Pemateri damaisland
Senin, 20 Juli 2020
Malam ini aku mau share tentang Premis, Sinopsis, Outline. Mungkin teman-teman udah sering banget denger atau bosen malah. Hehe, ini materi yang gampang-gampang susah menurutku. Dulu, sebelum tau apa itu premis, sinopsis, outline dan segala aturannya aku menulis ide cerita di catatan kecil.
Apa ada yang sehati sama aku?
Karena kita sama-sama lagi belajar. Jadi, malam ini aku mau mengingatkan kembali hal-hal yang mungkin teman-teman agak lupa, dan barang kali lebih menyenangkan dari kenangan bareng mantan.
1. Premis
Premis merupakan dasar pemikiran yang digunakan saat langkah awal untuk mewujudkan ide cerita secara singkat. Premis biasa dibuat sederhana dengan tiga sampai empat kalimat. Jumlah tokoh yang digunakan biasanya tidak lebih dari tiga tokoh utama.
a. Unsur-unsur dalam premis, yaitu :
- Tokoh : tunjukkan identitas karakter utama cerita (protagonis dan antagonis.)
- Tujuan : apa keinginan terbesar tokoh utama.
- Rintangan : untuk mencapai tujuannya tokoh utama menghadapi rintangan apa (konflik utama).
- Penyelesaian : bagaimana cara tokoh utama menyelesaikan masalah.
b. Contoh premis :
Paris cowok tengil langganan BK ingin Raya tahu perasaan sukanya. Tetapi Raya berambisi meraih prestasi dan cita-cita daripada urusan cinta. Di saat Paris lelah menarik perhatian Raya, ia bertemu Radea--si pemilik kucing yang sering main ke balkon kamar Paris. Akhirnya Paris memulai cinta yang baru dengan Radea, sedangkan Raya mengalami penyesalan.
2. Sinopsis
KAMU SEDANG MEMBACA
Seminar Kepenulisan bersama 300 Days Challenge
Kurgu OlmayanBerbagi ilmu pengetahuan tentang kepenulisan dan dunianya.