Dari Ngetik, Jadi Cuan

63 7 0
                                    

Pemateri putriaac

Sabtu, 27 Februari 2021

Assalamualaikum.

Hai! Selamat malam, semuanya. Terima kasih untuk yang sudah meluangkan waktu di malam minggu ini untuk ikut kelas ini. Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang. Namaku Alma, dengan nama pena putriacc. Bisa dipanggil Alma atau Putri. Kalian juga bisa berkenalan bareng aku lewat:

Wattpad : putriaac

Dreame/Innovel : Alma Alya

Instagram : almaacp06

Untuk menulis, aku lebih mengarah ke genre Misteri x Teen, walaupun juga nulis genre lain, sih. Kalau ada yang punya kesamaan kaya aku, boleh banget kita diskusi bareng.

Karya novel yang aku hasilkan sejauh ini masih ada dua dan sudah tamat semua. Kalian bisa mampir di:

Medium Girl " Dreame/Innovel

Revenge After MOS " Wattpad

Tergabung juga di project menulis estafet dari 300 Days Challenge yang berjudul Asrama 300DC di Wattpad. Jangan lupa mampir, ya!


Baiklah tema seminar pada malam ini adalah "Dari Ngetik, Jadi Cuan."

Wow! Siapa, sih, yang nggak pengen cuan? Sebab, hal itu emang cukup krusial ya di kehidupan kita.

Nah, teman-teman penulis atau yang mungkin masih baru menjelajahi dunia penulis, jangan khawatir! Dari hobi kita aja, menulis, bisa menghasilkan cuan, loh! Nggak percaya?

Jaman sekarang, ada banyak banget platform menulis yang bersedia untuk membayar penulisnya jika karya penulis dikontrak pada platform tersebut. Ya, kurang lebih seperti menerbitkan cerita sendiri tapi bentuknya bukan cetak, melainkan digital. Apalagi di tengah pandemi gini. Jarang banget ada yang tertarik untuk membeli buku cetak. Ditambah lagi, sekarang sudah masuk era digital. Kebanyakan lebih memilih untuk menginstall sebuah aplikasi untuk membaca cerita, lalu baca, deh, di sana. Apalagi kalau bacaannya gratis. Namanya juga manusia, pasti juga seneng kan kalau ada gratisan.

Nah, memanfaatkan keadaan ini, kita bisa menghasilkan cuan melalui hobi menulis, nggak hanya dari menerbitkan buku, tapi juga menerbitkan cerita dari platform berbayar, loh! Dan nggak main-main juga royaltinya.

Wih, gimana ya caranya bisa dapat cuan dari nulis di platform berbayar?

1. KENALI PLATFORM BERBAYAR YANG MENJADI SASARANMU

Ini penting banget, Gaes! Kalian harus tau, bagaimana sistem dari platform berbayar yang akan kalian incar, atau bagaimana selera pasar di platform tersebut. Kamu tentu nggak mau, kan, udah kontrak di sana, tapi yang baca cuma secuil. So, penting banget untuk mengetahui platform berbayar yang akan jadi sasaran kita.

Aku mau bagi sedikit info yang kuketahui tentang platform berbayar:

& WATTPAD

Kalau di Wattpad, sekarang kan ada istilahnya paid stories. Ini pasti nggak asing, kan? Tentu saja, karena ketika buka beranda Wattpad, pasti yang muncul paling atas adalah promosi paid stories.

Nah, kalau mau karya di-paid stories-kan oleh Wattpad, emang nggak seperti platform lainnya yang di mana penulis mengajukan cerita pada editor. Setau aku, pihak wattpad yang akan meminang karya di wattpad dan nantinya bakal dibuat paid stories. Biasanya yang dapat akses mudah untuk paid stories adalah wattpad star, tapi ada juga yang bukan wattpad star, ceritanya dibuat paid stories.

Seminar Kepenulisan bersama 300 Days ChallengeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang