Ayah

3.2K 345 30
                                    

Ayah dulu pernah cerita, kalau dapetin bunda itu susah banget. Kayak ambil buah mangga tetangga yang tinggal sebiji, ibarat mau diambil pasti ketahuan kalau gak diambil juga sayang. Ya, Ayah bilang seperti itu. Dulu cerita nya suka sambil mainin burung di luar rumah, Juna suka bantuin, maksutnya bantuin temenin ngobrol soalnya Juna nggak suka sama hewan. Jadi Juna suka nangkring ngemil kue Bunda yang gagal sambil lihatin Ayah aja.

Ayah sama Bunda katanya dulu musuhan, lebih tepatnya Bunda yang nggak suka banget sama Ayah. Katanya sih, Ayah suka maksa Bunda buat suka sama Ayah tapi kan perasaan nggak bisa dipaksa jadi akhirnya Bunda pacaran sama sepupu Ayah. Nama nya Om Rizal, dia anak paling ganteng dikeluarga jadi waktu Bunda pacaran sama Om Rizal Ayah suka uring uringan, Cemburu katanya. Tapi aneh nya Bunda sama Om Rizal sekarang bisa biasa biasa aja, nggak canggung juga. Katanya sih kalau masa lalu ya sudah biarin aja nggak usah diungkit lagi. Om Rizal juga udah nikah sekarang, baru beberapa minggu kemaren nama istrinya Tante Nana. Cantik banget.

Balik ke ceritanya Ayah, setelah Bunda udah putus sama Om Rizal, Bunda langsung nggak mau berurusan sama keluarga Sanjaya lagi. Padahal Bunda dulu salah satu model di rumah produksi milik kakek, sampai belain buat resaign karena nggak mau ketemu sama keluarga mantan nya. Mungkin sudah jodoh, Kakek menjodohkan Ayah sama seseorang. Karena capek ditolak Bunda selama bertahun tahun akhirnya Ayah nyerah dan memilih untuk menerima perjodohan. Eh nggak tau nya malah Bunda yang dijodohin sama Ayah.

Terus Ayah bilang, "Tau gitu Ayah nggak usah nahan sakit hati kan buat deketin Bundamu, biar langsung suruh kakek aja jodohin. Kenapa ya waktu itu Ayah sok nolak bilang kalau bakalan cari cinta Ayah sendiri, padahal cinta Ayah udah disiapin sama Kakekmu" Juna hanya menganguk paham, lalu memberikan sebungkus makanan burung pada Ayah dan kembali duduk anteng.

Tentu saja bunda nggak semena mena mau sama Ayah, melakukan pendekatan hampir 7 bulan baru deh Bunda luluh dan mau nikah sama Ayah. Selama 6 bulan pernikahan juga Bunda tidak bersikap baik pada Ayah, mungkin karena belum terlalu mencintai. Ayah tetep usaha buat Bunda aman dan nyaman kalau deket sama Ayah, pokoknya Ayah bilang kalau Ayah jadi pelindung Bunda dari sindiran kelurga besar Sanjaya. Karena dulu pernah pacaran dengan sepupu dan sekarang nikah sama penerus satu satu nya keluarga, tentu saja membuat Bunda dalam posisi sulit berada didalam lingkaran keluarga Sanjaya. Bahkan Bunda masih canggung sampai detik ini.

Ayah bercerita juga, mendapat anak perempuan dari Bunda merupakan suatu kebanggan. Ayah pernah bilang kalau Kakak Kyra hasil kecelakaan paling indah, di 1 tahun pernikahan Ayah sama Bunda pernah dalam keadaan kalut tertimpa masalah sehingga membuat mereka melakukan hal yang sudah biasa saja untuk suami istri. Mungkin memang sudah rejeki Ayah dan Bunda, sekali berbuat langsung saja muncul bayi didalam perut Bunda. Yang sekarang jadi Kakaknya Juna, Namanya Kyra Zahra Sanjaya. Nah, semenjak kehamilan Bunda inilah membuat Bunda yang awalnya tidak mempunyai hubungan baik dengan Ayah mulai memperbaiki hubungan mereka. Bunda mulai sayang sama Ayah, Bunda mulai nggak bisa lepas dari Ayah sampai detik ini. Bunda akan terus berada dibelakang Ayah katanya.

Kata Ayah, walaupun Ayah sudah cinta mati sama Bunda, ada saja hal yang kadang membuat Ayah jengkel dan kesal melihat Bunda. Misalnya mengomel, Bunda itu doyan sekali mengomel. Apapun hal yang dilakukan tidak cocok dengan motto nya akan mendapatkan omelan. Ayah selalu kesal, ketika pulang kantor tiba tiba mendapat amukan karena burung kesayangan Ayah memunculkan bau, membuat Bunda tidak enak dengan tamu yang datang kerumah. Kata Ayah, burung kan wajar bau mereka juga gak mau bau tapi gimana lagi? Pokoknya Bunda nggak peduli marah marah aja. Ayah juga ikut marah, kalau udah gitu Bunda bakalan nangis dan milih tidur dikamar Kakak atau Adek waktu malem. Bunda sih ngiranya nggak bakalan ada yang tau, tapi Kak Kyra sama Dek Juga suka kerasa Bunda nangis sambil pelukin kita. Sudah gitu, Ayah pasti bakalan yang minta maaf, Bunda nggak mau kalah bakalan minta maaf juga. Akhirnya mereka maaf maafan kayak lebaran. Tapi sifat Bunda yang suka marahin Ayah waktu pulang kerja sudah hilang, mengomel sih masih saja tapi Bunda lebih tau kondisi. Ya, adasih kadang Bunda lupa, suka marahin Kak Kyra yang baru pulang sekolah. Mungkin salah Kak Kyra sendiri yang baju seragam nya jadi kusut dan kotor, padahal dia kan perempuan.

Ayah itu juga romantis katanya, Ayah itu cuman cinta sama dua wanita. Yaitu Rani sama Kyra, lainnya lewat dulu katanya. Ayah suka diem diem beliin Kakak boneka, juga suka sekali nambahin jatah uang di kartu kredit Bunda. Kata Ayah kalau Bunda cantik juga buat Ayah, makanya Ayah nggak pernah marah kalau Bunda suka seminggu 3 kali ke salon. Bisa dilihat Bunda Juna emang juara, di dunia ini udah Bunda yang paling cantik. Bunda waktu itu pernah ambil rapor disekolah Juna suka dikira tante atau kakak Juna, jadi semenjak itu juga Ayah suka larang Bunda buat ambil rapor. Selama Ayah bisa biar Ayah saja yang ambil, memang Ayah itu posesif orang nya. Ayah juga sayang banget sama Juna, Ayah pernah bilang kalau dulu Ayah hampir aja kehilangan Juna. Juna lahir tidak tepat seperti anak pada umumnya, karena waktu itu Bunda baru saja jatuh dari kamar mandi. Akhirnya Juna dilahirkan secara paksa atau tidak bisa diselamatkan. Waktu Juna lahir, katanya Juna beneran nggak bernapas, bahkan dokter sudah berusaha agar Juna nangis namun tidak menunjukkan progress apapun. Ayah cuman ngomong didekat kuping bayi Juna waktu itu, "Nak, kalau emang Ayah bukan orang yang terbaik buat jagain kamu. Ayah ikhlas kok buat kamu cari orang tua baru. Tapi jangan lupa Ayah sama Bunda ya waktu disapa di akhirat nanti" gitu katanya. 

Baru aja Ayah mau kasih bayi Juna ke suster yang siap membersihkan bayi Juna, eh gatau nya Juna nangis kenceng banget, mau dipeluk Ayah lagi katanya. Dari situ sudah Juna simpulkan, kalau Juna udah sayang banget sama Ayah bahkan semenjak Juna nggak tau siapa sih Ayah, gimana sih mukanya. Juna sudah nggak mau kehilangan Ayah. Pokoknya satu satu nya laki laki yang bisa jadi contoh buat Juna yaitu Ayah. Kecuali peliharaan ya, Juna nggak suka binatang tapi Ayah suka banget. Ya sudah nggak papa, jadi contoh kan belum tentu harus sama persis. Juna bisa kok jadi kayak Ayah tapi dengan versi Juna sendiri.




To Be Continued.

What's wrong with my family?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang