk,"
"Yaudah sih masuk aja. Gaya lo gak usah kampungan deh. Ini tuh di kota, kalo bertamu ya langsung masuk aja," ucap gue asal, moga aja gak nyakitin hatinya. Hehe.
"Tidak apa-apa saya di bilang kampungan, yang penting saya tidak keluar dari ajaran agama islam."
Gue cuma nganggukin kepala sebagai Atheis. Keliatannya tuh enak kalo punya agama. Hidupnya kaya teratur. Tapi nenek selalu bilang kalo itu cuma pikiran gak penting.
"Beneran saya boleh masuk?" Yailah nih orang, tinggal masuk aja masih banyak tanya. Bener-bener gedek gue.
"Iya udah... MASUK!!" Teriak gue.
"Dhea, jangan teriak-teriak!" Omel mamah dari dapur.
Gue cuma berdehem pelan. Gatau kedenger sama mami, gatau nggak. Bodoamat.
"Kalo ngebales ucapan orang tua itu yang sopan," peringat Wonjin.
"Ya serah gue lah, ngapain lo ngatur-ngatur?"
"Ya kan itu demi kebaikan kamu juga," ucap Wonjin.
"Kebaikan gue itu, gimana kelakuan gue. Kalo misalkan gue suka ngelakuin hal itu, berarti itu baik buat gue."
"Terkadang, semua yang kita sukai tidak akan selamanya berdampak baik buat kita," bantah Wonjin.
"Ya itu terkadang. Lagian yaudah sih sewot banget. Kan lo bukan siapa-siapa gue," elak gue.
"Saya kan tetangga kamu. Sebagai tetangga yang baik, saya memperingatkan kamu ke dalam kebaikan."
"Udah ah, males ngomong sama lo. Rese! Gak mau ngalah sama cewe."
"Saya gak mau ngalah karena kamu susah."
"Susah apanya?"
"Susah di bilangin. Kalo suatu saat nanti kamu punya suami, terus suami kamu ngajarin kamu kedalam kebaikan, kamu bakalan bantah kaya kamu ngebantah ucapan saya?" Tanya Wonjin.
"Ngapain mikirin yang belum kejadian sih? Gue masih lama kali pengen nikahnya. Lagian buat apa sih nikah? Kan enak hidup kaya gini. Seneng-seneng bareng temen. Ngabisin weekend bareng mami sama papi."
"Nikah itu di sunnahkan dalam islam. Tujuan nikah itu untuk beribadah kepada Allah."
"Lah itu kan islam, lah gue kan bukan orang islam, jadi terserah gue mau gimana aja."
Pas denger kalimat gue, Wonjin langsung kaget. Dan kagetnya udah kaya orang oon gitu.
"Biasa aja kali kagetnya!" Gue negur Wonjin yang masih aja cengos.
Wonjin masih gak percaya sama omongan gue. Mungkin. Gak lama, mamah dateng terus minta Wonjin buat nyamperin dia di dapur. Abis ngedenger perintah dari nyokap gue, Wonjin langsung capcus. Dan gue diem lagi kek orang bisu sambil nunggu guru bimbel.
Ya elah, udah mau setengah six nih. Kok gurunya masih gak muncul?