16 | HBDeh

419 70 4
                                    








Hari ini ulang tahun gue. Temen-temen sekelas udah rame-rame di grup chat ngucapin sambil nagih traktiran.

Officially gue delapan belas tahun. Kalau kemarin sih, delapan belas dihitung pakai usia di Korea.

Gak pernah ada pesta-pestaan seumur hidup gue, apalagi cuma memperingati berkurangnya umur di dunia gini. Ayah otomatis gak bakal setuju. Jadi biasanya Mama cuma masak banyak aja, terus dianter ke tetangga-tetangga.

Kalau ke temen, paling nanti di kelas minta traktir di kantin. Aman itu, tadi udah minta uang lebih ke ayah.

"Happy birthday ya Joya sayang!" Airin meluk gue, begitu gue sampai di kelas.

Icung sih udah ke kelasnya, gue diem aja sengaja. Biarin tuh anak lupa sama ulang tahun gue, nanti balas dendam aja kalau dia ulang tahun, gue pura-pura lupa.

Menuju bel istirahat.

"Woi kantin! ditraktir Joya." Heru teriak, sontak satu kelas noleh ke ketua kelas bobrok itu.

"Serius Lo?"

"Oh iya, ultah ya Joy? Hbd!"

"Hbd ya."

"Makasih."

Cuma gitu. Diucapin biar ditraktir. Gue gak keberatan, soalnya gue juga gitu kalau di kelas ini ada yang ulang tahun. Kecuali Airin ya, udah gue musuhin dari H- satu minggu sebelum dia ultah, biar surprise nya kerasa.

Di kantin masih sepi. Iya lah, ini masih jam pelajaran ketiga, kurang lima menit lagi baru istirahat. Tapi temen-temen udah semangat banget mau makan.

Gue cuma jajanin makan sama minum doang, untung mereka tahu diri. Jadi gak ada yang sampai dua mangkuk gitu. Bisa bangkrut gue nanti.

"Bang Jaevin belum ngasih hadiahnya ke Lo?" Airin sambil memotong gelindingan bakso di mangkuknya.

"Belum." Gue agak kurang bersemangat bahas itu. Dua bersaudara Niagara sukses bikin gue kesel pagi ini. Mereka sama sekali belum ngucapin ultah ke gue.

"Bagus banget jam tangannya, Rin. Ya walaupun gue kurang suka pake sih, tapi ini beda."

"Iya lah bagus. Lo milih yang mana aja, mau seharga motor juga bakal dibayar sama Bang Jaevin." Airin memasukan potongan bakso ke mulut.

Gue nyengir doang, terus lanjut makan mie bakso yang hampir dingin karena beberapa menit gue anggurin. Selama diem di kantin gue gak sekali lihat Icung atau gerombolan dia. Gak makan siang lagi pasti tuh anak. Kebiasaan.












"Cung?" Gue masih mencoba ngode ke Icung di motor, sore gini masih aja matahari panas banget, padahal udah hampir jam empat sore.

"Hmm?"

"Gak jadi deh." Mood gue ilang seketika. Untung tadi anak kelas pada inget, kalau enggak garing banget hari ulang tahun gue.

Sampai di rumah, gue gak banyak bicara, ngasihin helm terus langsung ke rumah.

Di rumah, Mama udah siap-siap mau nganter-nganterin bolu ke tetangga. Iya Mama masak bolu.

"Buruan mandi, nanti anterin bolu-bolu nya ya." Mama lepas celemek, lalu digantung ke salah satu kursi di meja makan.

Gue sebenarnya udah gak mood ngapa-ngapain. Apalagi Icung belum ngucapin ultah ke gue, Bang Jaevin juga! Mereka kenapa sih?

Tapi gak tega lihat Mama, dia udah dari pagi nyiapin ini semua. Terus sekarang cuma nganterin aja gue gak mau, makin durhaka aja. Akhirnya gue iyain.

Bolu bikinan Mama udah dimasukin ke paper bag, pokoknya udah siap kirim. Gue juga jadi semangat, soalnya barusan Mama bilang hari ini Ayah pulang cepet, dan bakal malem di luar. Udah lama gak makan di luar.

Rumah pertama yang gue tuju di blok ini adalah rumahnya Icung. Mau gue ajak nganter-nganterin sekalian, lumayan biar gak sendiri.

Gue mencet bel. Yang keluar Mama nya.

"Ini Tante ada bolu dari Mama. Ulang tahunnya Joya." Gue menyodorkan paper bag berisi bolu itu.

"Selamat ulang tahun Joya cantik. Wah makasih ya. Mau masuk dulu?" Tante nawarin.

"Gak usah Tante, Joya masih harus nganterin ini." Gue ngelirik tangan yang penuh bawaan. "Jivano nya ada Tante?"

"Sebentar ya, Tante panggil dulu. Duduk Joy."

Dari sini gue bisa denger Mama nya Icung teriak-teriak manggilin  anaknya yang gue tebak main game di kamar. Terus gak lama, kedengaran suara langkah kaki turun tangga.

Gue sih pura-pura gak denger ya, sambil lihat kolam ikan. Kalau dipikir-pikir, Icung kalau ada orang tuanya jarang main ke rumah gue. Udah hampir seminggu Papa sama Mama nya di sini, dan selama itu Icung gak main ke rumah gue begitupun sebaliknya.

"Nih, hbd." Sekotak coklat dengan tulisan Godiva di depan mendarat di tangan gue.

Ini coklat mahal. Gue makan ginian setahun sekali aja gak tentu, kalau ayah lagi baik beli ginian juga. Dan ini..

"Cung, Lo ngapain beli coklat seharga HP?!"

"Oh gak mau?"

"Eh!" Gue nyembuyiin itu kotak ke balakang badan. "Kalau udah dikasih gak boleh diminta lagi. Pamali."

"Gue gak perlu doain Lo supaya pinter ya, kan udah. Gini aja.. semoga bucin lu makin berkurang, biar gak makin bego."

"Tadi muji pinter. Sekarang ngatain bego."

Icung mencebik. "Udah? Gue lanjut game ya."

Gue yang lagi nyomot satu potong coklat hadiah dari Icung langsung berdiri, "Eh jangan! Anterin gue ini."

"Yok!" Icung cuma pakai celana pendek selutut sama kaos oblong warna merah.

Santai lah, cuma ke daerah blok ini. Gue jalan dibantuin Icung bawa paper bag yang jumlahnya sekitar dua puluhan.

"Btw, makasih ya."

"Yoi."

"Cung Lo gak makan siang ya tadi? Nanti makan malem ikut gak, gue mau makan di luar sama Mama Ayah?"

"Wah dengan senang hati gue ikut!"

"Ajakin Bang Jaevin ya.. yaa? Please."
Gue masang wajah melas, puppy eyes tidak lupa.

"Belum pulang Abang gue, Jo. Ntar kalau malem balik gue ajakin."

"Sayang Icung banyak-banyak!" Reflek gue meluk dia. Jelek banget sumpah refleknya. Padahal ini di tengah jalan, untung sepi.

Buru-buru gue lepas. Nanti malah canggung lagi, kacau kan.

"Gue emang sayangable," sahut Icung. Gue mendelik.

Gak aneh kalau setiap gue bertambah umur, Icung selalu ngasih makanan. Dari kita TK juga, dulu dia ngasih hadiah cilok. Kata dia biar kemakan, kalau barang gak perlu kata dia buang-buang uang.

Tapi ini dua juta cuma buat sekotak coklat? Hell, gue coklat cankibar juga doyan padahal. Kalau coklat ini lebih doyan lagi.

Tinggal nunggu hadiahnya Bang Jaevin deh.


~~~~

a/n:

Apasi gajelas banget aku!

Vomment Yang:)

Tetangga [Jisung NCT & Jae Day6]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang