16. Menyeka Sebuah Jejak (Part 3)

6 0 0
                                    

“Lalu  kenapa  kamu tidak  cerita  dari  awal?” 

Aku  menunduk. Aku tidak  yakin  dengan  jawabanku. 

“Aku  tidak  ingin  mengecewakanmu.  Kamu  tampak  begitu senang  dengan  kedatanganku.” 

“Astaga,  Difa.  Andai  aku  tahu  dari  awal,  pasti  aku  akan membantu  kamu  mencari  Adila.  Dua  tahun  yang  lalu,  setelah menyelesaikan  studi  di  Indonesia,  aku  pulang  ke  Cina  dan menetap  selama  1  tahun  di  sana.  Andai  kamu  cerita  sejak tahun  itu,  aku  pasti  datang  ke  Malaysia  dan  membantumu.” 

“Maafkan  aku.  Aku  benar‐benar  minta  maaf.” 
“Sudahlah.  Sebenarnya  pun  aku  sudah  tahu  pasal  hal  ini. Suamimu sudah cerita  panjang  lebar  padaku.” 
“Suamiku?” 

Ternyata  di  saat  aku  belum  sadarkan  diri,  Cristie  yang panik  dan  bingung  telah  menghubungi  suamiku.  Mereka sudah  bicara  banyak  hal  di  ponsel,  termasuk  alasan  terbesar yang  membuat aku datang ke Malaysia. 

“Apa kamu juga cerita, bagaimana  kondisiku  padanya?” 
“Tentu.  Kamu  tanggung  jawab  dia,  kan?” Aku  mengangguk. 
“Dia  pasti  kecewa,  Cris.  Sudah  lama  dia  menginginkan zuriat.  Dia  ingin  punya  anak.  Tapi,  aku  tidak  tahu  apa  yang Tuhan  mau. Aku merasa Tuhan tidak  adil  padaku.” 
“Difa,  jangan  berpikiran  negatif  pada Tuhan?” 

Aku  menunduk.  Suasana  hatiku  belum  lagi  membaik.  Aku kembali  memeluk  Cristie  dan  belum  ingin  melepasnya.  Dari luar,  Cristie  mendengar  suara  ketukan.  Pintu  kamar  rawatku dibuka  tanpa  aku  tahu  oleh  siapa.  Aku  tidak  menyadari kehadiran  orang  lain  di  sini.  Pandanganku  ke  arah  yang berlawanan. Cristie  menoleh  ke  arah  pintu.  Tampak  seorang  laki‐laki tegap  berpakaian  rapi  dengan  kemeja  putih  dan  sepatu mengkilap. 

“Nadifa!”  suaranya  mendekatiku. 
Cristie mengangguk dengan maksud memperbolehkannya  mendekat.  Dia  sudah  menduga  bahwa suamiku  pasti  akan  datang. 

“Dif,  ada  Abangmu,”  ucap  Cristie  mengagetkan. Aku  kaget.  Tak  kuduga,  Bang  Rama  akan  datang  secepat ini.  Dia  mendekatiku.  Tampak  kelopak  matanya  juga  lebam. Aku  yakin  dia  juga  habis  menangis.  Aku  peluk  tubuh  ayah  dari janinku  yang  baru  saja  meninggal. 

“Maafkan  aku.  Maafkan  aku,”  lirihku  padanya.  Tak  ada kata‐kata  lain  yang  bisa  kuucapkan.  Aku  hanya  bisa menyalahkan  diri  sendiri.  
“Nggak  ada  yang  harus  dimaafkan.  Kamu  tidak  salah, Sayang,”  jawabnya  semakin  erat  mendekapku. 
“Aku  tidak  tahu  kalau  dia  ada  di  rahimku.  Aku  sibuk dengan  diriku  sendiri.  Andai  aku  tahu,  tentu  aku  tidak  akan membiarkan  mobil  itu  menabrakku.  Aku  membunuhnya,” ratapku  lagi. 

Abang  Rama  tidak  lagi  menjawabku.  Aku  yakin  dia  sama terpukulnya  sepertiku.  Sudah  satu  tahun  kami  menunggununggu  kehadiran  seorang  anak.  Bukan  sekali  dua  kali  kami melakukan  pemeriksaan  ke  dokter.  Tapi  apa  boleh  buat. Tuhan  masih  belum  mempercayainya  pada  kami.  Mungkin untuk  saat  ini,  dia  baru  bisa  menjadi  tabungan.  Aku  masih harus  sabar  dan  ikhlas.  Setidaknya  pernikahan  kami  masih seumur jagung.  Jika  Allah  masih  memberikan  umur,  berarti  masih  ada banyak  waktu  untuk  kami.  Masih  ada  kesempatan.  Apalagi mulai  bulan  depan,  abang  akan  pindah  ke  Malaysia.  Aku punya  lebih  banyak  hari  dengannya.  Banyak  pasangan  lain yang  sudah  puluhan  tahun  menikah,  malah  tidak  diberikan kesempatan.  Yang  terpenting,  jangan  berhenti  berdoa. 

ENIGMA : Ketika Adil-Nya Kau PertanyakanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang