43. Sepuluh Hal Yang Baik Dilakukan Ketika Sedang Menjenguk

9 2 0
                                    

Bismillah...

📝  Diterangkan oleh Asy-Syaikh al-Utsaimin rahimahullah,

Jika kamu menjenguk orang sakit hendaknya kamu,

1️⃣  Mengucapkan, 'Laa ba'sa, Thohuurun insyaallah.. (tidak masalah, rasa sakit ini sebagai pembersih dosa insyaallah)',
sebagaimana halnya Nabi Muhammad ﷺ yang biasa melakukan ini.

2️⃣  Letakkan tanganmu di dahinya atau di kepalanya untuk membuatnya merasanya nyaman dan senang (atau dengan memegangi tangannya).

3️⃣  Sampaikan (kalimat motivasi) kepadanya, misalnya, 'Kamu dalam keadaan baik, dalam keadaan yang bagus.'
❌ Jangan malah mengucapkan, 'Demi Allah, hari ini kondisimu lebih parah daripada kemarin..'

✔️ Berikan dia dukungan. Sampaikan di depannya, 'Alhamdulillah, keadaanmu baik..'
Bahkan meskipun jika kamu melihat tidak ada peningkatan pada kesehatannya, dia tetap dalam kondisi baik. Sebab orang beriman kondisinya selalu baik dalam tiap keadaan.

4️⃣  Jangan berbincang lama dengannya, kecuali jika kamu lihat dia merasa ingin dan senang bila banyak mengobrol. Jika dia nampak tidak senang maka jangan berbicara lama dengannya.

5️⃣  Jangan menjenguk terlalu lama, kecuali jika menurutmu dia nampak ingin kamu tetap menemaninya. Jika tidak, maka cukup ucapkan, 'Bagaimana kondisimu? Kamu tampak baik hari ini. Laa ba'sa, thohuurun insyaallah..' Lalu pamit.

6️⃣ Jika kamu menjenguk orang sakit dan kamu seorang penuntut ilmu agama maka tanyakan,
'Bagaimana shalatmu? Juga wudhunya bagaimana?' Karena bisa saja yang sakit tidak paham lantas meninggalkan yang wajib atau melakukan yang tidak boleh (dalam masalah ibadahnya).

7️⃣  Jika menjenguk orang sakit, ucapkan padanya, 'Alhamdulillah 'alaa kulli haal, sekarang kamu jadi ada waktu luang sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak baca Al-Qur'an, berdzikir, membaca subhanallah dan laa ilaaha illallaah.'

Agar dia sadar dan ingat lalu memperbanyak amal-amal ini. Dan mungkin saja dia tutup usia dalam melakukan ibadah ini dan kamu yang jadi sebabnya. Jadi ingatkanlah orang yang dijenguk tentang hal ini."
(Poin 1-7 ini dari Asy-Syarh al-Mukhtashar 'ala Bulughil Maram, III/631-633 dengan diringkas)

8️⃣  Mendoakannya agar sehat.
[ Akan disebutkan nanti sejumlah doa yang diajarkan Nabi Muhammad ﷺ pada kita untuk dibaca pada orang yang sakit ].

9️⃣  Lakukan hal yang paling membuat dia nyaman.

📝 Asy-Syaikh Muhammad al-Utsaimin menjelaskan,

"Jika menurutmu pas untuk membacakan ayat ayat Al-Qur'an yang menyemangatinya agar sabar dan bagaimana pahala untuk orang yang sabar maka lakukanlah. Atau menyampaikan hadits hadits dengan tema ini.

Jika kamu melihat dia senang mengobrol santai, seumpama kamu berkisah (masa lalu), 'Dulu, saat kita sedang ..' atau 'Pernah si fulan bilang demikian ..'. Maka lakukanlah hal yang membuat dia senang. Ini yang terpenting."
*(Fath Dzil Jalali wal Ikram, XV/21)*

🔟  Hendaknya orang yang menjenguk saudaranya yang sakit menghadirkan betapa besar nikmat sehat yang dia rasakan sampai detik itu. Seringkali seseorang baru sadar nikmat sehat ketika dia melihat orang lain yang kehilangan nikmat itu.

🎙️ Berkenaan ini, Asy-Syaikh Abdul Aziz As-Salman rahimahullah berkata,

زيارة المستشفيات والمستوصفات فإنها تلين القلوب وتحث الإنسان على حمد الله وشكره

"Berkunjung ke rumah sakit atau klinik bisa membuat hati lembut. Sekaligus dapat mendorong seseorang untuk memuji dan bersyukur pada Allah [ atas nikmat sehat, pent ]."
(Iyqazhu Ulil Himam, hlm. 81)

Alhamdulillaah, semoga kita selalu diberikan kesehatan. Aamiin allahumma aamiin.

MENUJU JANNAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang