Sekarang Juna mau ngomongin Bunda, Bunda itu anak pertama dari 3 bersaudara. Semuanya perempuan bikin Bunda pengen banget punya anak laki laki, untung nya kesampaian soalnya ada Juna kan? Bunda juga bukan anak orang biasa, Alm kakek dulu merupakan Mentri Perekonomian. Bunda juga kuliah Ekonomi Bisnis biar bisa kayak Kakek, tapi sayang Bunda lebih suka modeling daripada belajar Ekonomi. Nah, di fakultas itu juga Bunda ketemu sama Ayah, katanya waktu itu Ayah merupakan asisstent dosen yang sangat dipercaya. Walaupun Bunda di semester 5 dan Ayah semester 3 tapi Ayah udah bisa gantiin dosen buat ngajar kelas Bunda. Ya memang sih tugas nya nggak berat tapi itu udah keren banget. Waktu Kakak sama Adek diceritain Bunda juga bisa bikin nganga sampai mulut kita dimasukin macaron buatan Bunda.
Bunda dulu memang primadona kampus, kerjaan nya dikejar sama kakak tingkat atau adik tingkat. Jadi tidak usah kaget kalau Ayah sampai tergila gila kayak gitu. Bunda bilang, kalau first impression Bunda sama Ayah itu nggak semulus kayak pasangan FTV, kadang Bunda mikir kenapa ya kisah cinta Bunda kok nggak kayak orang orang, tapi pas udah sadar Bunda cuman bisa senyum aja. Bunda waktu pertama kali ketemu Ayah itu dikelas, karena Bunda telat jadi Ayah nggak bolehin masuk, katanya sih sudah kesepakatan sama dosen mata kuliah nya. Tapi Bunda malah ngeyel sambil bilang, kalau Ayah cuman asisstent dosen nggak usah belagu, ya ampun mulut Bunda emang nggak bisa dikontrol sejak dulu. Ayah marah, karena bagaimanapun kan Ayah juga sedang bekerja sebagai asisstent dosen disana. Nah, semenjak saat itu Bunda sama Ayah kayak musuh bebuyutan sampai kalau ketemu mending puter balik daripada harus pas pasan, duh kalau kalian bisa melihat keseharian Bunda sama Ayah sekarang mungkin kalian bakalan ngejekin Bunda. Ya karena Bunda sama Ayah bener bener nempel kayak perangko sekarang. Terus musuhan sampai Ayah suka sama Bunda, suka nya cuman karena sepele, Bunda ketahuan nolongin nenek nenek yang lagi jalan kaki terus diserempet sama orang. Bunda kan bar bar, jadi si penumpang motor langsung deh diratain sama Bunda demi belain nenek itu. Duh, kalau ini sih kayaknya Ayah udah suka Bunda tapi nggak nyadar dari dulu kan?
Ternyata, Bunda memutuskan menikah sama Ayah itu karena demi balas dendam. Mantan Bunda sesudah Om Rizal, tiba tiba mutusin Bunda dengan alasan sedang ingin sendiri. Nggak tau beberapa bulan kemudian Bunda dapet undangan nikah dari laki laki itu, langsung saja Bunda bilang iya mau nikah sama Ayah, sekalian ngasih undangan ke mantan pacar Bunda itu. Sssst! Ayah sebenernya nggak tahu alasan ini, tapi Bunda jadi beneran sayang kok sama Ayah. Bayangin, tiba tiba satu rumah sama musuh bebuyutan kamu dan parah nya kalian merupakan pasangan suami istri, tentu aja bikin Bunda uring uringan. Pokok nya selama 6 bulan pernikahan Bunda kerjaan nya marah ke Ayah, terus nangis di taman belakang, ke diskotik, kerja sampai overload banget, dan melakukan segala cara supaya Bunda nggak ketemu Ayah. Bukan karena Bunda masih benci, Bunda udah maafin Ayah semenjak Ayah sendiri yang minta maaf. Setelah Bunda pilah sih, Bunda begitu karena Bunda merasa bersalah sama Ayah, Ayah nggak ada hubungan masalah apapun tentang kemarahan Bunda terhadap mantan nya itu, namun Ayah juga harus mau membantu Bunda untuk balas dendam, kurang lebih seperti itu.
