Meski tantangan yang bakal dihadapinya bikin keder, Mail tidak mau nganggur mendengarkan penjelasan lanjutan Rokim tentang Astacakra. Ia bikin kopi buat Rokim dan mie goreng buat dirinya sendiri. Ia lupa bawakan tisu, tapi masa bodolah.
"Lha, gua gak dibikinin sekalian?" Rokim protes.
"Bacot. Udah dibikinin kopi juga." Mail kesal karena satu hal, kekuatan ini seolah dioper kepadanya tanpa persetujuan.
Rokim menyeruput kopi pahitnya. "Nah ini cocok. Oke." Dia duduk bersila. "Astacakra itu superheronya dunia lain, dunianya gak kayak bumi. Bentuknya gepeng. Ya kalau kata orang kita, semacam flat earth. Astackra punya kekuatan banyak, sumbernya dari cahaya matahari, tapi matahari semesta lain. Yang paling terkenal itu otot kawat tulang besi, mirip debus, lu dihantam kayak apaan juga gak bakalan mempan. Kalau lu jago, lu bisa ngalahin musuh kayak apaan juga dengan gampang. Eh pas lu dapetin kekuatan, pas digodog, itu gak sekalian dapat pengetahuan ye?"
"Pengetahuan apaan?"
"Ya semuanya yang tentang Astacakra."
"Kagak tuh."
Rokim menepuk jidat. "Sial, gua baru inget. Sori gan. Itu gara-gara gua sebenernya. Tadi gua kan bilang, gua tuh aslinya Astacakra juga kayak lu. Tapi karena gua gagal ngalahin musuh, gua dihukum, dan gua mesti nyari penerusnya."
"Lah katanya simbol astacakranya yang nyari?"
"Iya, emang simbol kekuatannya yang nyari. Gua cuman diboikot untuk masuk lagi ke alam lain itu buat nolongin. Jadi kalau ntar udah dapet penggantinya, semua yang gua tahu tentang astacakar mesti gua transfer. Ke elu berarti."
"Gimana caranya transfernya, emang ada gitu nomor rekening Astacakra?"
"Nah itu juga gua lum ngerti. Tapi kalau dikit-dikit ngajarin jurus masih bisa sih. Kalau lagi waras tapi."
Mail sudah selesai makan mie gorengnya, selagi ia makan, Rokim mengamati saja sambil ngiler. "Nah lu kok bisa gila, kenapa?"
"Itulah, gara-gara gua ngacoin semua, gua dihukum dan otak gua gegar. Istilahnya badan gua satu tapi kepribadian gua ada dua. Nah satunya itu ada dari Palageni yang deket ama gua."
"Eh gimana-gimana?"
"Palageni itu ada cowok ada juga cewek. Mereka gak terus-terusan kepalanya nyala kayak api. Mereka kayak manusia biasa tampangnya. Gua kena tipu daya gan. Gua kepincut ama salah satu cewek di sono. Eh ternyata gua baru sadar kalau dia itu Palageni. Terlambat, kunci masuk ke alam yang mestinya gua jaga, udah keburu diambil ama mereka. Gua disekap ama pasukan Palageni, gua disiksa sampe hampir gila. Terus mereka itu gak punya perasaan. Palageni yang jadi cewek gua dimasukkin ke kepala gua. Ganaspati udah megang kunci nih, dia jadi bisa masuk ke alam yang mestinya gua jaga. Dia langsung nelen semua orang di situ. Gara-gara itu, alam yang ngasih gua kekuatan nyabut separo, terus gua dikirim ke sini. Kepala gua gak beres karena mesti tukeran tempat ama Palageni cewek. Palageni cewek itu punya niat jahat gan. Itu sengaja ama mereka dibikin gitu. Gua gak mau dong ngebiarin gitu. Meski gua udah diambil kekuatannya, gua gak mau ngebiarin Palageni nyatronin dunia asal gua. Mereka pengin bikin koloni di sini, bikin orang jadi Palageni. Caranya gampang, cium aja terus tularin roh api. Gua sekuat tenaga ngelawan Palageni itu di dalam kepala gua. Gua berhasil, tapi ya gitu, otak gua rusak separo. Kadang-kadang aja beres."
Rokim ambil napas, menyeruput kopi. Dia istirahat sejenak.
"Goblok banget sumpah lu ya." Komentar Mail. "Nyusahin orang aja lu jadinya."
Rokim menyeringai bodoh. "Godaannya kenceng gan. Gak kuat iman gua. Nah makanya Astacakra itu baiknya emang jatoh ke anak-anak kayak elu. Yang masih polos. Masih lempeng. Gak macem-macem. Yakin dah, Astacakra-nya pasti lebih sakti."
"Tetep aja, mestinya lu gunain yang bener."
"Wanjirlah gua di-judge ama anak SMP. Emang sih, gua jadinya nyesel berat. Gara-gara gua orang-orang di alam itu ngilang semua. Plis lu bantu tolong gua. Beban ini berat."
"Bisa gak sih lu cari pengganti yang laen aja. Gua gak mau nih. Berat juga buat anak seumuran gua."
"Gak bisa gan. Astacakra udah milih lu jadi jagoannya. Paling lu kalau mau ngelepasin itu, mesti ngelaksanain dulu tugas lu ngejaga alam sono. Terus gagalin kayak gua. Tapi konsekuensinya juga berat."
"Kalau misalkan, gua terima nih. Terus udah total gua ngedapetin kekuatan Astacakranya. Setelah itu gua bisa ngelepasin?"
"Gua gak tahu. Tapi gua yakin lu bakal berubah. Lu bakal tahu tujuan besar dan mulia Astacakra, dan lu bakal punya kesadaran untuk terus nolong orang. Lu gak mau ngelepasin Astacakra."
"Bikin ribet aja sih lu ah." Mail menimbang-nimbang pilihannya. Kekuatan Astacakra ini sudah memberinya budi baik, membuatnya lulus audisi jadi pemain drum. Tapi kalau ia terima tugas ini, terus ngedrumnya bagaimana? Sepertinya akan susah bagi waktu jadi drummer dan superhero. "Kalau gua gak mau nolongin lu gimana?"
"Lu udah lihat di mimpi lu. Pasukan Palageni bakal bisa masuk ke dunia lu buat ngelolosin Ganaspati. Dunia lu bakal gantian yang ditelen ama dia. Mau lu kayak gitu?"
"Gak boong kan lu?"
"Urusan kayak gini gua gak bisa boong gan. Gua udah pernah ngadepin Ganaspati dan anak buahnya. Gak maen-maen. Dunia lu bakalan abis kalau Ganaspati nongol kemari. Ganaspati cuma bisa dikalahin ama Astacakra. Pilihannya cuma dua: lu kabur atau hajar nih?"
Mail menghela napas panjang. Berat berat. Ia mengamati telapak tangannya yang menyala.
"Gan, tolongin gua gan!" Rokim histeris. Tubuhnya kejang-kejang. "Dia mau ambil alih lagi."
"Lha gimana, katanya udah diberesin?"
"Belum seluruhnya gan. Toloong. Anuin pake tangan lu." Rokim matanya berubah putih. Dia mencengkeram kepala. Kakinya menendang-nendang. Mail gugup. Ia mengamati tangannya yang menyala makin terang. Ia takut, Palageni di kepala Rokim akan mengambil alih betulan. Langsung ia meraup kepala Rokim. Keduanya terpental. Untung badan Mail sekuat badak, tidak sakit sama sekali. Ia segera menghampiri Rokim di lima meter kanannya. Rokim melek lemah, menyeringai bodoh. "Gimana gan, kabur atau hajar nih?"
"Ntar wa pikirin dulu. Besok pagi ada ulangan. Wa kabarin siang pulang sekolah."
KAMU SEDANG MEMBACA
ASTACAKRA #3 PANCAR KETIGA
FantasyBerawal dari stik drum pemberian orang gila, Ismail Daud yang hanya ingin mengikuti audisi pemain drum band Punk ternama, tiba-tiba menghilang dan balik-balik memiliki kesaktian yang berasal dari kosmik dunia lain. Demi mencari jawaban, ia memburu o...