"Pak Dhe!" begitu teriak Jeje waktu ngelihat seorang pria paruh baya yang terlihat duduk bersama pasangannya.
Orang yang dipanggil pun langsung senyum, "Enggak mau digendong lagi?" tanyanya yang mana membuat Jeje menanggung malu, ingat dulu waktu kecil setiap ketemu Pak Dhenya pasti langsung minta gendong, kek koala lagi.
"Pak Dhe mah, Rizal mana?"
Jeje yang baru pulang sekolah tiba-tiba dikagetkan sama kedatangan Pak Dhe dan Bu Dhenya dari Jakarta itu.
"Sepupumu itu ikut ngasih makan burung di belakang sama bapakmu."
Jeje hanya ber-oh-ria kemudian pamit ke kamar buat ganti pakaian, sambil memilih pakaian yang kiranya santai dia mikir. "Kalau dulu Pak Dhe enggak ngasih nama gue Jesslyn, kira-kira gue dikasih nama apa ya sama bapak, hehehe."
Iya, nama itu dikasih sama Pak Dhenya, pihak dari ibu.
"Namanya kek orang luar lagi, kira-kira kenapa ya?" monolognya.
Selepas berganti pakaian Jeje segera ke ruang tamu dimana pak Dhe dan Bu Dhenya berada, dan disana udah lengkap. Bapak Hindra berserta Ibu Rina udah duduk berjejeran, sementara Risal diapit sama Pak Dhe Anhar dan Bu Dhe Ani.
"Loh ibu di rumah juga?" Iya, si Jeje enggak tau kalo ibunya di rumah. Dia kira masih kerja.
"Langsung pulang waktu bibimu ngasih tahu kalau pak Dhe sama Bu Dhe dateng, kan mereka cuma sehari aja disini," jelas Hindra.
Jeje yang lagi buka tutup stoples itu mendongak, "Emang bener?"
"Iya, Dek. Minggu depan ke Jakarta ya, mau sunatan gue," jawab Rizal—sepupu Jeje.
Jeje memandang remeh ke anak yang usianya terpaut lima tahun dibawahnya itu, "Emang udah berani?"
"Udahlah! Udah kelas dua ini."
"Jangan nangis ya, nanti kalo nangis nikahnya dapet janda, hahaha," ledek Jeje.
Ya, sepupunya itu memang masih jauh dibawah Jeje umurnya karena waktu itu Pak Dhenya Jeje sempat pisah sama istri pertama dan baru ada Rizal dari istri kedua—emmm maksudnya yang sama mantan istri itu belum dikasih anak dan baru dikasih kepercayaan buat menjaga anak waktu sama ibunya Rizal sekarang.
Dan tentang pas sunat kalau nangis dapet janda itu, tentu saja mitos. Mana ada kayak gitu, itu cuma alasan orang dulu biar kalo punya anak disunat enggak nangis.
Dan tentang panggilan Dek, itu cuma ... semacam tradisi aja. Terus si Rizal seneng lagi pas dipanggil kak sama Jeje.
Meskipun cuma setahun sekali ketemu pas lebaran doang, nyatanya mereka tetap harmonis. Obrolan terus berlanjut, mulai dari membahas bisnis sampai tuna wisma yang diurus sama neneknya Jeje pun enggak luput dari pembahasan mereka.
Hari udah semakin sore dan para perempuan, kecuali Jeje, pada masak, sedangkan bapaknya dan Rizal pergi jalan-jalan ke bendungan. Sekarang tinggal Jeje sama Pak Dhe di ruang makan.
"Pak Dhe, Jeje mau nanya deh."
"Nanya apa?"
"Kata ibu kan yang ngasih nama aku Jesslyn itu Pak Dhe, itu asalnya dari mana?" tanyanya.
Udah dari lama sebenarnya Jeje pengen nanya tentang asal-usul namanya tapi enggak kesampaian mulu, mana Pak Dhe ini udah ganti nomor pula.
Pak Dhe yang lagi fokus nonton tivi yang menayangkan siaran ulang sepak bola itupun langsung membenarkan posisi, dari yang awalnya rebahan jadi duduk. "Sebenarnya itu nama anaknya bos dulu."
"Bos apa?"
"Dulu kan Pak Dhe kerja di Malaysia, Je. Nah bosnya itu orang luar juga, udah lupa dari mana. Namanya Jesslyn juga, ya udah Pak Dhe ubah nama belakangnya terus kasih deh ke kamu yang waktu itu enggak punya nama."
KAMU SEDANG MEMBACA
One Class | Lengkap
Teen FictionSuatu makhluk akan berinteraksi sama makhluk lainnya buat mempertahankan kewarasannya-kehidupan maksudnya. Dari makhluk ini dipastikan akan berkelompok untuk mempertahankan kehidupannya itu dan disitu kewarasan suatu makhluk akan diuji oleh makhluk...