48. Lima Fitrah dalam Islam

9 2 0
                                    

بــــــــــــــسم اللّــــــــــــه الرّحمن الرّحيـــــــم

🔖Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu :

_"Fitrah itu ada lima; khitan, mencukur bulu, memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak."_

📚_[ HR. Bukhari (5889) & Muslim (257) ]

✅_Abu Hurairah pernah menyebutkan hadist ini karena ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :

_"Lima kebiasaan dalam Islam yang Allah telah fitrahkan bagi manusia. Siapa yang melakukannya maka sungguh ia sudah menegakkan kebiasaan yang agung dalam agama yang lurus ini."

📝_Faedah Hadist :

1⃣ Khitan, yakni membuang kelebihan lapisan kulit pada kelamin (quful/kulup) lelaki agar terhindar dari najis dan juga menjaga kebersihan. Hukum khitan bagi lelaki wajib dan mustahab bagi perempuan.

2⃣ Istihdad, yakni mencukur bulu sekitar kemaluan, baik bahagian kemaluan ataupun dubur. Karena jika tidak dicukur, akan menyebabkan najis akan melekat di sana dan juga akan menyebabkan banyak penyakit.

3⃣ Qasshus Syarib, yakni memendekkan kumis/misai, bukan mencukur habis.

4⃣ Taqlimul Adzfar, yakni memotong kuku untuk menjaga kebersihan. Dan juga agar sempurnanya bersuci atau wudhu' dari penghalang air masuk ke bahagian anggota wudhu'.

5⃣ Nathful Ibti, yakni mencabut bulu ketiak yang merupakan penyebab bau menyengat dan tidak bersih.

📎_Mencukur terbaik itu pertiga hari atau sekali sepekan, dan disebutkan batas terlama adalah 40 hari.

📚_Syarh 'Umdatul Ahkam (Hadist 27).

MENUJU JANNAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang