Bebek-bebek

347 110 0
                                    

Walaupun konyol, tapi gue bahagia karena lo, Wonjin.

-Dhea Andita Yuonendra-



Takdir Allah memang luar biasa. Gak lama pas Omah sampai rumah sakit, beliau harus pergi ninggalin kita semua. Untung aja kita udah sempet meminta maaf. Namanya juga keluarga, jika di tinggal orang yang di sayang pasti tidak akan rela begitu saja. Kaya kita saat ini.

Ruangan yang di pesen buat ngerawat Omah penuh dengan isak tangis. Termasuk juga gue. Gue nangis gak karu-karuan. Jelas aja, Omah selama ini sayang banget sama gue, lembut, perhatian, dan selaly nurutin apa yang gue mau. Dan sekarang, gue malah di tinggal sama Omah.

Papah juga. Dia nangis kaya gue. Mamah juga sama. Kalo abah, dia berdoa buat Omah. Kadang, ngusap area mata yang tiba-tiba keluar air.

Kenapa abah nangis? Batin gue.

"Permisi pak, kita akan bawa Jenazah ke ruangannya." Dua orang perawat cowo dateng.

Pas udah dapet izin dari mamah sama papah, dua orang itu bawa Omah ke ruang Jenazah. Terus gue, papah sama mamah saling berpelukan ngelepas kesedihan.

***

Setelah hari ke tujuh pemakaman Omah, hari gue masih aja gundah. Kadang gue nangis kalo inget sama Omah.

"Udah Dhea, jangan sedih."

Cuma Wonjin yang selalu ngebujuk gue, disaat hati gue lagi buruk. Is the best pokoknya.

"Gue ngerasa bersalah aja sama Omah, Jin."

"Maksud kamu, kamu menyesal masuk Islam?" Tanya Wonjin gak ngerti.

"Bukan itu, tapi gue gak enak karena gue gak ngomong dari sebelumnya, Jin. Kalo gue ngomong dari sebelumnya, pasti Omah gak bakal kaya gini," sesal gue.

"Dhea, ini semua namanya takdir. Manusia yang hidup di dunia, pasti bakal ngerasain mati. Jadi kamu jangan pernah menyesali apapun yang udah terjadi. Karena, itu sama saja kamu menyesali takdir Allah yang udah di buat untuk kamu."

"Kalo kamu sayang sama Omah kamu, berdoa terus buat dia. Bacain dia surat yasin dan surat pendek. Pasti Omah bakal seneng," tambah Wonjin berusaha ngehibur gue.

Gue cuma diem aja. Ucapan Wonjin semuanya bener.

"Yaudah, gue bakal ikhlasin Omah. Ya, walaupun gue gak langsung bisa."

"Gapapa Dhea, semua hal itu butuh proses. Yang penting, perlahan tapi pasti," ucap Wonjin. Gue cuma ngangguk.

"Yaudah, kalo gitu kita langsung kasih makan aja ke bebeknya," ajak Wonjin.

Dengan malas dan berat hati, gue beranjak ke kandang bebek bareng Wonjin. Langsung aja tuh bebek-bebeknya pada nyamperin kita dan ngerubungin kita.

Wonjin ketawa-ketiwi liat muka gue yang dari tadi di tekuk.

"Ngapain ketawa?" Tanya gue.

"Haha.. kamu itu, bukannya seneng pas di samperin fans, eh malah cemberut."

Gue gak ngerti sama ucapan Wonjin. Ah bukan gue yang gak ngerti, mungkin Wonjin aja yang ngelantur.

"Apasih? Gak jelas banget sih lo," dengus gue.

"Nih, coba kamu bayangin. Kita ini kaya artis yang lagi ketemu para fans. Mereka pasti bakal ngerubungin kita kaya bebek-bebek ini," jelas Wonjin sambil nunjuk ke arah bebek-bebek yang kayaknya udah gak tahan liat makanan.

Gue berusaha nyerna omongan Wonjin dengan baik. Pas Wonjin ngasih makan ke bebek-bebek itu, gue baru ngeh. Dan langsung ketawa.

"Ada apa Dhea?" Tanya Wonjin yang kayaknya kaget.

"Bener kata lo, Jin. Liat bebek-bebeknya pada ngerubungin kita. Kita kek artis beneran. Hahaha.."

"Ayo sapa bebek-bebeknya kalo gitu. Abis di sapa, kasih mereka makanan, pasti mereka laper."

Dengan ide gila Wonjin itu, gue nyapa si bebek-bebek sambil dadah-dadah. Abis nyapa, gue langsung kasih makan tuh bebek. Terus gue sama Wonjin langsung ketawa puas.

Mungkin ide konyol itu bisa menghibur siri sendiri di kala susah.

"Kalo gitu, kita pulang ke pesantren lagi aja," ajak Wonjn.

"Gak ada pekerjaan lain?"

"Nggak Dhea. Semua udah beres kok."

"Yaudah deh kalo gitu."

Akhirnya kita berdua balik ke pesantren. Toh juga, bentar lagi adzan magrib berkumandang.






Scroll⬇

𝐁𝐔𝐊𝐀𝐍 𝐔𝐒𝐓𝐀𝐃𝐙 [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang