20. Curiga

5 0 0
                                    

Pagi,  siang,  dan  malam  aku  perhatikan  kotak  wasiat pemberian  Rania.  Coretan‐coretanku  melengkapi keruwetan  masalah  ini.  Aku  memiliki  sebuah  papan tulis  dari  kaca  atau  yang  orang  sebut  glassboard  untuk menempelkan  setiap  foto  yang  kudapatkan.  Sudah  seperti detektif  sungguhan  saja.  Atau  malah  mirip  aktor  Kim  So  Yeon pada  drama  korea  Two  Weeks,  yang  kala  itu  berperan sebagai  seorang  jaksa. 

Semua  gambar  kutempel  pada  papan itu,  lalu  kutarik  alur  per  alur  berdasarkan  waktu  foto  yang tertera  di  sana.  Aku  dibuat  semakin  ruwet.  What  happened  to  Wijaya  and Meli.  Ada  dua  orang  lain  yang  hilang  dalam  kisah  ini.  Dan mereka  berdua  memiliki  hubungan  dekat  dengan  Adila. 

Bagaimana mungkin  mereka bertiga bisa  hilang  bersamaan?  Aku  tulis  di  papan  itu  menggunakan  spidol  merah. 

“Di mana kalian  bertiga  sekarang?” 

Hari  ini  Davit  datang  lagi  ke  butik  untuk  sekadar  menyapa setelah  beberapa  hari  dia  tidak  muncul.  Curhatnya,  dia  lelah dengan  rutinitasnya  beberapa  hari  ini.  Ada  festival  besar  dan kegiatan  budaya  di  luar  kota  yang  pasti  memancing keramaian  umat.  Kodratnya  sebagai  seorang  padagang,  di mana ada bibit  rezeki,  di  sanalah  ia  akan  pergi. Davit  datang  membawakan  makanan  untuk  kami. Beberapa  donat  dan  burger  dia  bawa  khusus  kami  dan  staf. Cristie  yang  blak‐blakkan  tidak  menolak.  Dia  langsung mengajak  Davit  ke  pantry  untuk  makan  siang.  Aku  masih sedikit  risih  dengan  kehadiran  Davit.  Tapi  mau  bagaimana lagi.  Hanya  sebagai  teman. 

Davit  terkaget  saat  Cristie  katakan  tentang  insiden  yang menimpaku  beberapa  minggu  yang  lalu.  Dia  cukup  shock  dan tidak  percaya  melihat  aku  yang  hari  ini  sudah  kembali  bekerja.  

“Dif..,  maaf  aku  tidak  ada  di  saat  kamu  susah,”  tuturnya agak  mengiba. Aku  tersenyum  saja.  Dalam  otak,  “Kamu  hanya  mantan. Tidak  perlu  berlebihan.” 
Tapi  tentu  itu  hanya  dalam  otakku saja.  Bisik  setan  di  otakku. 

“It’s  Ok,  Vit.  Aku  baik‐baik  saja,” jawabku.

“Lalu,  sekarang  kamu  sudah  benar‐benar  sehat? Suamimu bolehkan kamu bekerja?” 

“Sudah  sebulan,  Vit.   Okey  lah.” 

Sebagai  permohonan  maaf,  Davit  mengajakku  dan  Cristie makan  malam  di  rumah  bosnya.  Dia  ingin  memperkenalkan kami  dengan  saudagar  Minang  yang  telah  banyak membantunya  selama  ini.  Inti  dari  ajakan  Davit  ini  untuk membuatku  percaya  bahwa  ceritanya  hari  itu  benar. Saudagar  itu  saksi  perjuangannya  di  tanah  jiran  ini. Tapi.... 

“Maaf,  Vit.  Aku  ragu  bagaimana  menjawab  permintaan ini.  Cristie  sih,  tidak  masalah.  Namun  bagiku,  aku  agak  sulit memenuhi  undanganmu.  Aku  belum  izin  kepada  suamiku.  Dia juga  belum  bertemu  kamu.  Sejak  kecelakaan  itu,  aku  belum pernah  lagi  keluar  malam.  Bang  Rama  pasti  tidak mengizinkan,”  jawabku. 

“Sumpah,  Dif,  aku  tulus.  Aku  tidak  berniat mengacaukan rumah tanggamu kok,” jawab  Davit. 

“Iya,  aku  tahu.  Tapi  untuk  makan  malam,  rasanya berlebihan.  Kalau  kamu  memang  menganggap  aku  teman, bantu  aku!” 

“Bantu  apa?” “Ada  seseorang  yang  ingin  aku  cari.  Namanya  Wijaya Aldiansyah.  Dia  dulu  seorang  mahasiswa  di  sini.  Tapi sayangnya,  aku  tidak  tahu  dia  di  mana.  Bisa  tolong mencarikan  di  mana keberadaannya,  nggak?”  tanyaku. 

“Wijaya  Aldiansyah!  Okey,  aku  akan  coba  bantu.  Aku punya  banyak  teman‐teman  di  sini.  Tapi,  apa  ada  informasi lain,  nggak?  Kalau  hanya  nama,  banyak  orang  bernama sama.” 

“Sayangnya  aku  tidak  punya.  Aku  juga  tidak  tahu  dia kuliah  di  mana.  Sangat  minim  informasi!”  jawabku. 

“Dia  siapa,  Dif?”  tanya  Cristie  yang  memang  tidak tahu apa‐apa. 

“Kekasih  Adila,”  jawabku. 
“Oh.  Kamu punya fotonya?” 

Aku  mengangguk,  lalu  menggeleng.  Aku  coba mengingat‐ingat  foto  yang  Rania  berikan  padaku.  Memoriku masih  menyimpan  wajah  Wijaya.  Sayangnya,  semua  foto  itu sudah  aku  tempel  di  papan kaca. Aku  sangat  menyesal. 

Kuletakkan  kepalaku  di  atas  meja sembari  mengomel  dan  mengeluh.  Davit  dan  Cristie memperhatikan  sikapku  yang  mungkin  terlihat  seperti  anak-anak. 

“Difa,  kalau  aku  tidak  salah  lihat,  tadi  ada  foto  yang  aku tidak  kenal di  dalam  diarimu,”  seru  Cristie. 

Aku  mengangkat kepalaku. 

“Foto  yang  mana?” 
“Foto  dalam  diary.  Tadi  pagi  aku  ke  ruanganmu.  Aku  lihat, ada  diary  di  atas  meja.  Aku  pikir  diary  kamu,  ternyata  bukan. Saat  aku  buka,  dari  dalamnya  jatuh  sebuah  foto.  Karena  aku nggak  tahu  itu  siapa,  ya  aku  taruh  lagi  di  sana.”

Tanpa  pikir  panjang,  aku  langsung  bertolak  ke  ruanganku. Aku  temukan  foto  yang  dimaksudkan  Cristie.  Qadarullah,  ada satu  foto  kebersamaan  mereka.  Setelah  menemukannya,  aku kembali  ke  tempat  Cristie  dan  Davit  berada. 

“Aku  punya  foto  mereka,”  ucapku  memperlihatkan  foto yang  aku  dapatkan. 
“Yang  sebelah  kanan  adalah  Wijaya  dan yang  di  kiri  adikku.” 

Cristie  dan  Davit  mengamati  foto  tersebut.  Sepertinya selain  wajah,  foto  itu  juga  bisa  menunjukkan  tempat keberadaan.  

“Dif,  coba  kamu  amati.  Sepertinya  mereka  berdua berfoto  di  depan  sebuah  kampus.  Ada  tulisan  Fakultas  Teknik di  background‐nya,”  tambah  Cristie  menunjuk  tulisan  yag dilihatnya. 

Waw…,  hari  ini  Cristie  benar‐benar  brilian.  Dia  bisa mengamati  dengan  lebih  saksama.  Memang  benar  tertulis Fakultas  Teknik  di  sana.  Aku  mencoba  memastikan,  apakah  ini masih  di  kawasan  University  of  Malaya  atau  bukan. 

Dalam ingatanku,  gedung  Fakultas  Teknik  di  University  of  Malaya  tak serupa  dengan  gedung  ini.  Aku  masih  sangat  mengingatnya, karena  beberapa  waktu  yang  lalu,  aku  baru  saja  mengunjungi kampus  itu.  Aku  sangat  yakin,  bangunannya  memang  tidak sama. 

“Cris,  aku  tidak  yakin  ini  University  of  Malaya.  Tidak seperti  ini  gedungnya.  Mungkinkah  ini  kampus  Wijaya?” ucapku. 
“Maybe.  Sebaiknya  kita  tanya  karyawan.  Mereka  rata-rata  lulusan  universitas  dalam  negeri.  Siapa  tahu  ada  yang kenal,”  jawab  Cristie  sambil  membuka  makanan  yang  di  bawa oleh  Davit. 

“Brilian.” 

***

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 10, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

ENIGMA : Ketika Adil-Nya Kau PertanyakanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang