7.Halaqoh Tahfidz

9 1 0
                                    

Aku lupa menjelaskan,pondok kami ini luas.Ada 6 unit gedung asrama (1 asrama=10 kamar dan 1 kamar sesuai kelasnya masing-masing) lalu ada 60 ruangan kelas dan masing-masing 10 kelas ditampung dalam 1 gedung.

Selain itu ada gedung pengasuhan,UKS,koperasi,aula,dapur,dan gedung karantina(tempat untuk menyimpan calon santri baru).Masjid pas ditengah-tengah pondok,jarak antar gedung adalah 5 meter agar tidak terlalu jauh.

Didalam pondok sendiri juga masih ada rumah-rumah warga.Pihak pondok dan warga memang bekerjasama dengan menggabungkan area pondok dan kampung agar lebih luas.

Di bagian luar pondok terdapat tembok yang terbuat dari batu-bata yang mengelilingi pondok.Tembok ini bagai benteng yang memisahkan Pondok Putra (Ponpa) dan Pondok putri (ponpi).

Di bagian Utara dan Selatan pondok ada gerbang yang ditempel dengan tembok tadi.Pagar itu terbuat dari besi yang melekat pada gapura.

Gerbang pondok ini dijaga oleh satu-dua santri kelas 6 secara bergiliran menurut hari.Pakaian mereka bukan seragam Security tapi jas,sarung,dan kopiah hitam.Satu santri harus kuat menjaga 12 jam tanpa tidur,12 jam setelahnya adalah temannya.Jika ada yang tidur pasti ada hukumannya,oleh karena itu yang belum jaga pasti digunakan 12 jamnya untuk istirahat.

Berteman dengan kopi dan tinggal di pos jaga adalah biasa bagi santri kelas 6.Setiap aku "liburan" ke gerbang pondok tidak mungkin aku tidak melihat mata mereka yang memerah dan kantung mata yang semakin menebal,Ini semua gara-gara efek kurang tidur.

"Tembok Berlin".Sebutan untuk pagar pembatas pompa dan ponpi.Ukuran tingginya 6 meter,terbuat dari bata dengan dicat semen.

Lalu ada juga 300 kamar mandi yang menyebar di berbagai penjuru pondok dengan masing-masing saling berdempetan 3-5 ruangan.

Sekarang aku telah tinggal disini selama 2 minggu.Aku sudah hafal betul nama santri 1 angkatanku dan aku pula hafal seluruh nama asatidz.Peraturan sudah dibuat serta sudah ditegakkan 2 hari yang lalu.

Peraturan pondok ini adalah:

1.Setiap santri harus sopan dan punya adab sesama teman.Selain itu harus pakaibadab kalau bertemu dengan para guru,kiai/ustad.

2.Dilarang mencuri,hukumanya botak.

3.Tidak solat jama'ah, berjalan dengan posisi push up mengitari lapangan pondok sebanyak 10 kali.

4.Keluar tanpa izin hukuman botak dan push up 70 kali.

5.Dilarang memanggil kakak kelas dengan panggilan buruk dan me Laqob kan panggilan(memanggil seseorang dengan menghilangkan namanya dan diganti semacam ejekan ).

6.Dilarang membully adik kelas.

7.Terlambat solat jamaah lari 60 kali keliling pondok.

8.Pelanggaran ringan "hanya" dihukum tamparan,becutan,denda,atau dipukul rotan.

9.Wajib menasehati teman yang salah.

10.dijenguk hanya boleh 2 bulan.

Dll.

Jika peraturan ini disamakan dengan taurat maka ini seperti 10 perintah Tuhan tapi ini bukan perintah Tuhan tapi perintah pondok.

KBM juga sudah dimulai seminggu yang lalu.Palingan pelajaran nya adalah matematika, Biologi,Fisika,IPS,Bahasa Indonesia,dan lainya.

Dan hari ini aku memakai seragam Koko,sarung(masih dipakaikan Sam),dan songkok hitam untuk mengikuti Halaqoh Tahfidz.

Apa itu Tahfidz ? Menurut Rokib,Tahfidz berasal dari bahasa Arab yaitu "sedang menghafal".Menghafal apa? Jawabannya adalah Qur'an.Qur'an  yang tebal harus kami dihafal disini,penghafal Qur'an namanya Hafidz atau Muhafidz.

Kiai SendalTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang