Belakangan ini pikiran ane kacau balau. Serius. Semua ini berkat paparan negatif medsos dan berita soal corona di TV yang dikait-kaitkan dengan hal lain mulai dari konspirasi sampe kiamat.
Mental ane perlahan mulai anjlok. Serius. Efek samping depresi klinis juga. Minum obat aja salah. Soalnya ane emang punya efek samping terbalik sama obat antidepresan.
Ane pengen julidin orang-orang yang selalu komen negatif kek gitu di medsos.
Iya. Emang kiamat bakal terjadi. Pasti. Masalahnya sekarang umur lu dipake buat apa? Julidin netijen lain? Nyebarin hoax? Biarin bumi ini rusak sampe rumah sekarang kebanjiran terus bodo amat dengan dalih "physical distancing"? Nolak mayat yang meninggal karena corona kek FTV azab?
Terus ntar mo ngomong apa kalo Tuhan manggil kita lebih cepet? Udah bener jadi diri sendiri? Udah jadi khalifah di bumi-Nya? Udah ada sumbangsih nyata buat masyarakat sekitar? Minimal buat kondisi sekarang tetep di rumah aja, doain pasien corona biar cepet sembuh, sampe donasi apapun untuk paramedis dan orang miskin yang rentan kelaparan.
Belum lagi masalah masjid deket rumah yang masih aja adain sholat berjamaah padahal lagi wabah. Please. Jangan dulu. Ada fatwa ulama, dalilnya jelas lagi. Orang Arab sama Malaysia yang segitu agamanya fanatik masih nurut sama pemimpin dan ulamanya. Ane pen misuh-misuh soal itu.
Jujur aja, masjid deket rumah ane tuh hawanya bikin panas. Gak kayak masjid deket rumah ane yang dulu apalagi kayak Salman ato DT. Ngomongin politik sama kiamat aja terus, tapi kenapa gak introspeksi diri? Bener kata Aisya, temen ane pas SMP.
"Ngapain terus nginget-nginget kapan mati, kapan kiamat, kalo gak ada impact ke diri kita?"
Itu perkataan anak kelas 9 SMP di masa itu lho. Ane baru ngeh arti omongannya pun belakangan ini.
Sebenarnya kematian itu lebih dekat daripada kiamat. Apakah kita sudah menjadi lebih baik daripada kemarin? Baik secara amal ibadah, akhlak, dan kontribusi nyata di masyarakat.
Mending mana, mati konyol karena nyinyirin netijen ato mati sebagai pejuang medis dalam keadaan sekarang?
Lihat aja Glenn Fredly. Usianya emang singkat, tapi punya kontribusi besar bagi dunia musik negeri ini dan warga Maluku. Begitupun para pejuang medis yang meninggal selagi sembuhkan para pasien corona dan hentikan penyebaran wabah.
Bagi ane, kematian seharusnya jadi ajang untuk merenungi diri agar mencapai ending yang lebih baik. Selain itu, tunjukkan hasil perenungan itu dengan perubahan diri ke arah lebih baik dan aksi nyata di masyarakat sesuai kemampuan kita. Biar hidup kita yang udah dititipin sama Tuhan gak sia-sia. Emang kita dilahirin ke dunia cuman numpang rebahan sama nolep? Gak, 'kan? Kita pasti punya tujuan hidup. Tugas kita cukup mencarinya dan membuktikan pada Tuhan bahwa kita pantas diamanahkan nyawa ini.
Maaf kalo agak berbau SARA dan berat, isi pikiran ane sekarang emang gitu. Efek samping kebanyakan liat status julid kali ye.
KAMU SEDANG MEMBACA
FLC WRITING CHALLENGE : APRIL (2)
NonfiksiDemi melanjutkan misi mengumpulkan 30 tema legendaris, FLC WRITING CHALLENGE : APRIL dilanjutkan di sini! Daripada mengisi karantina corona dengan hal gabut, mending ikut ngisi Daily Routine yuk bareng member FLC yang maso dan waras. Cover kali ini...