Seperti cerita Bunda dan Ayah, pernikahan mereka benar benar berantakkan sebelum ada Kakak Kyra. Bahkan Bunda hampir lupa caranya senyum waktu itu, dan karena itulah kecelakaan indah Ayah sama Bunda terjadi sehingga menghasilkan Kakak Kyra. Tentu saja kehamilan Bunda nggak langsung gitu aja diterima sama Bunda, Bunda udah berapa kali coba buat gugurin Kak Kyra. Oke, waktu cerita part ini bisa bikin Kakak Kyra marah sampai nggak mau ngomong sama Bunda. Tapi Bunda biarin aja, kalau nggak diceritain malah jadi borok sikut dan anak anak Bunda kadang juga perlu menelan kenyataan pahit biar kuat. Kandungan Bunda beneran kuat banget, bahkan sudah 3 kali makan nanas, 5 kali menalan pil pengugur Kakak Kyra didalam perut Bunda masih saja bertahan. Ya, pantesan saja sekarang jadi keras kepala, wong sudah kebal sejak dini, Oke skip.
Usaha Bunda berhenti karena putus asa dan memutuskan untuk bilang ke Ayah, Ayah seneng banget sampai nangis 3 hari katanya, Bunda masih inget waktu itu nangis dikamar sambil bilang "Ya Tuhan aku udah jadi suami buat orang cantik sekarang aku harus jadi Ayah dari anaknya, aku dulu titisan panglima perang ya, sampai Tuhan baik banget sama aku"
Bunda yang kekeh mau gugurin pun akhirnya berhenti, ini mungkin caranya bikin Bunda nggak merasa bersalah lagi sama Ayah. Bunda mau deh minjemin perut buat anak pertama Ayah, gemes banget ya Ayah sama Bunda Juna. Masalah nggak berhenti disitu, Ayah terlahir dikeluarga kaya yang semuanya pasti sudah sangat tersusun rapi, termasuk Ayah yang menjadi pewaris satu satu nya yang berhak atas harta yang dimiliki keluarga mereka. Kalau kata Ayah, keluarga mereka bisa menjadi seperti ini juga karena usaha Kakek untuk berkembang, nah oleh karena itu sebagai anak satu satu nya Ayahlah yang berhak atas semua ini. Tentu saja semua keluarga Sajaya tidak terima soal itu, katanya sih harus adil. Padahal kalau dihitung, semua perusahaan yang di jalankan oleh saudara Kakek itu juga merupakan uang Kakek yang dipinjamkan untuk modal.
Hal inilah yang juga memancing masalah buat Bunda, waktu itu Bunda pernah pacaran bukan sama Om Rizal, dimana juga merupakan keluarga Sanjaya. Ayah memiliki hubungan sebagai sepupu dengan Om Rizal, Om Rizal juga merupakan penerus untuk perusahaan Ayah nya. Bunda sering dinilai menggilai keluarga Sanjaya karena memiliki banyak sekali anak perusahaan dimana mana. Ayah bilang buat nggak dengerin tapi mau gimana pun Bunda juga punya gendang telinga kan? Bunda selalu nangis malem malem kalau selesai makam malem bareng keluarga Sanjaya. Bunda bakalan cerita ke janin Kak Kyra buat minta semangat, Kak Kyra sih katanya cuman bisa nendang untuk respon Bunda. Bunda menyimpan luka itu sendiri, Bunda belum bisa terbuka sama Ayah waktu itu walaupun memang hubungan Ayah dengan Bunda sudah membaik.
Melahirkan Kakak Kyra juga bukan perkara mudah mengingat itu merupakan pengalaman pertama yang dilalui Bunda. Untung saja para Nenek baik hati Juna, membantu Bunda untuk terus kuat dan berjuang. Bunda kalau ditanya sakit nggak bunda? Jawab nya selalu "Iya sakit, tapi pas Bunda bayangin kalau Bunda bakalan jadi orang tua, terus punya bayi yang lucu buat mainan pas dirumah sendirian, Bunda langsung lupa. Di otak Bunda cuman gimana caranya Bunda cepetan ketemu sama anak Bunda" Wah Juna sampai menangis mendengar ini.
Hadiah kedua juga kecelakaan ternyata, sama saja dengan Kak Kyra. Bunda dan Ayah sebenarnya ingin memiliki anak lagi ketika usia Kakak Kyra sudah 7 tahun atau 9 tahun,ya paling tidak emosi Kak Kyra bisa memahami kalau harus berbagi kasih sayang sama Adik nya. Nggak tau nya Bunda hamil Juna waktu usia Kakak Kyra 2 tahun, Bunda takut banget kalau Kak Kyra bakalan benci sama Adik juga sama Bunda. Tapi ternyata nggak, karena bantuan Ayah Kakak Kyra malah jadi orang paling exited kalau udah ngomongin Adik didalam perut Bunda. Ini agak aneh, soalnya Kakak Kyra galak banget sama Adik pas udah gede, kerjaan nya suruh bikinin indomi pake telor aja pas malem.
Bunda bilang Juna lahir diusia kandungan masih 7 bulan lebih, masih kecil banget. Walaupun Bunda dibius waktu melahirkan, Bunda bisa denger dokter ngomong ke Ayah kalau Juna tidak bisa bernapas sama sekali. Lagi lagi Bunda menyalahkan diri sendiri waktu itu, kenapa Bunda ngeyel buat mandiin Kak Kyra padahal ada babysitter dirumah. Bunda cerita sambil bilang "Bener deh dek, kalau Bunda bisa Bunda mau gantiin kamu aja. Bunda pengen kamu ngerasain ada didunia, walaupun tanpa Bunda setidaknya kamu harus ngerasain hidup didunia. Bunda sudah pernah, jadi anak Bunda juga harus. Bunda sampai berdoa buat tukeran sama kamu waktu itu" Kali ini cerita nya sambil nyetrikain baju Ayah, soalnya Ayah tiba tiba ada meeting pas cucian udah dilaundry semua.
Juna waktu itu ada dipelukan Ayah, tapi Ayah nggak peka pas Bunda coba manggil Ayah buat bantuin Ayah bangunin Adik. Ya, kalau memang sudah tidak bisa ditawar setidaknya Bunda bisa pegang Adik buat terakhir kali. Tapi Bunda langsung kaget pas denger Adik nangis digendong sama suster, Bunda langsung bilang ke Tuhan terimakasih kalau ternyata malah dikasih bukan ditukar sama Bunda. Bunda jadi seneng banget deh punya anak laki laki, tapi walaupun gitu Juna juga suka diomelin, apalagi kalau nggak ngasih tumpangan Lia anak tetangga yang satu kelas sama Juna.
"Kamu itu jadi laki laki harus gentle dong, masa anak tetangga yang satu kelas dibiarin naik angkot sedangkan kamu naik motor keren kayak gini. Sayang tau kalo boncengan belakang banyak sarang laba laba soalnya gak dinaikin, ganteng ganteng kok sendirian" Kata Bunda sambil siram bunga depan rumah, tak lupa burung Ayah juga kena omel karena bersiul ditengah ocehan Bunda.
"Ya, Juna kan bisa naiknya agak munduran gini Bun" Balas Juna sambil memperlihatkan gaya duduk agak belakang yang malah membuat Bunda melempar Juna dengan sandal rumah. Juna salah lagi?
"Sudah sana berangkat! Kamu itu jangan mentang mentang tinggi jadi menginjak harga diri Bunda kayak gini yaa.. Bunda aduin sama burung Ayah tau rasa kamu" Tuhkan, padahal Juna hanya mengatakan dan melakukan apa yang Juna bisa tapi masih aja dimarahin, kalau udah gini mendingan disudahi saja acara menggoda Bunda nya.
To Be Continued
KAMU SEDANG MEMBACA
What's wrong with my family?
FanficAnak bungsu. Itulah takdir yang aku terima, tidak ada yang salah aku menyukai nya. Memiliki kakak perempuan yang bawel mirip burung beo. Lalu memiliki orang tua yang super duper ribet, tapi aku menyayangi mereka. Sepenuh dan segenap hati saya -Juna