"Belanja mas yuta?" ucap joy begitu ngeliat yuta yang berdiri disampingnya .
"Iya mbak, si ryujin susah banget disuruh ke super market," jawab yuta sambil milih-milih sayur.
Kalo bukan anaknya yang ngerengek minta dimasakin sayur sop, yuta juga ogah belanja gini.Joy senyum kecil, gemes aja gitu ngeliat cowok lagi belanja gini, "Mau masak apa mas?"
"Ryujin minta sop makaroni mbak," Yuta ambil sayuran untuk buat sop, terus cari-cari makaroni, "Pak makaroninya ada?"
"Wah makaroninya abis mas."
Yuta mendesah kecewa.
Ya kali si dia ke pasar dulu buat beli makaroni.
Mana sempat, keburu mager."Saya masih punya makaroni mas yuta," sahut joy.
Dia inget kalo semalem abis buat makaroni schotel dan masih ada sisa.
"Kalau mau saya ambil dulu."Yuta noleh ke joy, "Saya pinjem dulu deh mbak, nanti kalo saya ke super market saya ganti."
"Ga usah diganti mas, pake aja ga papa."
"Terima kasih mbak joy."
"Sama-sama, saya ambilin dulu ya."
***
"Jin."
"Ho?"
"Bapak lo ada niatan kawin lagi gak sih?"
Ryujin ngelirik haechan serius, "Kenapa lo nanya gitu? Mau homoan sama bapak gua."
Haechan langsung noyor kepala ryujin, "Gua masih demen cewek ya anj."
Yang ditoyor ngendikin bahu acuh dan nerusin nonton youtubenya lucas.
Ga haechan ga ryujin sama aja tontonannya."Terus kalo lo ada niatan punya mama baru gak?"
Sumpah dah ryujin bingung banget sama haechan yang tiba-tiba nanya random banget kaya gitu.
Langsung to the point gitu loh, ryujin kan gak suka bertele-tele.Ryujin naro hpnya terus natap haechan, "Lo mau jodohin bapak gua sama emak lo gitu?"
Haechan ngangguk, "Gimana lo setuju gak?"
"Hmm gua sih setuju-setuju aja," jawab ryujin, "Cuma masalahnya si tuan atuy tuh rada trauma gitu sama cewek chan."
"Trauma gimana?" Haechan penasaran.
Ryujin hela nafas panjang, agak ragu sih buat ngomongnya, "Dia kan korban perselingkuhan mama dan mulai sejak itu dia kaya menutup diri dari perempuan." Cerita ryujin.
"Ahh pak atuy mah noob," cemooh haechan dan langsung kena tamparan dari ryujin.
"Emang mama lo gak trauma?"
"Trauma si pasti ya jin, namanya disakitin sama laki-laki yang dia sayangin pasti efeknya juga besar banget," Haechan langsung sedih.
Baik ryujin sama haechan merupakan korban dari sebuah perceraian.
Mungkin si kembar gak begitu ngerasain pedihnya ditinggal papanya karena posisi mereka masih bayi.
Beda sama ryujin yang bener-bener nyaksiin gimana kondisi papa dan mamanya saat itu karena dia udah gede.
Dari mulai mereka berantem, mamanya ketauan jalan sama cowok lain, papanya depresi sampe akhirnya mereka pisah.
Semuanya ryujin tau dan untunglah hak asuh anak jatuh di tangan yuta."Gua pengen banget liat mama bahagia sama laki-laki baik dan sayang sama mama, gak kaya papa gua dulu," sambung haechan lagi, "Mama selalu bilang dia udah gak butuh laki-laki lain karena udah punya gua sama 3 anak pungut itu, cuma kita tuh pengen ada yang bisa jagain mama, ngayomi mama dan nemenin tidur."
Ryujin ngangguk paham.
Harapan haechan barusan itu kurang lebih sama lah sama harapan dia ke yuta.
Ryujin mau yuta punya pendamping hidup yang sayang sama dia dan yuta, yang paling penting bisa nemenin yuta dalam kondisi apapun sampe maut yang memisahkan.***
"Tante joyyyyy," pekik ryujin kearah joy yang lagi berjemur di halaman depan rumah.
Joy nurunin kaca mata hitamnya terus lambain tangan ke ryujin, "Halo ryujinnn, sini masuk."
Setelah dapet izin, ryujin langsung masuk dan nyamperin joy.
"Tante kok sendiri? Haechan mana?""Masih tidur dia, bangunin sana."
"Iya tante nanti aja, aku mau duduk disini sama tante ga papa kan?"
Joy senyum lembut, "Ya gapapa dong, tante seneng ada temennya." Jawab joy sambil benerin posisi duduknya, "Kamu udah sarapan belom?"
"Belom tante, papa ga masak."
"Yaampun masuk yuk, kamu harus sarapan nanti masuk angin."
Joy nyeret ryujin masuk ke rumahnya dan dudukin cewek itu di kursi meja makan.
Langsung deh heboh manggilin bibi buat nata makanan di meja.
Entah kenapa perlakuan joy kaya gini buat dia seneng.
Andaikan mamanya dulu kaya gini, mungkin ryujin akan tambah bahagia."Ryujin kok bengong," tegur joy yang lagi nyendokin nasi ke piring ryujin.
"Ma-af tante hehehe," Ryujin terkekeh pelan. Matanya merhatiin joy yang telaten ngambilin dia makan.
"Nasinya segini cukup?"
"Cukup tante."
Joy beralih ngambilin udang asam manis, "Ini tante buat sendiri loh, kamu cobain ya."
Ryujin ngangguk sambil nerima piring yang joy sodorin, "Tante gak makan?"
"Tante udah makan bareng si kembar, tante nemenin kamu aja," jawab joy.
Senyum ryujin merekah.
Dia langsung makan dengan lahap.
Rasa makanannya enak banget, mungkin emang joy pinter masak atau kehadiran joy nemenin ryujin yang bikin rasa makanannya jauh lebih enak.
Ditambah lagi joy yang nambahin udangnya ke piring ryujin sama nuangin air ke gelas.
Fix ryujin terharu banget."Tante makasih," kata ryujin tulus.
Joy ngusap kepala ryujin pelan, "Sama-sama, kalau kamu butuh apa pun bisa ke tante ya."
***