Tiga minggu berakhir sejak perang dinginku dengan Peter dan pertemuan terakhir dengan Nazriel. Perasaanku sedikit lega karena hubunganku dan Peter sudah membaik setelah dia menelepon tengah malam, membangunkanku yang sedang tertidur lelap di malam yang dingin tanpa bintang-bintang. Dia membacakan surat yang ia tulis sebagai permohonan maaf yang berkisar sekitar empat halaman. Itu katanya. Mulailah aku tertawa cekikikan di kamar itu karena kata-kata dalam surat itu sangat formal dan imajinatif. Katanya ia sempat meminta bantuan pada temannya yang jago menulis surat kepada pejabat dan hasilnya menjadi aneh. Karena saat itu ia memposisikanku sebagai pejabatnya, bukan pacarnya.
Hari ini Peter kembali ke Jakarta. Ia punya waktu tiga hari disini tepat pada hari natal mereka. Hari ini ia mengajakku ke suatu tempat. Rahasia katanya. Sepanjang perjalanan aku disuruh tidak bertanya akan kemana kami. Ikut saja, katanya.
"Loe tau apa?" Tanyanya ketika kami dalam perjalanan
"Apaan?"
Peter mendekatkan bibirnya ke telingaku, tangannya masih memegang setir.
"Yofanna udah married".
Spontan aku terkejut. Harus senang atau sedih kah ini? Aku menutup mulutku yang ternganga.
"Serius loe?"
"Iya, dua hari lalu ketemu dia di gereja, ada suaminya juga sih, sempat kenalan sama gue, kalo nggak salah mereka selisih lima tahun. Suaminya udah kerja di perusahaan bokapnya."
Aku mangut-mangut.
"Dan, udah bunting aja tuh anak. Badannya udah berisi, tapi tetep cantik dan seksi" Lanjut Peter. Aku menatapnya tajam. Ku jewel telinga kirinya hingga ia merintih kemudian tertawa.
"Parah banget sih loe, puji dikit aja nggak boleh" Balasnya semakin membuatku geram. Aku melipat tangan kedalam sambil terus menatap lurus. Peter mencuri-curi pandang padaku sambil cekikikan.
Kubuka resleting tas jinjingku dan mengambil handphone. "Mending gue telepon Nazriel" Ucapku sambil mencari-cari kontak Nazriel disana. Peter merebut Handphone itu.
"Apaan sih? Loe kan lagi sama gue?!"
"Trus kenapa kalo gue lagi sama loe? Kenapa loe nggak coba telepon Yofanna aja, puji terus tuh abis-abisan!" Balasku sewot.
Peter malah tertawa makin keras dan mencubit pipiku lama. Jadilah di perjalanan tadi terjadi pertengkaran kecil dan diakhiri dengan lelucon dan gelak tawa kami.
Mobil berhenti di sebuah pesantren unik daerah Kediri . Ternyata yang ia rahasiakan itu adalah pesantren ini. Peter tau benar aku sudah sangat merindukan Nina. Setelah turun dari mobil, kami mengunjungi kantor pimpinan Pesantren. Aku takjub. Pesantren ini jauh dari sekedar menyenangkan, bahkan lebih menyejukkan. Di setiap sisinya berdiri kokoh pohon-pohon mangga, beringin, dan pohon-pohon yang biasa di gunakan untuk berteduh di bawahnya. Santri dan santriwati yang lewat berpakaian sopan menutup aurat dan terlihat damai. Jauh dari penampilan sehari-hariku yang cenderung terbuka dan jauh dari nilai-nilai islami. Pimpinan pesantren yang berumur 60-an dan bernama Pak Amin itu juga sangat ramah, kami tak perlu menunggu lama untuk bertemu dengan Nina. Tak lama setelah kami keluar dari ruangan pak Amin, Nina sudah menunggu di bawah pohon mangga. Tanpa berkata-kata lagi aku mendekapnya. Senang bercampur haru masih diberi kesempatan bertemu sahabatku yang sudah dua tahun lebih terpisah itu. Nina juga merasakan hal yang sama. Hanya saja dari penampilannya aku tau bahwa sahabatku itu sudah mulai berhijrah pada kebaikan. Ia mengenakan jubah putih dengan tangan dan kaki dibaluti kaus dan tentu rambutnya sudah terlidungi dengan jilbab panjang dan lebar. Anggun sekali. Jauh lebih rapi dari penampilannya dulu.
YOU ARE READING
Stuck In Memories
Teen FictionSeketika ingatanku terjebak pada harapan bodohnya. Ketika kami duduk berdampingan pada malam yang kelam benderang : "Nanti kalo udah jadi arsitek beneran, gue bakal rancang rumah mini gue disini. Rumah beratap rumbia yang ada cerobong asapnya. Lant...