Joy dan si kembar lagi anteng di ruang tv.
Lagi quality time antara ibu dan anak dengan maskeran bareng sambil curcol-curcol gitu.
Jarang-jarang mereka gini, biasanya kan kalo weekday joy sibuk ngantor dan si kembar sibuk sekolah.
Hari sabtu pun anak-anak pada ekskul sampe sore.
Makanya setiap hari minggu disaat semua kumpul mereka gunain sebaik-baiknya."Chan min, itu jeno sama renjun udah punya pacar loh, kalian kapan?" Mama joy buka topik.
Kemarin begitu 2 anak kembaranya diterima sama gebetannya masing-masing, langsung pada heboh video call dia, ngabarin ceritanya.Haechan mendengus sebal, "Mam ngomong gitu didepan jones kaya jaemin hukumnya dosa loh."
Jaemin ngelempar haechan pake kulit kacang, "Yang jones mah lo aja kali ling, gausah ajak gua."
"Kenyataannya emang lo ditolak lia mulu kan?" ejek haechan "Playboy sih."
"Tapi lo sendiri juga ditolak sama somi mulu tuh." Jaemin balas ngejek, "Jelek sih."
"Lo berdua gausah saling ngejek gitu, gua miris ngeliatnya," celetuk renjun.
Haechan noyor kepala renjun, "Lo tuh pengen banget diajak ngomong ya koh?"
"Enggak tuh, lagian gaada benefitnya juga diajak ngobrol sama kalian."
Jaemin nunjuk muka renjun pake remot.
Terus natap joy penuh harap.
"Mam buang aja nih kokoh kokoh jelek, capek batin mam aku jadi kembarannya dia.""Entar kalo mama buang kalian nyariin."
Kompakkan jaemin sama haechan jawab, "ENGGAK AKAN."
Joy senyum geli.
Matanya natap satu per satu anaknya yang mulai tumbuh dewasa, udah bisa macarin anak orang pula.
Kayanya baru kemaren joy masih gendongin mereka secara bergantian, buatin susu dan mandiin mereka di bak besar.
Ah waktu ternyata cepet banget berlalu.
Tau-tau sekarang udah pada SMA aja sebentar lagi kuliah, kerja terus menikah."Pasti mama bakalan kangen banget sama moment gini," kata joy pelan, "Sebentar lagi kalian menikah udah punya keluarga sendiri, ninggalin mama sendiri deh."
Jeno buka sheetmasknya terus ngedeket ke mama joy.
Ngeraih tangannya dan ngusap lembut, "Mama ngomong apa sih, kita gak akan pernah ninggalin mama dan belum kepikiran untuk menikah.""Kita semua mau bikin mama seneng dulu, katanya mama mau keliling dunia bareng kita berempat kan? Setelah lulus dan punya karir bagus kita wujudin itu sama-sama ya," Jaemin genggam tangan kanan joy.
Mata joy udah berkaca-kaca.
"Mama jangan mikir yang macem-macem dulu ya, perjalanan kita masih panjang," gantian haechan yang ngomong.
Renjun ikut mendekat ke sang mama, "Kita mau bahagiain mama dulu baru bahagiain orang lain."
Gimana joy gak makin sayang sama anak-anaknya.
***
Somi sama haechan lagi jalan bareng.
Biarpun suka berantem disekolah atau sominya galak ke haechan tapi aslinya mereka emang deket, deket banget malah.
Haechan udah naksir berat ke somi sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar, bayangin aja anak sd udah tau cinta-cintaan macam haechan gini.
Emang lah kids jaman now.Bahas soal perasaan, somi juga suka kok sama haechan.
Cuma emang dia belum mau pacaran karena takut sewaktu-waktu mereka putus terus hubungan mereka jadi gak se akrab sekarang.
Somi udah terlanjur nyaman gini. Friendzone guys."Pengen dah kali-kali lo gak ngecosplay jadi maung kalo lagi sama gua."
Somi gagal paham, "Apaan sih? Siapa yang ngecosplay jadi maung??!!"
Haechan nunjuk somi, "Lah ini kalo gak maung apa namanya?"
"Tau ah gelap."
Somi nerusin makan pecel ayamnya, begitu juga sama haechan.
Sesekali haechan ngisengin somi sih, soalnya gak afdol kalo belum denger mbak crush marah-marah binti ngegas."Yang."
"Yang yang pala lo peyang."
Haechan sabar.
Yok bisa yok."Bisa-bisanya anjing gua naksir lo dari jaman megalitikum."
Somi mutar bola matanya malas, "Hiperbola banget lo."
"Lah bener," Haechan nyudahin makannya, "Bayangin aja gua naksir lo dari jaman lo masih alay punya facebook yang namanya Somi celalu ceria mana sukanya maen di kebon kosong belakang rumah cuma kutangan doang sampe sekarang udah glowing yang followers ignya 900k lebih, mainnya buka di kebon lagi tapi di senopati mulu," beber haechan.
Somi speechless.
Dia baru nyadar kalau dia sama haechan udah sejauh itu.
Haechan adalah saksi hidup gimana somi ngalamin perubahan di dirinya.
Haechan juga satu-satunya cowok yang selalu ada buat dia.
Dari SD sampe SMA selalu bareng dan haechan dengan sabarnya nunggu dia.
Somi emang gak salah bisa se sayang itu sama si keling."Ayolah jadi pacar gua som, gua tau lo juga punya rasa yang sama kaya gua," Haechan ngerengek.
Somi ketawa, "Kok lo pd banget sih."
"Gua bukan pd tapi yang gua sebutin itu fakta, benar apa betul?"
"Ya betul sih."
Haechan jentikin jarinya, "Nah yaudah kalo gitu pacaran lah kita, gua udah ngebet banget ini som."
"Hahaha apa sih channn," Somi nyuci tangannya terus natap haechan, "Lo emang secinta itu sama gua ya."
"Bahkan gaada kata yang pas untuk gambarin rasa cinta gua ke lo."
Sampis.
Bisaan banget itu mulut ngomongnya."Yaudah yuk," putus somi.
Senyum haechan langsung ngembang, "Pacaran?"
"Pulang, udah malem nanti bapak gua nyariin," Somi bangun sambil bawa totebagnya.
Senyum yang semula tercetak di wajah haechan perlahan memudar.
Pundung dia sama somi."Kok masih duduk? Ayo pulang," ajak somi, "Mau pamer ke papa mama nih kalo anaknya ga jomblo lagi."
Haechan gagal paham, "H-ah? Gimana?"
"Loh iyakan, gua ga jomblo lagi? Katanya lo mau jadi pacar gua."
***