"Kak, sini biar aku yang nerusin bantu adek-adek belajar. Di luar ada Kak Jungmo tuh nyariin Kakak," kata Naya."Jungmo?" tanya gue kaget.
"Iya. Udah ih buruan kasihan Kak Jungmo nungguin. Mukanya keliatan galau banget Kak," kata Naya.
"Yaudah, Kakak ke depan dulu ya," kata gue terus beranjak nyamperin Jungmo.
Sebenernya gak masalah sih Jungmo mau kesini kapan aja. Cuma semalem dia bilang hari ini kuliahnya full sampe malem. Makanya gue heran kok dia bisa kesini. Sampe dipintu gue bisa liat Jungmo duduk sambil nyenderin kepalanya ke tiang. Kayanya ada yang gak beres nih.
"Kamu kok kesini? Katanya kuliah sampe malem? Bolos?" tanya gue yang nyadarin Jungmo dari lamunannya.
"Ada yang mau aku omongin sama kamu. Kamu lagi sibuk?" tanya dia ke gue.
"Enggak kok, ke taman belakang aja yuk kalo gitu," kata gue.
Kita berdua jalan ke taman belakang terus duduk di salah satu pondok yang biasa dipake main sama anak-anak.
"Kamu kenapa? Kok kusut banget mukanya? Ada masalah? Mau cerita sama aku?" tanya gue pelan.
"Papa berhasil nemuin anak almarhum temennya." jawab Jungmo.
"Alhamdulilah," kata gue.
"Kok kamu malah alhamdulilah sih?" tanya Jungmo.
"Ya terus aku harus apa? Aku harus marah nangis gitu? Kita harus ikhlas Mo, kalo udah jalannnya gini mau gimana lagi. Kalo emang kita jodoh nanti pasti kita bisa ketemu lagi," kata gue nanangin Jungmo.
"Aku brengsek banget, aku gak berhasil ngelawan Papa soal perjodohan sama anak temennya itu," kata Jungmo.
"Kamu gak brengsek. Justru kalo kamu berhasil ngelawan Papa kamu itu kamu brengsek Mo. Udah ya jangan salahin diri kamu terus. Aku gapapa kalo emang kita harus putus," kata gue.
Tiba-tiba aja Jungmo meluk gue terus dia nangis dipundak gue. Kita pacaran udah mulai kelas 1 SMA sekarang kita sama-sama ditahun dua kuliah jadi udah hampir 5 tahun pacaran. Jelas kenyataan putus buat kita berdua itu berat.
"Jangan nangis, kalo kamu nangis gini bikin aku sedih tau," kata gue coba ngehibur dia.
"Maaf, jangan nangis hati aku makin sakit liat kamu nangis," kata dia ngusap air mata gue.
"Kamu juga masa cowok nangis,"
"Walaupun kita selesai, kamu mau kan jadi sahabat aku? Apa aku masih boleh main kesini sekedar cerita sama kamu?" tanya Jungmo tiba-tiba
"Boleh, gak ada yang ngelarang kamu silaturahmi ke sini."
"Den, tuan besar barusan telfon nyari aden."
Lagi asik cerita sama Jungmo supirnya nyamperin bilang kalo Jungmo dicari Papanya akhirnya Jungmo pamit pulang ke gue.
"Aku pulang ya, aku harap gak ada yang berubah sama hubungan kita walaupun sekarang kita cuma sebatas sahabat," kata Jungmo.