Hai semua.
Jangan lupa vote dan coment.
Dan masukin ke library kalian. Oke
Sebelum ke cerita nya kita bakal bahas tentang arti Diragantara.Oke.
Kita bakal mengulas sejarah Indonesia untuk part ini.biar wawasan nambah hehehe.
Dirgantara.
Jika mendengar nama Dirgantara yang pasti kalian merasa asing.
Apakah kalian tahu bahwa patung Pancoran disebut juga dengan Dirgantara.Inilah patung Pancoran yg memiliki sejarah tersendiri bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sebenarnya nama patung ini adalah patung dirgantara namun masyarakat sering menyebut nya patung Pancoran.Kenapa ya???
Jawaban nya karena patung Dirgantara terletak diantara perempatan Pancoran.
Karena itu patung dirgantara disebut juga sebagai patung Pancoran oleh masyarakat.Lokasi patung Dirgantara/patung Pancoran berada di depan komplek perkantoran wisma Aldiron dirgantara yg dulunya merupakan markas besar TNI AU (angkatan udara)dan bandar domestik Halim Perdana Kusuma
Ide pembuatan patung Dirgantara ini merupakan keinginan dari presiden pertama RI Soekarno Hatta yakni mengenai penerbangan di Indonesia.
Patung Dirgantara sendiri menggambarkan manusia angkasa,yg artinya menunjukan semangat keberanian bangsa Indonesia yang didasarkan pada kejujuran, keberanian,dan semangat mengabdi.
Menurut Edhi Sunarso, patung ini merupakan gambaran untuk memimpin penerbangan Indonesia agar lebih maju.
Model yg memperagakan pose dari patung dirgantara adalah Ir. Soekarno-Hatta.
Sedangkan wajah dari patung ini adalah Edhi Sunarso.Posisi patung Dirgantara berdiri dengan satu kaki dan tangan yang mengacung kearah Utara yang mengarah pada bandar udara internasional Kemayoran.
Yang dulunya adalah bandara yang Melayani seluruh rute penerbangan domestik dan internasional yang kemudian dipindahkan ke bandara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng ,Jakarta.Waktu pembuatan patung Dirgantara sekitar tahun 1964-1966.
Perancangan patung dirgantara adalah Edhi Sunarso.
Pematung patung Dirgantara adalah keluarga arca Yogyakarta PN Hutama karya dan Ir Sutami sebagai arsitek pelaksanaan.
Pengecoran oleh pimpinan l Gardono.Patung dirgantara terbuat dari perunggu.
Memiliki berat 11 ton, Tinggi 11 m,dan tinggi kaki patung 27 m.Oke, setelah ini kita akan memasuki dunia sang leader.!!!!!
Itulah kira-kira penjelasan singkat tentang patung Dirgantara atau patung Pancoran .
Gak apa-apa kan .
Semoga pengetahuan tadi bermanfaat.
Jangan lupa vote and coment cerita ini ya.
See you
Author.Note: jangan pada bosan ya
Karena, itu cuma wawasan baru.
Cerita nya baru akan dimulai kalau kalian lanjut baca😘VOMENT !!!!
Biar nggak pada bosan baca nih cerita.
Silahkan di tonton trailer nya.
Mohon di maafkan kalau gaje ya gaes, author soalnya masih amatir
KAMU SEDANG MEMBACA
leader's secret(Hiatus)
Mystery / ThrillerMOHON FOLOW AUTHOR SEBELUM BACA! TOLONG JADI READERS DENGAN ETIKA JANGAN LUPA TINGGAL KAN VOTE COMENT NYA YA 😊 Dirgantara geng yg berasal dari SMA MERAH PUTIH. apa yg terlintas dipikiran kalian jika ada geng yg pasti nya tawuran, berkelahi, dan hal...