01 | Matematika Ilmu yang Menyenangkan

1.2K 145 4
                                    

"Ih salah. Lo gimana sih? Tiga dikali tujuh itu dua puluh satu. Kenapa Lo tulis tujuh belas?" Gue hapus tulisan pensil Icung dengan kasar. Tapi gak sampai robek buku tugas dia.

"Ya maaf," cicitnya.

Kini gue minum boba hasil malak Icung sambil ngelihatin dia mikir. Lucu, Icung kalau mikir gak pernah mau lihat mata gue. Katanya serem, sembarangan banget kan? Mata gue tuh teduh mirip Joy Red Velvet kalau mau tahu.

Udah hampir jam sembilan malam. Padahal Icung ke sini habis sholat isya, dan baru selesai dua soal.

Iya sih, beranak. Satu soal sampai e.

Tapi masa iya? Dia mau lulus SMA loh.

"Udah nih. Periksa." Gue mengambil alih buku tugas Icung yang disampul warna coklat.

"Ini bener," kata gue sambil arahin jari ke nomor selanjutnya.

"Ini kurang dijabarin dikit lagi Cung," lanjut gue langsung ngasih buku itu ke pemiliknya.

"Gue kemaleman kagak nanti baliknya? Belum makan nih."

"Jivan belum makan? Makan dulu sana. Tante masak ayam kecap tadi sore." Mama berdiri dari ruang TV, pasti tadi mau ke kamar, terus denger Icung ngeluh.

"Joya, ajakin makan tuh Jivano!" kata Mama.

Gue melihat Icung udah berbinar kegirangan. Udah gue tebak sih. Tapi kasihan juga, dia cuma tinggal sama abangnya. Mama sama Papanya sih kerja di New York. Banyak duit sih pasti, beli mekdi juga gue pikir mampu ya. Tapi Icung tetep suka masakan rumahan, kata dia lebih sehat.

Orang kalau makan siang, selalu minta anter ke warteg. Katanya mirip masakan mama dia kalau di rumah.

Kadang gue juga gak tega sih, Icung tuh sering sendirian. Jadi kadang gue disuruh Mama nganterin makan buat dia. Gak jarang juga gue nanyain, dia udah masak nasi apa belum. Soalnya kalau gak ada nasi kan repot, mana di rumah dia cowok semua.

Udah kayak sodara jadinya. Apalagi Abang dia (alias tipe gue itu) anak kuliahan, jarang banget di rumah.

"Seneng Lo?!" Kata gue, asli ini bercanda. Icung tahu lah, orang dari jaman buta huruf sampai udah bisa baca chat kita barengan.

"Seneng lah. Mama Lo itu kalau manggil gue komplit. Kan jadi seneng gue nya," kata dia sambil senyum-senyum gak jelas, tangannya sibuk naruh nasi ke atas piring.

Kita berdua duduk di meja makan. Gue anak tunggal, sedangkan Mama sama Ayah pasti udah makan malam dari tadi.

"Cung.."

"Hmm?" Dia masih fokus makan, seneng banget sama makanan nyokap gue.

"Lo kalo makan ke rumah gue aja, Cung. Atau Lo mau tinggal di sini?" Gue gak lagi bercanda. Tapi gue lebih ke gak tega.

Ya walaupun emak bapak dia kaya. Tapi Icung tuh bener-bener. Apa ya? Kayak terlantar gitu loh.

Maaf Cung, gak maksud.

Bukannya jawab, dia malah nempelin tangan ke dahi gue. "Agak anget sih, pantes aja."

"Dih, nyebelin Lo!" Gue menepis tangan kotor Icung.

"Lagian Lo aneh-aneh. Rumah gue deket juga. Masih kangen sama gue tiap hari ketemu?"

Lah anaknya ngelunjak?

"Gak ya."

"Terus tadi apaan hm?" Icung ngambil minum di galon. Asli gak canggung-canggugan lagi kalau di rumah gue.

"Abang Lo jarang di rumah kan sekarang."

"Iya terus? Maklum lah semester tujuh. Kalau gak ngurus skripsi biasanya Bang Jaevin juga sering masakin gue kok. Akhir-akhir ini doang gue sering jajan di warung depan. Ketagihan telur balado."

"Ah Lo gitu sih. Lupain aja yang tadi!"

Gak ngerti lagi pikiran dia.



~~~~~

a/n:

Don't forget to say thank you for ourselves.

Bye ya'll!

Tetangga [Jisung NCT & Jae Day6]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang