Tahu gak makan malam apa yang bikin gue deg-degan selain dinner di table manner sama kolega ayah?
Yap, betul. Makan malam bareng Bang Jaevin.
Gue sih gak masalah ya, kalau cuma Icung. Kalau sama abangnya, harusnya tadi gue ada dandan dulu sedikit. Lah ini penampakan gue udah mirip gembel banget.
Rambut gak gue sisir, masih bawaan mandi gue iket asal, baju juga cuma piyama ada gambar Doraemon. Iya gue suka banget warna biru.
"Tambah lagi, Jivan nasinya." Mama ngambilin nasi ke Icung, percuma dia nanya gitu, langsung ditambah juga nasi dia.
Icung sih paling semangat makan di sini.
Gue lihat Bang Jaevin masih makan dengan santai, dia kadang ngobrol sedikit sama Ayah. Masalah politik. Iya kan Bang Jaevin jurusan kuliahnya itu. Tapi kayak akrab banget, beda sama Icung yang lebih sering ngobrol sama Mama.
Mungkin efek usia kali ya?
Jadi Bang Jaevin yang mau jadi bapak, ngobrolnya ya sama bapak-bapak. Kalau Icung mau jadi ibu-ib.. eh, gak gitu. Jadi Icung masih kayak gue, jadi harus disayang Mama.
Pusing, ah!
"Sebentar lagi lulus mau magang dimana Jae?" Gue masih nguping pembicaraan Bang Jaevin dan Ayah.
Gue kadang ngebayangin loh, kalau mereka bakalan jadi mantu dan mertua suatu hari nanti. Dan ini adalah makan malam keluarga, Icung sebagai adik ipar.
Gue jadi ngelihat Icung. Wajahnya berbinar banget kalo sama Mama. Kayak anak dan ibu beneran.
"Lanjut S2 Om," balas Bang Jae. Gue sih jujur belum pernah manggil langsung namanya ya, mentok tuh 'Bang' doang, gara-gara ikut-ikutan Icung.
"Bagus, kalau ada rencana magang nanti bisa ke temen Om. Dia ketua partai." Ayah dan Bang Jaevin udah selesai makan, tapi mereka masih asik ngobrol.
"Siap Om, kalau Joya mau ngambil jurusan apa nanti? Tahun depan masuk kuliah kan bareng Jivan?"
Bang Jaevin nanya gue.
Bang Jaevin nanya.
Dia lihat gue yang kayak gembel.
"Mau ngambil matematika murni, Bang." Gue sambil mainan garpu, grogi banget sumpah.
"Om ya terserah anaknya aja. Mau Om tawarin masuk hukum si Joya, tapi anaknya malah suka matematika." Ayah benerin letak kacamatanya.
Ayah dari dulu pengen gue masuk hukum. Pas awal masuk SMA, bahkan sempet berantem gara-gara gue lebih milih masuk IPA. Alhasil Ayah ngalah, kata dia IPA masih bisa lintas jurusan kalau suatu saat gue berubah pikiran.
Gue berubah pikiran? Ah, tidak akan.
"Matematika bagus kok, Om. Sekarang perusahaan banyak yang butuh data analyst."
Bang Jaevin bela aku?? Serius?
"Hahaha, bisa aja kamu." Ayah malah ketawa.
"Kalau Jivan mau ambil apa?" lanjut Ayah sambil lihat Icung lagi makan ayam.
"Belum tahu, Om. Rencana mau ambil sepak bola kalau ada. Kurang suka belajar soalnya, hehe." Icung bilang gini sambil pegang paha ayam goreng.
Lawak banget dia. Jurusan sepak bola?
Iya sih, suka main bola. Tapi Cung, ini masa depan Lo.
"Tunggu waktu aja Om, ini anaknya nanti juga ada pilihan sendiri. Paling pas udah deket kelulusan." Bang Jaevin ngusap kepala Icung bangga.
Gue juga mau, Bang!
Bang Jaevin itu sayang banget sama adeknya. Itu juga salah satu yang bikin gue terkagum-kagum sama kedewasaan dia. Apalagi suka bersih-bersih, sabar juga ngadepin bayi gede kayak Icung yang bisanya main game mulu.
Semakin lama gue duduk di sini, semakin banyak pula harapan gue buat jadi nyonya Niagara.
Anjir! Mikir apaan sih?!!
"Jojo, habis ini gue langsung balik. Gak jadi belajar matematika lagi."
"Loh?"
"Gue mau mabar sama Bang Jae. Lumayan yang menang nanti dapet top up."
"Mau ikut, Joy?" Ini Bang Jaevin malah nawarin. Otomatis gue ngelirik Ayah.
"Joya biar belajar, udah malem." Mama bersuara sambil beresin meja makan.
"Makasih Om, Tante, makan malamnya. Bang Jae sama Jivan jadi perbaikan gizi." Icung senyum sambil naik turunin alis.
Bang Jaevin udah pulang dari tadi, soalnya dia kayak buru-buru gitu. Ada temen dia yang nunggu di rumah mau minjem laptop katanya.
"Udah kayak siapa aja kamu," kata Mama. "Orang tua kamu pulang kapan, Van?"
"Katanya minggu depan, Tante." Icung ngelap mulutnya pakai kerah baju.
"Pakai tisu deh, Cung!" tegur gue.
"Enak gini, ya udah gue balik dulu, Jo. Awas kangen gue." Tangan kotor Icung ngacak-acak rambut gembel gue. Udah gembel makin gembel kan.
Gak sopan emang itu anak.
Eh tapi kok, tangannya Icung panas ya? Atau dahi gue yang suhunya dingin?
~~~~~
a/n:
Random banget gak sih?
Coba kalian jujur sini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tetangga [Jisung NCT & Jae Day6]
أدب الهواةTAMAT✓ "Icung, abang Lo ganteng." "Percuma, dia gak akan naksir sama Lo!" Cuma potongan kehidupan dari Joya yang naksir anak tetangga depan rumah yang wajahnya mirip Jae Day6 dan Jisung NCT. 201209 - 210112 ©hepatialia2020